-->

Pantai Ngagelan Alas Purwo, Konservasi Penyu di Banyuwangi

Pantai Ngagelan di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwagi merupakan wisata alam konservasi penangkaran penyu di pesisir Semenanjung Blambangan
Pantai Ngagelan Taman Nasional alas Purwo


Pantai Ngagelan Alas Purwo, Konservasi Penyu di Banyuwangi - Taman Nasional Alas Purwo di ujug pulau Jawa ini turut melingkupi Semenanjung Blambangan, jadi tak hanya menyajikan keanekaragaman hayati di darat seperti yang dapat sobat saksikan di Savana Sadengan, keanekaragaan hayati berupa biota laut aka mengisi pemandangan liburan kaian kemari.

Taman Nasional Alas Purwo memang sempurna bagi kalian yang ingin menikmati sensasi liburan ditengah keasrian alam dan kekayaan keanekaragaman hayati didalamnya. Sama seperti Baluran, tidak hanya menyajikan keindahan di darat, disini pesisir laut juga menjadi daya tarik utama wisata.

Di Alas Purwo, ada banyak pantai yang dapat sobat datangi dengan berbagai keistimewaan masing-masing, misalnya saja Pantai Plengkung atau yang terkenal dengan G-Land dengan kekuatan ombak untuk ajang suffer internasional, serta berbagai pantai konservasi Penyu seperti Pantai Ngagelan ini.

Pantai Ngagelan merupakan salah satu destinasi pesisir laut di Alas Purwo yang menjadi destinasi Wisata Banyuwangi paling popular khususnya karena terdapatnya area konservasi penyu. Di pantai ini setidaknya sobat dapat menemukan jenis Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu elimbing dan Penyu Abu-abu.

Memiliki daya tarik dari kekayaa alam yang ada, tak heran jika wisata ini berhasil menarik minat wisatawan datang. Tertarik untuk datang kemari? Berikut penulis sajikan ragam informasi bermanfaat seputar Pantai Ngagelan di Taman Nasional Alas Prurwo, Banyuwangi.


Tempat Konservasi Penyu di Taman Nasional Alas Purwo

Pantai Ngagelan ini memiliki karakteristik pesisir berupa kombinasi hutan mangrove dan hutan tropis yang sangat terjaga keasriannya serta berada satu garis lurus dengan Samudra Hindia. Disini terdapat sebuah area konservasi penangkaran penyu yang dikelola Taman Nasional Alas Purwo.

Disini konservasi semua jenis penyu dikumpulkan dari garis pantai sepanjang 10 Km dari Pantai Ngagelan hingga Cungur. Makanya tempat ini kerap menjadi area riset para peneliti diseluruh dunia.

Para penyu sendiri datang kemari pada sekitar bulan April hingga Juni, ketika udara hangat datang terbawa angin dari timur. Kondisi cuaca itulah yang membuat para penyu melakukan persalinan di garis pesisir Semenanjung Blambangan.

Dari pasa persalinan, setidaknya membutuhkan waktu 8 minggu untuk telur-telur itu menetas, selanjutnya penangkaran di kolam konservasi dilakukan hingga 3 bulan sebelum pada akhirnya tukik (bayi penyu) kembali dilepas liarkan ke laut. 

Jadi jika ingin menikmati berlibur dan merasakan sensasi melepas liarkan tukik, pastikan kalian datang di waktu yang tepat. Tapi meskipun tidak disaat waktu Pelepas liaran, sobat juga dapat berkunjung di area penangkaran untuk menyaksikan bagaimana pengelolahan konservasi penyu dilakukan.



Lokasi Pantai Ngagelan

Pantai ngagelan atau kerap kali disebut dengan "Pantai Marengan" terletak di Taman Nasional, Banyuwangi dengan jarak sekitar 5 Km daari gerbang masuk Rowobendu. Akses jalan kemari sudah terbilang cukup bagus, jadi akses transportasi aik roda dua maupun roda empat sudah bisa mengaksesnya. 

Rute menuju Pantai Ngagelan ini sudah cukup jelas dari gerbang masuk, jadi sobat tidak perlu lagi melihat google maps. Tapi jangan lupa, sebelum datang kemari pastikan kesehatan mesin dan roda kendaraan, terutama jika sobat datang kemari saat musim hujan.


Harga Tiket Pantai Ngagelan

Harga tiket masuk Pantai Ngagelan ini sudah terbayar dengan tiket masuk awal di gerbang masuk Alas Purwo, yaitu sebesar Rp 5.000-Rp 7.500 perhari untuk wisatawan dari dalam negeri serta tambahan biaya retribusi kendaraan sebesar Rp 5.000-Rp 10.000 tergantung jenis kendaraannya.


Fasilitas Wisata di Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan telah memiliki berbagai fasilitas untuk membantu kunjungan wisatawan datang kemari, setidaknya hingga kini area destinasi wisata di Alas Purwo ini memiliki beberapa fasilitas antara lain: Camp area, rumah makan/kanting, toilet umum, parkir area serta tempat khusus untuk konservasi penyu.


Ulasan Wisata Pantai Ngagelan

Dibanding Pantai-pantai lain di Banyuwangi, seperti Teluk Ijo (Green Bay) dan Pantai Bangsring, Pantai Ngagelan memang kurang cukup dikenal keeksisannya. Namun jangan khawatir kalian tidak akan merasakan kepuasan saat berkunjung kemari. 

Pantai Nanggelan sendiri di Google telah mendapat lebih dari 90 ulasan dengan rating bintang 4.4, wisatawan yang datang kemari memang rata-rata lebih tertarik untuk menyaksikan tempat penangkaran penyu di Alas Purwo ini dibanding menyaksikan keindahan alamnya.

Berikut contoh ulasan wisatawan di Pantai Ngagelan:

Kegiatan konservasi penyu di pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo ini merupakan kegiatan mulia untuk menjaga kekayaan hayati Indonesia khususnya penyu laut. Mari kita dukung bersama pelestarian penyu di Indonesia. Hentikan menggunakan kantong plastik dan jangan buang plastik sembarangan. Plastik menjadi salah satu ancaman bagi penyu laut. - Andrea Muljadi

Saat berwisata ke Pantai Ngagelan Alas Purwo ini pastikan sobat untuk menjaga kelestarian ekosistem yang ada disana dengan tidak membuang sampah sembarangan serta bersikap hati-hati dan tidak melakukan tindakan yang dapat merusak alam.



0 Response to "Pantai Ngagelan Alas Purwo, Konservasi Penyu di Banyuwangi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed