-->

5 Jenis Mesin Pembuat Kopi Elektrik (Electric Coffee Makers)

5 Jenis Mesin Pembuat Kopi Elektrik (Electric Coffee Makers) - Untuk mencapai kenyamanan dan kecepatan dalam menikmati kopi, telah dibuatkan mesin pembuat kopi otomatis. Mesin ini membutuhkan listrik untuk mengubah kopi menjadi minuman siap minum. Beberapa mesin kopi elektrik juga telah berkembang seiring dengan peradaban yang semakin modern. Berikut adalah beberapa pembuat kopi otomatis atau elektrik yang paling umum digunakan.


1. Mesin esspreso semiotomatis

Jumlah penggemar kopi semakin meningkat setiap tahunnya, perkembangan itu tentunya membuat mesin otomatis terus ikut berkembang dan meningkat. Di banyak bar di kedai kopi, biasanya sering ditemui ada mesin espresso. Mesin ini sangat membantu para barista dalam menyajikan minuman kopi berbasis espresso dengan cepat.

Mesin espresso tersedia dalam beberapa jenis. Mulai dari klasik dan manual, hingga profesional. Harganya pun bervariasi, dari harga satu juta hingga ratusan juta.

Berdasarkan proses kerjanya, ada empat jenis mesin espresso. Keempat tipe tersebut adalah super otomatis, otomatis, semi-otomatis, manual, dan profesional.

Meskipun ada fitur otomatis, barista tetap bisa mengukur, menggiling, dan mengompres kopi sendiri sesuai takaran kesukaan. Berbeda dengan mesin otomatis dimana kopi dapat disajikan tanpa harus mengukurnya dengan teknik tertentu.

Paling tidak, mesin semi otomatis ini memiliki dua tipe. Yang pertama adalah jenis kontrol manual, dimana proses pengambilan kopi dapat dihentikan secara manual sesuai keinginan. Jenis kedua adalah dosis yang dapat diprogram, yang berarti mesin akan berhenti secara otomatis begitu kopi mencapai jumlah yang ditentukan dari awal.




2. Mesin espresso otomatis (bean to cup)

Jika sebelumnya pernah membahas mesin espreso semi otomatis, di mana sobat bisa mencampurkan takaran sendiri, kini saatnya membahas mesin kacang dengan mesin cangkir. Tujuan dari biji kopi ke dalam cangkir adalah dimana proses pembuatan minuman kopi cukup dengan memasukkan biji kopi dan menekan tombol yang terdapat pada mesin.

Mesin ini secara otomatis dapat menggiling, mengompres, dan mengekstrak kopi menjadi espresso. Dengan kata lain, alat ini dapat menggantikan tugas yang biasa dilakukan oleh barista dalam membuat espresso.

Cara menggunakan mesin super otomatis ini sangat mudah. Anda hanya perlu menekan tombol yang tersedia sesuai kebutuhan. Kenyamanan yang ditawarkan oleh mesin kopi espresso ini membuatnya ideal untuk digunakan di rumah.

Rasa yang dihasilkan mesin ini mungkin tidak jauh berbeda dengan kopi besutan seorang barista handal. Namun, sobat tidak akan dapat menjelajahi langkah-langkah dan beberapa teknik lainnya karena hampir semua proses dilakukan secara otomatis.



3. Pod coffee

Mesin pembuat kopi otomatis lainnya yang memiliki desain modern dan merupakan salah satu inovasi dalam dunia kopi adalah coffee pod. Penggunaannya sangat praktis dan tidak rumit karena menggunakan teknologi canggih.

Dalam alat ini, sobat tidak membutuhkan biji kopi atau bubuk kopi untuk diseduh. Namun yang Anda butuhkan hanyalah kapsul kopi sebagai bahan baku yang nantinya akan diproses oleh mesin ini secara otomatis menjadi secangkir kopi. Contoh merk ternama adalah Dolce Gusto dan Nespresso.




4. Perkolator

Perkolator berasal dari kata perkolation yang artinya teknik pembuatan larutan dengan cara menyebarkan pelarut melalui zat terlarut yang kemudian disaring. Diduga, teknik penuangan minuman manual seperti V60, Chemex, dan Vietnam drip merupakan aplikasi dari metode perkolasi.

Awalnya cara memanaskan air dalam perkolator adalah dengan kompor atau kompor. Namun, seiring perkembangan teknologi, perkolator yang lebih sederhana dan lebih otomatis ditemukan, perkolator listrik.

Ampas kopi dimasukkan ke dalam saringan di dalam perkolator yang telah diisi air. Setelah itu baru panaskan air dengan menyalakan perkolator dengan tenaga listrik. Sangat mudah bukan?




5. Filter coffee maker

Mesin pembuat kopi ini dikenal sebagai "drip coffee maker" atau "filter coffee maker". Biasanya digunakan di restoran atau hot

el sebagai penyajian kopi dalam jumlah banyak. Namun, ada juga pembuat kopi kecil yang ditujukan untuk digunakan di rumah.

Cara penggunaannya tentunya terlebih dahulu siapkan jumlah bubuk kopi yang ingin dihidangkan, kemudian masukkan ke dalam wadah kopi yang ada di mesin. Rasio kopi dan air harus diperhatikan. Rasio kopi dan air harus diperhatikan. Masukkan jumlah air yang diinginkan ke dalam tangki pembuat kopi.

Langkah selanjutnya, hidupkan mesin untuk merebus air dan ekstrak kopi. Rata-rata lama proses dalam pembuatan kopi menggunakan mesin ini memakan waktu sekitar 10 menit. Tunggu dan matikan mesin setelah proses selesai.

Pembuat kopi otomatis ini cenderung menurunkan tingkat keasaman kopi. Penggemar kopi yang idealis dengan rasa mungkin tidak kurang menyukai minuman dari mesin ini.



0 Response to "5 Jenis Mesin Pembuat Kopi Elektrik (Electric Coffee Makers)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed