-->

Wisata Situs Karawitan Pura Gili Selaka Alas Purwo

Situs Karawitan Pura Gili Selaka Alas Purwo merupakan salah satu tujuan wisata di Banyuwangi yang sangat perhatian berkat perpaduan nilai budaya dan alam
Pura Gili Selaka Alas Purwo Banyuwangi


Wisata Situs Karawitan Pura Gili Selaka Alas Purwo-Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi terkenal sebagai area konservasi yang memiliki banyak destinasi pariwisata menarik termasuk dengan hadirnya kesan mistis dari sejarah masa lampau. Jika di Wisata Baluran kalian dapat menemukan peninggala goa jepang maka disini sobat dapat menemukan sesuatu yang lebih bersejarah (tua) yaitu peninggalan kerajaan majapahit.

Dibanding Taman Nasional lain lain di Jawa Timur, TN Alas Purwo ini merupakan tempat yang sangat terkenal karena kemistisan didalamnya. Tak hanya meninggalkan bekas keraan majapahit, disini upacara adat masyarakat Hindu juga tetap dilakukan hingga kini.

Pura Gili Selaka merupakan tempat yang sangat menarik dan berbeda dari destinasi lain di Alas Purwo, alih-alih menarik minat wisatawan karena kelestarian alam konservasi di Savana Sadengan, Pantai Bedul (Mangrove Bedul Ecotourism) atau Pantai Plengkung, tujuan utama wisatawan yang datang kemari adalah menyaksikan spot bersejarah yang masih digunakan hingga saat ini.


Pura Giri Selaka, Wisata Religi dan Sejarah

Pura Giri Selaka merupakan destinasi wisata yang di Alas Purwo Banyuwangi berupa situs bangunan bersejarah ditengah rimbunnya hutan. Selain untuk tujuan berwisata, banyak juga wisatawan dari umat Hindu yang datang kemari untuk berdoa dan menjadikannya sebagai tempat pelaksanaan Piodalan. Selain itu setiap 210 Hari sekali, masyarakat Hindu juga kerap melaksanakan kegiatan keagmaan Pagerwesi.

Diluar kegiatan keagamaan, pemandangan yang disuguhkan dari destinasi ini terlihat sangat epic, terutama lokasinya yang sangat asri ditengah rimbunnya hutan membuatnya sebagai tempat terbaik untuk berfoto atau bersantai sebelum beranjak ke destinasi lainnya.



Lokasi dan Rute Pura Giri Selaka

Destinasi Pura disini terbagi ayas2 kompleks pura, yaitu Pura Luhur Giri Salaka dan Pura Kawitan disisi timur. Secara administrasi lokasi Situs Kawitan Alas Purwo ini terletak di Kec. Tegal Dlimo, Banyuwangi dan terletak tepat di tepi jalan raya menuju Pos Pancur. 

Tak perlu menggunakan Google Maps, baik dari gerbang masuk Rowobendo atau Bendul, arahan arah menuju situs bersejarah ini telah terpampang jelas, selain itu akses jalannya juga cukup baik sehingga berbagai jenis kendaraan roda dua dan empat bisa kalian gunakan.


Harga Tiket Pura Giri Selaka

Tak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal, untuk berkunjung ke Pura Giri Selaka di TN Alas Purwo ini sobat hanya perlu membayar tiket masuk Taman Nasional sebesar Rp 5.000-Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan tambahan retribusi kendaraan sebesar Rp 5.000/sepeda atau Rp 10.000/mobil.


Sejarah Kerajaan Maja Pahit di Alas Purwo

Pura Giri Selaka merupakan salah satu Wisata Banyuwangi yang sangat popular berkat hadirnya sebuah pura besar penuh sejarah dan kisah peninggalan kerajaan Majapahit. Berada di tengah rimbunnya hutan yang diyakini sebagai huta pertama tanah Jawa, berdiri sebuah pura yang menyimpan kisah masa lalu kerajaan majapahit.

Ketika Kerajaan Majapahit runtuh pada abad ke-14, para manggala kerajaan berkata "Boleh saja kerajaan mereka dihancurkan, tetapi tunggu lima ratus tahun lagi anak cucu mereka akan bangkit dan menagih kembali bekas wilayah Majapahit.", kalimat yang terus diyakini oleh sebagian besar umat Hindu Banyuwangi ini merupakan latar beakang semangat dari pelaksanaan Piodalan di Pura Giri Selaka.

Menurut sesepuh umat Hindu Tegaldlimo, Pemangku Ali Wahono menjelaskan jika Pura Giri Selaka ini pada awalnya ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1967. Kala itu masyarakat sekitar masuk ke hutan guna bercocok tanam dan disaat itu pula masyarakat menemukan sebuah gundukan tnag yang disebut Situs Alas Purwo.

Kemudian, masyarakat rupanya meratakan dan menjadikannya sebagai lahan bercocok tanam. Hal tak terduga terjadi dimana ada bongkahan-bongkahan bata besar yangmasih bertumpuk dan membentuk seperti gapura kecil.

Tidak lagi sekedar diratakan, masyarakat lebih memiliki untuk membawa bongkahan tersebut ke rumah maisng-masing untuk dijadikan sebagai bahan perabotan seperti tungku dapur, alas rumah dll.

Tanpa disadari rupanya karena kelakukan masyarakat itu, musibah datang menimpah siapapun yang mengambil bongkahan tersebut. Tak berselang lama, masyarakat mulai menyadarai tindakannya dan akhirnya mengembalikan bongkahan tersebut ke tempat semula.

Bongkahan tersebut kini telah diketauhi sebagai tempat petapakan maharesi suci Hindu zaman dulu. Meskipun tidak ada catatan resminya, masyarakat meyakini yang malinggih di situs Pura Alas Purwo adalah Empu Bharadah. serta, ada juga yang mempercayai Rsi Markandiya sebelum mereka menuju Bali.


Ulasan Destinasi Pura Giri Selaka

Sebagai destinasi yang sering dikunjungi wisatawan dan termasuk salah satu iconic dari TN Alas Purwo sudah tak heran jika Pura Giri Selaka ini berhasil memberikan pengalamanan menyenangkan bagi setiap wisatawan yang datang.

Menurut ulasan online sendiri, lokasi ini telah mendapat lebih dari 172 ulasan dengan rating star 4.7, komentar dari kesegaran, kesejukan, keasrian dan keunikan nilai sejarah yang ada di tempat ini menjadi latar belakang penilaian netizen yang datang kemari, seperti salah satunya,

Salah satu pura di banyuwangi yang sangat bagus berada di tengah hutan alas purwo. Memberikan nuansa yang menyejukan hati. Jalan menuju pura memang belum bagus tapi pemandangannya menghilangkan kepenatan. Suasana yang sejuk membuat sembhayang lebih tenang dan damai. Pengen kesini lagi kalau ada kesempatan. -krisna Santiyasa

Pura Giri Selaka di Alas Purwo Banyuwangi merupakan sebuah destinasi wisata yang berhasil menarik minat wisatawan karena keunikan akulturasi dan nilai konservasi alam budaya yang ada, oleh sebab itu saat berkunjung kemari pastikan sobat untuk tidak melakukan perusakan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan serta berbagai tndakan lain yang dapat merusak ekosistem atau kemegahann situs karawitan ini.


0 Response to "Wisata Situs Karawitan Pura Gili Selaka Alas Purwo"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed