-->

5 Destinasi Wisata Alam Bondowoso Paling Eksotis dan Terkenal

5 Destinasi Wisata Alam Bondowoso Paling Eksotis dan Terkenal - Bondowoso adalah sebuah kota kecil dan bagian dari wilayah Tapal Kuda (karesidenan Besuki) di Jawa Timur yang berada atau dikelilingi oleh pegunungan dan gunung-gunung. Disebut juga dengan "Kota Tape" dari sudut pandang ikonik kulinernya. Sementara dari sisi pariwisata, Bondowosi lebih dikenal dengan julukan "Kota Seribu Bukit", bukan tanpa sebab, lokasi kota Bondowoso yang dikelilingi oleh perbukitan dan gunung membuat banyak destinasi wisata bertema alam yang terletak di area ber-altitude tinggi tersebut. 

Kebanyakan destinasi bukit di Bondowoso berada di jalur menuju Banyuwangi melalui jalan gunung Ijen. Oleh sebab itu banyak destinasi wisatanya yang sangat mudah di capai baik dari pusat kota Bondowoso ataupun pusat kota Banyuwangi. Meskipun cukup dekat dengan pusat kota, destinasi wisata alam di Bondowoso selalu menawarkan pemandangan keasrian yang terjaga dan keeksotisan yang memukau.

Minimnya polusi, baik udara maupun cahaya membuat kota kecil ini menjadi target tujuan wisatawan baik dalam maupun luar negeri saat mengunjungi Jawa Timur. Minimnya polusi cahaya juga membuat banyak kegiatan fotografi seperti modeling dan astrofotografi diselenggarakan disini.

Keindahan alam di Bondowoso juga tak jarang sering digunakan sebagai spot prewedding bahkan oleh para influencer sekalipun seperti hamparan hijaunya Kawah Wurung. Beberapa wisata di Bondowoso juga memberikan fenomena alam yang langkah yang menakjubkan kepada wisatawan, seperti fenomena alam Blue Fire yang ada di Ijen dan kolam air panas di Blawan. Sangat banyak sekali destinasi wisata yang ada di kota kecil ini, namun pada kali ini Lets Go Hiking akan mengulas dan merekomendasikan 5 tempat destinasi wisata alam yang wajib sobat kunjungi saat di Bondowoso dan sangat sayang untuk kalian lewatkan.

1. Kawah Wurung

Sebelum menuju ke Gunung Ijen jika sobat dari arah Bondowwloso pasti akan menemui petunjuk jalan menuju wisata Kawah Wurung. Kalau sobat belum pernah mendatanginya atau bahkan baru denger, inibadalah salah satu destinasi wajib yang harus masuk ke daftar perjalanan sobat. Kawah Wurung adalah destinasi yang dikenal dengan perbukitannya yang berselimut hamparan padang rumput hijau. Seperti namanya, kawasan ini  memanglah sebuah area kawah. Hanya saja tidak mengeluarkan isi perut bumi seperti kawah-kawah pada umumnya. Objek wisata Kawah Wurung dikelilingi oleh bukit-bukit yang lebih tinggi di sekitarnya, karenanya membuat kawasan ini terlihat seperti perbukitan dan bukannya kawah.

Lokasinya terletak tidak terlalu jauh dari Kawah Ijen, atau sebelum Gunung Ijen kalau sobat dari arah Bondowoso, tepatnya hanya berjarak sekitar 10 km dari wisata Ijen. Lokasinya bisa juga ditempuh melalui pusat kota Banyuwang jika sobat sedang berada di Banyuwangi.

Selain sebagai tempat rekreasi yang memanjakan mata, tempat ini adalah surganya para pecinta seni fotografi, bahkan tak jarang banyak pasangan yang melalukan foto prewedding di tempat ini. Selain itu, aktofotas lain yang dapat dilakukan saat sobat berwisata kesini adalah kegiatan camping (berkemah). Pemandangan malam penuh bintang yang akan sobat temui akan sangat menenangkan dan betah untuk tidak tidur semalaman, terutama dengan wilayah yang minim polusi cahaya, tempat ini adalah tempat yang cocok untuk kegiatan astrofotografi. Harga tiket yang perluh di keluarkan pengunjung juga cukup murah, tergantung pada jenis kegiatan yang sobat lakukan, seperti sekedar berwisata atau preweding, harga tiket Kawah Wurung bisa sobat simak pada tabel berikut.


Kawah Wurung
(Sumber gambar)

tiket Kawah Wurung


2. Air Terjun Blawan

Sering disebut juga dengan "Niagara Bondowoso", air terjun Blawan merupakan hilir dari aliran sungai kali pahit, yang lokasinya tak jauh dari kawah Ijen.  Pesona air terjun yang megah dengan debit air yang besar membuat wisatawan dimanjakan dan membuat ingin untuk terus berswafoto. Meskipun tingginya lebih pendek dari destinasi air terjun pada umumnya, namun air terjun dengan ketinggian 3 meter ini sangat mempesona dan berhasil menarik minat para wisatawan baik dalam ataupun luar daerah.

Hembusan air terjun yang cukuo deras membuat suasana disana menjadi lebih segar, ditambah lagi lokasinya yang berada di ketinggian +1000 mdpl, membuat hawa segar dan asri sangat kental dirasakan. Selain itu Terdapat juga sumber air panas mengandung belerang dan masih terjaga alami, belerang itu kebanyakan dimanfaatkan berandam kaki oleh para wisatawan karena kandungannya yang sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Lokasi Air Terjun Blawan inibberada di Dusun Rengaherjo, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Untuk mencapainya wisatawan tidak sekedar melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, alias wisatawan masih harus berjalan untuk sampai di lokasi air terjun yang instagramable ini. Jalan yang harus sobat lalui saat menuju air terjun Blawan di Bondowoso ini cukup menantang yaitu jalan naik turun tangga di antara dua tebing. Kemudian aesampai di lokasi wisata, wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju tangga lagi sekitar 5 menit dan dilanjutkan menuruni tangga lagi dengan waktu kurang lebih yang sama.

Harga tiket untuk air terjun menawan ini juga sangat murah, yaitu hanya Rp 2.000 untuk retribusi tiket perpengunjung, dan biaya parkir kendaraan Rp 2.000-Rp 5.000 tergantung pada jenis kendaraan sobat. Untuk penginapan disekitar sana juga terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp 200.000 per malamnya. Oiya sob, untuk jam buka wisata ini mulai dibuka pada pukul 07.00 - 18.00.


Air Terjun Blawan
(Sumber gambar)

3. Batu Susun Solor

Terletak sekitar 50km dari pusat kota Bondowoso, Wisata Alam Batu Susun Solor yang berada di Kecamatan Cermee memiliki akses jalan yang mudah saat menuju Batu Susun Solor bahkan saat menggunakan kendaraan pribadi.

Berbeda dengan pemandangan wisata alam oada umumnya yang berupa pantai, air terjun ataupun pemandangan hutan dan gunung. Wisata alam ini memberika pemandangan batuan-batuan besar yang dipercaya dari peninggalakan zaman megalitikum yang tersusun berjajar, inilah yang membuat alasaan daya tarik utama wisatawan untuk mengunjunginya. Pemandangan senja dan langit sore dilokasi ini juga sering memikat wisatawan yang datang karena keindahannya terutama saat matahari mulai beranjak tenggelam.

Meskipun sebagau destinasi wisara alam dan sejarah, beragam fasilitas seperti gazebo-gazebo dan kedai makanan masyarakat juga dapat sobat hiking temui disini. Pastikan sobat hiking tidak ketinggalan mencoba sensasi es kelapa muda yang sangat menyegarkan terutama saat siang hari.

Destinasi wisata bernuansa alam dan sejarah ini dibuka setiap hari, dan sobat hanya perlu merogoh kocek senilai Rp 5.000 saja. Selain fasilitas gazebo dan kedai makan, beragam spot foto menarik yang instagramable juga dapat kalian temui disini.


Batu Susun Solor
(Sumber gambar)

4. Bukit Jabal Kirmit

Satu lagi destinasi hamparan hijau seperti pada film teletublis di Bondowoso. Namannya adalah Bukit Jabal Kirmit yang terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Bukit ini dapat sobat jadikan sebagai destinasi tambahan saat kalian menuju ke Gunung Ijen, jarak antara Kawah Ijen dengan Bukit Jabal Kirmit hanya sekitar 10 kilometer. Kawasan Bukit Jabal Kirmit ini masih masuk dalam kawasan base camp pendakian Kawah Ijen. Namun, akses jalan menuju Jabal Kirmit relatif menantang. Pastikan sobat memeriksa kendaraan sobat terlebih dahulu ketika hendak berkunjung kemari.

Area Bukit Jabal Kirmit adalah hamparan padang rumput luas yang sangat cocok sebagai tempat piknik keluarga atahpun reunian. Pesona keindahan dan keasriannya juga mengundang banyak pasangan untuk melakukan preweding disana. Lokasinya yang masih satu tiket dengan Kawah Wurung juga tentunya ini menjadi salah satu destinasi dengan harga kunjungan yang sangat murah (sobat bisa cek tabel di atas).

Cekungan yang nampak jelas jika sobat berdiri diatas bukit yang ada disana nampak seperti sebuah kawah yang yang sangat indah. Bahkan tak jarang banyak wisatawan yang menganggap lokasi ini seperti New Zealand van Java dan juga mirip seperti di Jeju korea. Pemandangan hijau wilayah Bukit Jabal Kirmit akan sangat menawan pada saat musim hujan, namun saat musim hujan trek menuju lokasi ini juga semakin menantang terutama karena licinnya medan yang harus dilalui sepanjang jalan.


Bukit Jabal Kirmit
(Sumber gambar)

5. Kawah Ijen (Ijen Crater)

Berbicara tentang destinasi alam di Bondowoso tidak akan lengkap tanpa mengulas destinasi Kawah Ijen. Berada tepat di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso sobat dapat melalui rute dari arah Banyuwangi ataupun Bondowoso. Hanya berkisar 1,5 jam - 2 jam saja baik dari pusat kota Banyuwangi dan Bondowoso, ini adalah destinasi wisata pendakian yang sayang untuk dilewatkan. Terutama dengan dinginnya suhu disana serta pemandangan asri dan alaminya destinask ini sangat cocok sobat kunjungi untuk melepas penat dan mensegarkan jiwa dan raga.

Kawah Ijen menawarkan berbagai pesona alam yang sangat langkah seperti birunya kaldera kawah yang bahkan bisa kita turuni ke kawahnya, adanya fenomena alam Blue Fire yang hanya terdapat 2 lokasi di dunia juga menjadi alasan Kawah Ijen dikenal sebagai tempat tujuan para traveler dari segala penjuru dunia. Kekayaan sumber daya alam yang ada disana juga membantu para masyarakat disana, terutama pada area penambangan beleran yang banyak masyarakat menggantungkan hidup mereka dari sini, diatas puncak Ijen para pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan birunya kaldera Ijen ataupun menikmati alas mati yang ada disana.

Menjadi wisata alam berbasis gunung tentunya para wisatawan yang hendak menuju puncak Ijen masih harus berjalan (hiking) untuk sampai ke puncak Ijen. Perjalanan hiking menuju puncak Ijen juga cukup menantang dan panjang. Selain panjang, jalur landai pendakiannya juga sangat singkat bahkan sebagaian besar jalurnya adalah sebuah tanjakan tanoa henti dengan kemiringan yang relatif tinggi. Tapi tenang saja sob, buat kalian yang takut gak kuat atau emang gak suka dengan kegiatan hiking yang panjang ini, disini tersedia jasa ojek becak dorong yang akan membantu kalian dengan cara mendorong kalian yang duduk di becak hingga sampai ke puncak. Untuk menggunakan jasa ini sobat  harus mengeluarkan budget mulai dari Rp 250.000 - Rp 600.000.

Oiya sob, untuk mengunjungi kawah Ijen kalian harus melakukan booking online tiket terlbih dahulu melalui laman https://tiket.bbksdajatim.org/#/ dan untuk informasi tambahan, destinasi ini ditutup setiap jumat kedua awal bulan untuk kegiayan Ijen Rijik.


Kawah Ijen (Ijen Crater)
(Sumber gambar)


1 Response to "5 Destinasi Wisata Alam Bondowoso Paling Eksotis dan Terkenal"

  1. MAntul! Jadi pingin kesana, suka banget sama artikel ini, semngat trus!!😁👍

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed