-->

Wisata Pantai Plengkung (G-Land) Alas Purwo Banyuwangi

Pantai Plengkung (G-Land) di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi merupakan spot wisata cantik dan daya tarik ombak terbaik untuk kejuaraan surfing Internasional
Pantai Plengkung TN Alas Purwo Banyuwangi

Wisata Pantai Plengkung (G-Land) Alas Purwo Banyuwangi-Taman Nasinal Alas Purwo merupakan area konservasi di ujung timur Pulau Jawa yang Sebagian lokasinya masuk dalam Semenanjung Blambangan. Sama halnya dengan TN Baluran, kawasan pelestarian disini mencakupi daratan hutan serta perairan lain.

Disamping keanekaragaman hayati didalamnya, Taman Nasional Alas Purwo memang cukup terkenal karena keangkerannya, tapi diluar itu semua kawasan ini memiliki satu spot destinasi wisata yang sangat terkenal hingga ke pariwisata tingkat internasional. 

Bukan hanya karena keindahan dan keasriannya, spot ini juga terkenal karena daya tarik dari kekuatan alam yang sangat tepat digunakan untuk olaraga surfing, nama lokasinya “Pantai Plengkung” atau kerap juga disebut G-Land.

Penamaan G-Land itu sendiri memiliki beberapa filosofi berbeda, seperti "G" melambangkan "Grajagan" yang berarti teluk, atau "Green" yang merujuk pada keasrian kawasan sekitar serta "Great" untuk menggambarkan ombak besar yang ada di Pantai ini.

Sebagai salah satu spot Wisata Alas Purwo yang populer, rupanya akses menuju destinasi ini juga terbilang sangat berbeda dibanding spot lainnya yang dapat digunakan sebagai tujuan pariwisata sehingga kerap membingungkan wisatawan yang datang. Oleh sebab itu berikut penulis sajikan ragam informasi tentang Pantai Plengkung untuk sobat yang ingin datang kemari.



Pantai Plengkung (G-Land) Spot Surfing Terbaik di Jawa Timur

Jika di Pantai Ngagelan Alas Purwo sobat dapat berwisata menikmati keasrian alam sambal mengunjungi tempat konservasi Penyu, maka di tempat ini suasana liburan lebih tepat sebagai spot olaraga air ekstream surfing dengan ombak terbaik.

Pantai Plengkung menawarkan sensasi 3 tingkatan ombak dengan ukuran beragam, diantaranya yaitu: Many Track Waves (3-4 Meter), Speedis Waves (5-6 Meter), dan Kong Waves (6-8 Meter)

Tak hanya memiliki ombak berukuran besar, disini formasi gelombang tujuh susun dapat sobat temukan juga, berkat daya tarik ombak yang serupa dengan pemandangan di Hawan dan Afrika Selatan ini makanya tak heran jika tempat ini juga menyandang predikat sebagai spot surfing terbaik di Indonesia selain Pantai Nihiwatu.

Bahkan Pantai Plengkung sendiri pernah menjadi tempat dari berlangsungnya competisi selancar Quicksilver Pro Surfing Championship ditahun 1995-1997, Da Hui Pro Surfing World Championship seri III pada tahun 2003 Dan World Surf League (WSL) ditahun 2022.


Pantai Plengkung (G-Land) di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi merupakan spot wisata cantik dan daya tarik ombak terbaik untuk kejuaraan surfing Internasional
Pantai Plengkung Lokasi World Surf League (WSL) 2022


Lokasi Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan salah satu spot destinasi di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi yang dapat sobat akses baik dari pintu masuk Rowobendo atau Bendul dengan menuju ke arah Pantai Pancur terlebih dahulu.

Jika di destinasi lainnya sobat dapat membawa kendaraan pribadi menuju lokasi utamanya, maka hal itu tidak berlaku disini. Untuk menuju G-Land sobat dapat memarkirkan kendaraan pribadi di Pantai Pancur dan kemudian wajib menyewa sebuah transportasi Mobil Tropper yang disediakan pengelola seharga Rp 250.000 untuk 6 orang.


Harga Tiket Pantai Plengkung

Harga Tiket Pantai Plengkung (G-Land) ini sudah termasuk dengan tiket masuk TN Alas Purwo yaitu sebesar Rp 5.000-Rp 7.500 untuk wisatawan lokal dan tambahan retribusi kendaraan sebesar Rp 5.000-Rp 10.000. Namun selain itu, kalian masih perlu mengeluarkan biaya tambahan lebih kurang sebesar Rp 250.000 untuk menyewa transportasi yang mengantarkan ke G-Land dari Pantai Pancur.


Fasilitas Wisata di Pantai Plengkung

Sebagai salah satu daya tarik pariwisata paling popular di Taman Nasional Alas Purwo selain Savana Sadengan, kini berbagai fasilitas wisata sudah banyak terbangun seperti: mushola, toilet, rumah makan serta beragam gazebo atau tempat istirahat lain dengan view cantik.

Disini sobat juga dapat menyewa sepeda (gowes) untuk berkeliling sekitar sebesar Rp 20.000/jam. Meskipun tidak memiliki tujuan untuk surfing, pantai ini tetap memiliki pemandangan terbaik untuk tempat berlibur hingga sering kali wisatawan lokal menyebutnya sebagai pantai tercantik dari seluruh Wisata Banyuwangi.


Ulasan Wisatawan Pantai Plengkung

Pesona Pantai Plengkung sangatlah spektakuler hingga mampu menarik minat perhatian wisatawan hingga dari luar negeri. Di Google sediri G-Land telah mendapati lebih dari 240 Ulasan dengan rating star 4.5. Banyak wisatawan yang takjub dengan keindahan yang ditawarkan, berikut adalah salah satunya:

Pantai tercantik di Banyuwangi. Bak pantai pribadi, pantai Plengkung menyuguhkan pandangan yang sangat menawan. Pasir pantai seperti butiran merica. Air laut nya sangat jernih hingga kita bisa melihat dasar laut dan rumput laut didalamnya. Untuk masuk ke G land kita harus menyewa jeep karena tempat ini sangat privasi alias tidak memperbolehkan kendaraan bermotor umum untuk masuk kesana. So, kita pilih bersepeda agar bisa menikmati keindahan alamnya. Benar-benar masih hutan dengan hewan-hewan liar yang sewaktu-waktu bisaa kita jumpai disepanjang jalan.-Vicky R Idhofi

Sebagai spot wisataa yang berada di area konservasi Taman Nasional Alas Purwo, sudah menjadi sebuah kewajiban saat sobat datang ke Pantai Plengkung ini untuk mejaga kebersihan dan tidak merusak keanekaragaman hayati yang ada.


0 Response to "Wisata Pantai Plengkung (G-Land) Alas Purwo Banyuwangi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed