-->

Pantai Bedul Banyuwangi, Wisata Hutan Mangrove Alas Purwo

Mangrove Bedul Ecotourism atau Pantai Bedul merupakan destinasi wisata di TN Alas Purwo Banyuwangi yang terkenal berkat kelestarian alam yang masih...
Segara Anakan Pantai Bedul


Pantai Bedul Banyuwangi, Wisata Hutan Mangrove Alas Purwo-Taman Nasioanal Alas Purwo di Banyuwangi merupakan salah satu tempat konservasi terkenal di ujung Pulau Jawa yang menyajikan beragam daya tarik mulai dari keindahan alam, kekayaan keanekaragaman hayati hingga pesona dari sensasi tersendiri yang dimiliki.

Sebagai Taman Nasional yang memiliki area pemanfaatan pariwisata cukup luas, Alas Purwo sangatlah terkenal sebagai salah satu spot Wisata Banyuwangi terpopuler khususnya dari destinasi Pantainya.

Di kawasan konsevasi ini sobat dapat menemukan pantai-pantai indah berkelas Internasional serta ditemani dengan aktivitas konservasi, misalnya saja Pantai Plengkung dengan kekuatan ombaknya yang berhasil membuatnya sebagai lokasi pertandingan surfing Internasional atau Pantai Ngagelan sebagai konservasi empat jenis penyu.

Wisata Alas Purwo memang selalu mengkolaborasikan daya tarik dari kelestarianya dengan keindahan didalamnya. Ada banyak sekali spot destinasi wisata yang dapat sobat kunjungi disini, mulai dari hutan di daratan hingga pesisir pantai semuanya memiliki keunikan yang sangat untuk dilewatkan.

Selain dua pantai yang telah disebutkan diatas, satu lagi destinasi wisata di TN Alas Purwo yang tak kalah terkenal ialah “Mangrove Bedul Ecotourism” atau kerap disebut juga “Pantai Bedul Banyuwangi”.


Informasi Wisata Pantai Bedul Banyuwangi

Mangrove Bedul Ecotourism merupakan sebuah destinasi wisata berupa Pantai di Alas Purwo yang berbeda dibanding dari wisata pesisir lainnya, disini spot konservasi utamanya berupa hutan mangrove yang membentang luas sejauh  18 km dengan totl luas wilayah hingga 1.200 hektar.

Penamaan "Bedul" sendiri diambil dari kekayaan sumber daya alam di sepanjang alira muara (Segara Anakan) yang sangat melimpah dengan ikan betul batu sebagai komoditas utama warga sekitar.

Dibandingkan destinasi lainnya, eksistensi Pantai Bedul sendiri masih jarang diketauhi oleh wisatawan dari luar kot sehingga banyak yang melewatkan mendatangi tempat ini saat di Alas Purwo. 

Untuk membantu perjalanan sobat kemari, berikut penulis sajian ragam informasi bermanfaat seputar Wisata Pantai Bedul Banyuwangi.



Lokasi dan Rute Pantai Bedul Banyuwangi

Pantai Bedul ini berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Sobat dapat melalui Resort Grajagan untuk menyebrangi Segara Anakan sebelum tiba di Pantai Bedul. Dari gerbang masuk taman nasional, kalian dapat melihat lokasi awalnya di Google Maps atau mengikuti petunjuk yang ada.

Namun, perjalanan menuju Pantai ini rupanya tak selesai denga kendaraan saja. Dari parkir area sobat masih harus berjalan menuju dermaga kemudian melanjutkan perjalanan dengan sewa perahu dan kembali berjalan sejauh lebih kurang 1 Km melewati hutan yang cukup sepi sebelum tiba di Pantai Bedul.


Harga Tiket Pantai Bedul

Wisatawan yang ingin berkunjung di Pantai Bedul setidaknya perlu membayar sebesar Rp 5.000-Rp 10.000/hari untuk pengunjung dalam negeri dan tambahan retribusi kendaraan. Selain itu karena lokasi pantai ini yang bisa diakses dengan perahu menyusuri muara Segara Anakan maka pengunjung juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa kapal sebesar Rp 150.000-Rp 200.000 yang bisa dinaiki lebih dari 5 orang.

Mangrove Bedul Ecotourism atau Pantai Bedul merupakan destinasi wisata di TN Alas Purwo Banyuwangi yang terkenal berkat kelestarian alam yang masih...
Pemandangan Pantai Pantai Bedul Banyuwangi


Daya Tarik Wisata Pantai Bedul

Jika di destinasi lain landscape foto banyak yag menuju ke pemandangan alam keindahan sunset di Pantai Trianggulasi, sementara disini kebanyakan foto di media sosial dari Mangrove Bedul Ecotourism kerap kali menampilkan pemandangan sebuah jembatan di area hutan mangrove yang turut menjadi dermaga dari kapal penyebrangan wisatawan dan nelayan sekitar.

Lebih dari menyaksikan huta mangrove, ditengah perjalanan menggunakan kapal ini kalian dapat menyaksikan beragam kehidupan di ekosistem sekitar mulai dari burung bangau yang mencari makan dan monyet-monyet bergelantungan. Perjalanan kapal selama 30 menit sebelum tiba di jalur trekking menuju Pantai Bedul ini sudah pasti tidak akan membosankan.

Di sepanjang Segara Anakan ini sobat juga dapat melihat masyarakat sekitar melakukan keseharian sebagai nelayan, ikan disini memang cukup melimpah khususnya pada jenis ikan bedul batu yang menjadi latar penamaan tempat ini.

Sementara pemandangan Pantai Bedul sendiri tak jauh berbeda dari pantai lainnya, gulungan ombak tak terlalu besar dengan pasir tidak terlalu putih dan luas mengelilingi sepanjang garis pantai ini. Lokasi ini merupakan tempat yang sangat menenangakn untuk kalian yang ingin bersantai.


Ulasan Wisata Pantai Bedul

Mangrove Bedul Ecotourism telah mendapat lebih dari 100 ulasan dengan rating star diatas 4.5, ragam cerita dan pujian dari keindahan ini turut menggambarkan pengalaman menyenangkan netizen saat berunjung kemari. Salah satunya yaitu,

Wisata Mangrove dengan kombinasi suasana hutan dan pantai. Fasilitas yang dinikmati yaitu: berkeliling hutan mangrove, pantai bedul (harus berjalan kaki dulu sekita 1-2 km), dan mengunjungi taman nasional alas purwo via kapal. Wisata ini cocok bagi yang suka mancing atau hutan. silahkan berkunjung namun tetap menjaga kebersihan lingkungan, :) -Alvin Dwi Sasmara 

Pantai Bedul Banyuwangi yang menjadi bagian dari Taman Nasioanal Alas Purwo merupakan sebuah rekomendasi tempat wisata terbaik yang ada di ujung Timur Pulau Jawa. Mengingat lokasinya yang berada di area konservasi perlu diperhatikan jika aturan mengenai perusakan lingkungan termasuk membuang sampah sembarangan sangat ditegaskan disini.


0 Response to "Pantai Bedul Banyuwangi, Wisata Hutan Mangrove Alas Purwo"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed