-->

Manfaat Ciplukan (Physalis angulata), Obat Herbal Kanker Payudara





Ciplukan adalah umbuhan asli Amerika yang kini telah tersebar secara luas di daerah tropis di dunia. Di Jawa tumbuh secara liar di kebun, tegalan, tepi jalan, kebun, semak, hutan ringan, tepi hutan. Ciplukan biasa tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 1-1550 m dpl. Tanaman ini (ciplukan/ceplukan) dikenal dengan nama latin Physalis angulata. Physalis angulata menghasilkan berry halus yang terlihat seperti tomat kecil berwarna kekuningan. Buahnya berwarna hijau saat muda san berubah kuning keemasan sampai oranye ketika matang. Ceplukan atau ciplukan memiliki buah kecil yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet dan kopok-kopokan. Umumnya tumbuh liar, ceplukan biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari. Buahnya digemari anak-anak. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional. Namun keberadaan ciplukan saat ini sudah jarang ditemukan. Kelangkaannya ini membuat harga buah ciplukan melambung tinggi, hingga mencapai 250-500 ribu rupiah per kilogramnya.

Klasifikasi Tanaman

Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonnae
Ordo : Solanales
Famili : Solanaceae
Marga : Physalis
Spesies : Physalis angulata L.

Penggunaan di kalangan Masyarakat

Akar tumbuhan ciplukan pada umumnya digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Buah ciplukan sendiri sering dimakan; untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning.

Kandungan senyawa kimia

Terdapat kandungan asam sitrat dan fisalin dalam buahnya. Selain itu, terdapat pula alkaloid, asam malat, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula buah. Zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol dalam buah ciplukan mampu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan asam oleat dan linoleat pada buah ciplukan terbukti ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Daun ciplukan memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik.

Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam ciplukan antara lain saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin. Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman, antara lain:
a. Herba : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
b. Biji : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat.
c. Akar : alkaloid
d. Daun : glikosida flavonoid (luteolin)
e. Tunas : flavonoid dan saponin

Manfaat dalam tumbuhan ciplukan:

 1. Kaya akan antioksidan
Manfaat daun dan buah ciplukan banyak berasal dari kandungan antioksidannya yang begitu tinggi sehingga layak dijadikan sebagai sumber alami dalam mencegah beberapa penyakit kronis.

2. Memiliki efek anti-inflamasi
Manfaat daun ciplukan pun dapat dirasakan untuk membantu mengurangi peradangan, sebab daun ciplukan memiliki efek anti-inflamasi dan analgesik yang mampu menenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan.

3. Sebagai makanan diet
Cara untuk mengurangi berat badan adalah defisit kalori. Sehingga, orang yang sedang diet disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah kalori. Hal tersebut bisa Anda dapatkan dari buah ciplukan. Sebab, buah yang satu ini termasuk rendah kalori, dan juga mengandung serat. Buah ciplukan termasuk makanan berkalori rendah, hanya ada sekitar 53 kalori per 100 gramnya.

4. Obat herbal kanker payudaa
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan fakta bahwa, ekstrak daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara. Dengan kata lain, ciplukan mampu dijadikan alternatif pengobatan penderita kanker payudara yang lebih aman, terjangkau, dan efektif.

5. Meningkatkan imunitas tubuh
Kehadiran vitamin C semakin melengkapi kehebatan dari manfaat daun dan buah ciplukan yang begitu besar bagi kesehatan. Vitamin C dalam ciplukan bersifat antioksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh.

Selain 5 manfaat dalam tumbuhan ciplukan itu sendiri serta dengan uraian lain diatas kalian bisa dapat menemukan penjelasan dan manfaat lainnya di situs-situs terpercaya lainnya. Kalau kata orang "membaca itu jembatan ilmu" so,  jangan berhenti membaca.


Daftar pustaka

Baedowi, 1998, Timbunan Glikogen dalam Hepatosit dan Kegiatan Sel Beta Insula Pancreatisi Tikus Putih (Rattus norvegicus) Akibat Pemberian Ekstrak Daun Ciplukan, Penelitian Tanaman Obat di Beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia IX, Departemen Kesehatan RI, Jakarta, 139.

Januário, Filho, Petro, Kashima, Sato, and França, 2000, Antimycobacterial Physalins from Physalis angulata L. (Solanaceae), Phytotherapy Res, 16(5): 445 – 448

0 Response to "Manfaat Ciplukan (Physalis angulata), Obat Herbal Kanker Payudara"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed