-->

Wisata Pantai Trianggulasi Alas Purwo Banyuwangi

Pantai Trianggulasi di Taman Nasional Alas Purwo merupakan destinasi wisata di Banyuwangi yang menawarkan pemandangan sunset ditengah ekosistem alami
Pantai Triangulasi Alas Purwo, Banyuwangi


Wisata Pantai Trianggulasi Alas Purwo Banyuwangi-Selain menjadi area konservasi ragam keanekaragaman hayati didarat dan dilaut, Taman Nasional Alas Purwo juga turut menjadi destinasi wisata alam yang berhasil menarik minbaat wisatawan hingga dari luar negeri untuk mengunjunginya.
Daya tarik dari TN Alas Purwo memang sangatlah menarik, sama halnya seperti Wisata Baluran disini pengunjung disuguhkan dengan keindahan pemandangan alam berpadu dengan kekayaan ekosistem sekitar.

Seperti yang dapat sobat rasakan di Savana Sedengan, pemandangan padang rumput hijau dan segerombolah satwa hidup liar dapat kalian tonton, atau Pantai Ngagelan dengan tempat konservasi penyu.

Disamping kekayaan satwa dan flora yang ada disana, lantas bagaimana dengan keindahan alam dari tiap destinasi wisata di Alas Purwo? Sebagai Salah satu Wisata Banyuwangi terpopuler sudah pasti jika disini keeksotisan alamnya juga menjadi alasan wisatawan berkunjung.

Misalnya saja di Pantai Plengkung atau G-Land, disini tak hanya pemandangan spektakuler yang masih asri. Pantai ini sangatlah terkenal berkat hadirnya ombak raksasa yang mirip dengan Hawaii dan Afrika sehingga lokasi ini sering digunakan untuk kompetisi Surffing tingkat internasional.

Satu lagi spot Wisata di Alas Purwo yang terkenal karena keindahannya namu terbilang cukup tersembunyi dan jarang orang tau, yaitu: Pantai Trianggulasi.


Pantai Triangulasi, Spot Sunset di Alas Purwo

Pantai Trianggulasi merupakan salah satu spot wisata pesisir pantai di Taman Nasional Alas Purwo yang sangat terkenal dengan keindahan sunset (matahari tenggelam). Selain itu disini sobat dapat menikmati sensasi keindahan wisata alam ditengah kehidupan satwanya, seperti banyaknya monyet hingga rusa yang dapat dengan mudah ditemui disini.


Berbeda dari spot wisata lainnya yang ramai dikunjungi saat pagi-siang hari, wisatawan yang datang berkunjung kesini lebih ramai pada sore hari untuk menikmati pemandangan sunset. Area pasir dari Pantai Trianggulasi ini juga sangat lebar dibanding pantai lain, jadi meskipun memiliki ombak yang sangat besar bermain di pasir pantai tetaplah aman bahkan untuk anak-anak sekalipun. 


Nama Trianggulasi sendiri diambil dari bangunan tugu penanda pemetaan yang terletak lebih kurang 500 meter sebelah utara pantai. Sementara oleh masyaraat setempat penamaan lokasi ini juga dikenal dengan "Pantai Tanggul Asri".  Nah, mengingat ukuran ombaknya yang besarjadi jangan terlalu dekat dengan perairan pantai atau mencoba untuk bermain air yaa sob..



Lokasi Pantai Trianggulasi Alas Purwo

Lokasi Pantai Trianggulasi ini terletak di Taman Naisonal Alas Purwo dan terletak satu garis lurus dari Pantai Pancur, secara administrasi terletak di Kaliagung, Kendalrejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.


Rute terbaik jika menuju pantai Trianggulasi dari Kota Banyuwangi adalah melalui gerbang masuk Rowo Bendo dan melanjutkan perjalanan ke tengara sejauh 3 Km. Akses jalanmenuju pantai ini memang tidak sepenuhnya aspal, namun tenang saja sob aksesnya masih memungkinkan untuk dilalui baik sepeda motor ataupun mobil, yang pasti jangan lupa cek kondisi kendaraan dan bahan bakar ya.


Harga Tiket Pantai Trianggulasi

Harga tiket masuk Pantai Trianggulasi ini sudah sepaket dengan tiket masuk di gerbang Taman Nasional Alas Purwo yaitu sebesar Rp 5.000-Rp 7.500/hari untuk wisatawan domestic serta tambahan retribusi kendaraan sebesar Rp 5.000-Rp10.000.


Fasilitas Wisata di Pantai Triangulasi

Meskipun memiliki pantai denga karakteristik yang tidak dapat digunakan untuk bermain air, namun fasilitas wisata disin sudah dibangun dengan konkrit karena memang pantai ini tetap ramai dikunjungi khususnya untuk menikmati senja.
Di sekitar Pantai Trianggulasi setidaknya hingga kini telah berdiri beberapa fasilitas wisata seperti: Toilet umum, parkir area, camp area, penginapan mulai dari Rp 75.000 atau homestay mulai dari Rp 150.00 serta cafetaria dengan harga terjangkau.


Ulasan wisata Pantai Triangulasi

Pantai Trianggulasi memang menjadi rekomendasi wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung di Taman Nasional Alas Purwo. Pesona destinasi ini setidaknya dapatdibuktikan dengan lebih dari 300 ulasan dengan rating star 4.6 di mesin pencari google.

Berikut adalah salah satu ulasan wisatawan yang berkunjung kemari:

Tempat cocok buat yang cari pantai yang masih fresh...artinya pantainy nggak banyak tercemar. Air laut bener" terlihat biru seperti yang ada di foto. Tapi disana banyal monyet usil...jadi lebih enak bawa mobil supaya barang bawaan ndak dikutil monyet. - Finna haujan Irsta

Sebagai destinasi wisata yang terletak di kawasan konservasi TN Alas Purwo, wisatawan yang datang di Pantai Trianggulasi sudah pasti harus turut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian ekosistem setempat dengan tidak membuang sampah sembarangan ataupun melakukan perusakan alam.


0 Response to "Wisata Pantai Trianggulasi Alas Purwo Banyuwangi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed