-->

Potensi Biji Kemiri Sebagai Sumber Energi Bersih Setara Solar

Kemiri tergolong bumbu dapur Bijinya yang berwarna putih kekuningan dipergunakan untuk menggurihkan masakan Maklum, kemiri kaya protein. Namun, meskipun bisa menggurihkan masakan, penggunaan secara berlebihan bisa memabukkan atau membuat diare. Biji kemiri yang dimakan mentah terasa memuakkan, walaupun ada rasa gurihnya. Karena itu, mengapa biji kemiri lebih difungsikan sebagai bumbu dapur bukan dimakan mentah? Perlu diingat, dalam daging biji kemiri terdapat asam hidrosianik yang beracun. Makanya, kemiri digolongkan minyak lemak non-pangan (non-edible oil).
:Gambar Kemiri| Source: Pinterest

"Dengan kepadatan 175 tanaman per hektar, bisa dihasilkan minyak kemiri sebesar 1.630-1.840 kg per tahun."

Kemiri tergolong bumbu dapur Bijinya yang berwarna putih kekuningan dipergunakan untuk menggurihkan masakan Maklum, kemiri kaya protein. Namun, meskipun bisa menggurihkan masakan, penggunaan secara berlebihan bisa memabukkan atau membuat diare. Biji kemiri yang dimakan mentah terasa memuakkan, walaupun ada rasa gurihnya. Karena itu, mengapa biji kemiri lebih difungsikan sebagai bumbu dapur bukan dimakan mentah? Perlu diingat, dalam daging biji kemiri terdapat asam hidrosianik yang beracun. Makanya, kemiri digolongkan minyak lemak non-pangan (non-edible oil).

Kemiri memiliki nama berbeda-beda di berbagai etnis di daerah. Karena kemiri berkulit amat keras, masyarakat Minangkabau menyebut buah fondeh atau buah kareh (kareh keras), masyarakat Sunda ma namai muncang, sedangkan suku Dayak menjuluki keminting. Orang Malaysia menamakannya buah keras. 

Biji kemiri (kernel) mengandung lemak sangat tinggi Ada yang menyebut antara 45-65%, bahkan ada yang memperkirakan lebih tinggi lagi, yaitu 57-69% Karena itu, saat biji kemiri diperas akan keluar minyak. Namun, lantaran dalam biji ke miri terdapat asam hidrosianik, minyaknya pun jarang digunakan untuk menggoreng Namun, minyak kemiri lebih cocok sebagai bahan baku sabun atau bahan bakar setara solar.

Minyak kemiri mengandung sejumlah zat kimia yang mendatang kan berbagai khasiat. Yang cukup populer adalah khasiat menyehatkan rambut, mulai dari menyuburkan, menguatkan, dan menghitamkan rambut secara alami Kebenaran khasiat tersebut tidak diragukan lagi Praktiknya sudah dilakukan masyarakat Indonesia secara turun-temurun dalam kurun waktu berabad-abad. 

Karena itu, pada zaman modern ini banyak pengusaha menjadikan minyak kemiri sebagai bahan utama pembuatan produk-produk perawatan rambut yang dijual dalam ben tuk krim, semir, atau tonik seperti berbagai produk yang dikembangkan oleh PT Sari Ayu Martha Tilaar atau PT Mustika Ratu

Selain minyaknya, biji kemin memiliki banyak kegunaan Biji yang ditumbuk dapat digunakan mengobati obat sakit gigi, bisul, demam, dan pembengkakan di dian tulang Biji yang sudah diolah menjadi mi nyak dapat pula difungsikan sebagai alternatif bahan bakar. Dulu, ketika listrik masih belum berkembang, minyak kemiri biasa dipakai penduduk dalam menggantikan fungsi minyak tanah untuk menghidupkan lam- pu minyak atau lampu teplok Minyak kemiri juga digunakan dalam kegiatan batik-membatik, selain bisa difungsikan sebagai obat gosok untuk pegal dan masuk angin

Selain bijinya, kulit batang kemiri juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan. Kandungan zat tanin pada batang (4,4%) cukup ampuh mengusir sariawan dan disentri dengan cara meminum air rebusän kulit batang kemiri. Daun kemiri juga berkhasiat obat, antara lain, berguna mengobati sakit gigi Sebelum jamu tradisional masuk pabrik, minyak kemiri biasa dipakai sebagai obat gosok anti pegal. Sementara itu, tum bukan biji kemiri bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, demam, bi- sul, dan bengkak sendi Untuk mengurangi sakit gigi, penduduk peda laman biasa menempelkan daunnya yang telah dipanaskan pada pipi dan pelipis. 

Bahkan, obat daun tempel ini dapat pula dipakai sebagai penetral sakit kencing nanah. Penduduk Hawai, Fiji, dan Tahiti punya ra hasia lain dari kulit buah kemiri, yakni memanfaatkan airnya untuk pem- buatan tato. Bagaimana kayunya? Kayu kemiri yang ringan, berserat ha- lus, putih dan tak tahan lama, ternyata dapat dimanfaatkan, umumnya untuk bahan pembuat tangkai korek api Kelebihan lain, dari kayu kemiri kering dapat dihasilkan 62% seluloseb sehingga dapat dipergunakan se- bagai bahan pembuat kertas. Limbah atau cangkang bijinya bisa untuk bahan pupuk.

Biji kemiri sekilas mirip dengan kenari Para pembuat roti sering me manfaatkan kemiripan ini untuk mengecoh konsumen yang kurang pa- ham aturan "roti-rotian" Jenis roti tertentu yang mestinya dihias dengan irisan kenari, cukup dipajangi irisan kemiri Maklum, selain mahal, kenari Juga sulit didapat karena kelewat langka. Konsumen yang lidahnya tidak teliti dan tidak terbiasa akan melahap roti kenari palsu begitu saja. 

Konon, kemiri yang masuk ke Indonesia berasal dari Malaysia Ke min sendin berasal dari Kepulauan Pasifik dan Asia Tenggara Tanaman ini begitu cepat menyebar ke daerah lain lantaran bisa tumbuh dangen baik di mana saja Daerah penyebaran kemiri meliputi kepulauan Fiji di Lautan Pasifik sampai Afrika. Sebelumnya, banyak orang mengira bahwa kemiri hanya bisa tumbuh di daerah bercurah hujan tinggi. Padahal, po hon bumbu ini dapat tumbuh di tanah berpasir atau tanah berkapur sekalipun.

Kemiri ditanam dengan biji. Tampaknya, penanaman melalui cara lain jarang dilakukan. Kecuali pelaku pertanian atau pengusaha perkebunan, tak banyak orang mau menanam kemiri dengan sengaja Faktanya, di daerah permukiman, kebanyakan pohon kemiri muncul dari kemurahan alam. Pohon kemiri tumbuh dengan cepat, walaupun tak secepat pohon akasia atau lamtorogung (leucena leucosephala). 

Tajuk batangnya cukup rimbun, sehingga tanaman yang bisa mencapai ketinggain antara 20-40 meter ini baik untuk pelindung dan penjaga keawetan tanah Untuk produksi komersial, kemiri biasanya ditanam dengan kepadatan 300 tanaman per hektar dan tiap tanaman bisa menghasilkan biji kemin 35-45 kg per tahun per hektar Dalam setahun, setiap hektar bisa dihasilkan 3.000 kg minyak kemiri. Dengan kepadatan tanaman 175 tanaman per hektar, bisa dihasilkan minyak kemiri sebesar 1.630-1.840 kg per tahun."



0 Response to "Potensi Biji Kemiri Sebagai Sumber Energi Bersih Setara Solar"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed