-->

Mengenal Potensi Minyak Kacang Tanah Sebagai Sumber Energi Bersih

Kacang tanah termasuk penghasil minyak/ lemak yang bisa dimakan (edible oil) dengan kandungan minyak berkisar 35-55%
Perkebunan Kacang Tanah di Kebumen | Source: Pinterest

"Kacang tanah termasuk penghasil minyak/ lemak yang bisa dimakan (edible oil) dengan kandungan minyak berkisar 35-55%"

Kacang tanah masuk dalam keluarga kacang-kacangan (legumi noceae). Tanaman ini termasuk herba dan sebagian besar produknya digunakan untuk makanan, baik sebagai minyak maupun mentega Karena itu, kacang tanah termasuk penghasil minyak/lemak yang bisa dimakan (edible oil), Kandungan minyak kacang tanah tergolong tinggi, berkisar 35-55%. Dalam kondisi kering, biji kacang tanah mudah diekstraksi atau dikempa Limbah kulitnya bisa disulap menjadi berbagai produk, seperti makanan ternak berserat tinggi, kompos, dan pupuk organik. 

Perintis minyak kacang tanah untuk bahan bakar mobil adalah Rudolf Christian Karl Diesel Pada tahun 1910, pada Pekan Raya Dunia di Paris, insinyur dari Jerman itu memamerkan mesin ciptaannya. Mesin Mesin diesel pertama di dunia menggunakan bahan bakar dari minyak kacang tanah dan minyak biji rami.

Tanaman kacang tanah bisa hidup dalam rentang lingkungan yang luas, dari daerah temperate, subtropis hingga wilayah tropis Kacang tanah dewasa bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian dua kaki (sekitar 60 cm) Biji kacang tanah biasa masak antara 100-150 han setelah tanam. 

Namun, ada varietas tertentu yang pada kondisi lingkungan yang baik bisa menghasilkan biji siap panen setelah 80-90 hari setelah tanam. Tingkat produksi biji kacang tanah berkisar antara 1940-2529 kg per hektar Produksi minyak kacang tanah mencapai sekitar 10% pasaran minyak nabati dunia tahun 2003 menurut FAO

Di Indonesia, kacang tanah merupakan tanaman polong polang-an kedua terpenting setelah kedelai Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan Saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Cina dan India merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia. Sebagai tanaman budi daya, kacang tanah dipanen bijinya yang kaya protein dan lemak. Biji tersebut dapat dimakan mentah, direbus (di dalam polongnya), digoreng, atau disangrai Di Amerika Serikat, biji kacang tanah diproses menjadi semacam selai dan merupakan industri pangan yang menguntungkan Selain dipanen bijinya, kacang tanah dipanen hijauannya (daun dan batang) untuk makanan ternak atau merupakan pupuk hijau.

Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian, Malang, merekomendasi varietas kacang tanah seperti tercantum di Tabel 3.10. Selama 17 tahun Menteri Pertanian telah melepas 11 varietas kacang tanah. Varietas Domba dilepas pada tahun 2004, sedangkan varietas Gajah pada tahun 1950.

0 Response to "Mengenal Potensi Minyak Kacang Tanah Sebagai Sumber Energi Bersih"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed