-->

Tips Menghindari Petir saat sedang Berkemah (Camping)

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari petir saat sedang camping?


sebuah kondensator raksasa, mungkin begitu kita mengenal petir dalam ilmiahnya. Tentunya bukan hal yang menyenangkan juga jika saat sedang camping tiba-tiba turun hujan berpetir atau sekedar kilatan-kilatan cahaya petir di langit, tentunya itu hal yang kurang membuat tenang kan wkwk. 

Sewaktu di sekolah mungkun kita pernah mendengar metode "Sangkar Faraday" yang merupakan metode melindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor yang dihubungkan dengan pembumian.

Lalu, bagaimana saat kita pergi camping?  Ada beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan, yaitu:

1. Jangan berteduh di bawah pohon yang tinggi.


benda-benda yang menjulang tinggi ini mudah tersambar petir. Jangan berteduh di bawah pohon. Karena pohon yang tersambar petir energinya dapat melompat ke tubuh.


2. Jangan berada di tempat terbuka (cari tempat bernaung/perlindungan).


Menjauhlah dari area terbuka dan segera cari perlindungan. Karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya


3. Perhatikan posisi potensi sambaran petir seperti dalam poin 1 dan 2.


Pastikan lokasi berteduh sobat (lokasi tenda) tidak berada di dekat pohon besara arauoun di tengah hamparan tanah kosong.


4. Hindari Sentuhan dengan Benda Logam termasuk HT sekalipun


Meskipun sobat berteduh di dalam ruangan (tenda) , hindari kontak dengan logam saat terjadi badai petir. Bahkan di dalam ruangan, pintunya terbuat dari logam, dan jendela, saat hujan turun dengan petir.

Begitu pula saat sobat berada di basecamp atu lokasi camcer yang banyak fasilitas bangunan, jika pipa air  menggunakan pipa besi. Namun saat ini sebagian besar air yang dibuang ke dalam bangunan sudah menggunakan pipa plastik PVC, sehingga lebih aman untuk melakukan aktivitas terkait air di dalam bangunan.


5. Gunakan alas sehingga kita tidak langsung menyentuh tanah.


Menggunakan alas tambahan di tenda akan membuat lapisan isolator tambahan dan akan lebih tahan terhadap rembesan kondensasi air yang dapat terjadi. Hal itu sangat bermanfaat terutama air adalah konduktor yang baik.


6. Jika menggunakan tenda lebih baik bertenduh di dalam tenda (pastikan tenda tidak mengandung materi logam besi yang cukup besar terutama pada framenya).


Perhatikan kembali penjabaran nomer 4 dan lakukan pengetatan keamanan sobat dengan menghindari air, mengurangi kondensasi, dan berbagai hal lain yang dapat mengurangi potensi tersambar petir atah mengurangi rambatan jika petir ada di sekitar sobat.


7. Jika posisi tenda berada di puncak gunung, pindahkan jika memungkinkan.


Posisi puncak biasanya adalah lokasi yang sangat terbuka dan juga lokasi yang berada di ketinggian. Semakin tinggi tempat, maka semakin dekat dengan sumber petir yang memungkinkan untuk semakin keras pula energi yang dikeluarkan petir jika menyambar daerah itu.


8. Jauhi tempat yang memiliki genangan air atau sebisa mungkin menjauh dari tempat basah.


Jangan bermain di air saat badai petir melanda. Karena air adalah penghantar listrik yang baik.

0 Response to "Tips Menghindari Petir saat sedang Berkemah (Camping)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed