-->

Hal Sederhana Mengundang Bahaya ketika Mendaki Gunung

Hal Sederhana Mengundang Bahaya ketika Mendaki Gunung
#etikamendaki

Mendaki gunung bukanlah olaraga yang main-main, banyak bahaya disana. Banyak hal yang tak kita duga disana.segala bentuk persiapan sejak dalam persiapan mendaki pun harus benar-benar disiapkan dengan matang. Tak hanya memikirkan swa foto terbaik untuk galeri media sosial, hal-hal lain yang mencakup keselamatan, kenyamanan, keamanan bagi diri sendiri harus sangat-sangat di pertimbangkan. Bahkan sekelas aturan adat yang ada disana pun kita tidak boleh menggabaikannya. Berikut adalah contoh  5 hal sederhana yang jangan dilakukan saat mendaki gunung.


1. Menyepelehkan medan

Setelah kita melakukan banyak pendakian atau sebut saja memiliki jam terbang yang cukup banyak. Tak banyak dari seorang pendaki memiliki sikap menyepelehkan terhadap pendakian selanjutnya, atau kalau di ucap "ahh...santai aku udah sering naik gunung ke yang lebih tinggi."

Padahal setiap gunung selalu memiliki pantangannya tersendiri bahkan tak jarang ada gunung yang memiliki medan lebih sulit dari pada gunung lain padahal menurut MDPL nya tergolonh lebih kecil.  

2. Menuruti ego

Menuruti ego untuk kepuasan diri mungkin adalah hal yang sangat wajar bagi manusia. Namun, dalam kegiatan mendaki gunung kita harus lebih kuat dalam melawan ego tersebut. Seperti ego dalam memaksakan diri atau ego untuk membuat diri tidak terlihat cupu. Mementingkan ego dapat berakibat fatal bagi diri sendiri bahkan tim dan orang lain. 

3. Membuang sampah sembarangan

Sudah menjadi problema sejak dahulu, kegiatan mendaki gunung selalu identik dengan masalah sampah yang tak ada habisnya. Tanpa kita sadari membuang sampah sembarangan selain dapat mencemari lingkungan kita dapat membuat celaka bagi keanekaragaman hayati yang ada. 

4. Berteriak (membuat polusi suara)

Sering kita selalu temukan pendaki yang berteriak-teriak meski hanya sekedar "woy..." "Hoy..." Atau ucapan lainnya (bukan panggilan SOS). tentunya dalam tempat wisata yang merupakan tempat umum kita harus menjaga kenyamanan bagi semua orang pula. Lalu adakah hal lainnya selain menjaga kenyamanan manusia sehingga kita jangan berteriak? 


5. Keluar jalur

Mungkin keluar jalur untuk memotong jalur, mencari foto bagus dsb. Memiliki hal positif menurut dirinya sendiri seperti jalan yang lebih cepat. Namun, sebaiknya kita menghindari kegiatan keluar jalur ini untuk keselamatan diri, kelestarian hayati dsb. 

0 Response to "Hal Sederhana Mengundang Bahaya ketika Mendaki Gunung"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed