-->

Financial Plan, Pengaturan Jatah Hobi. "Hobi tapi mahal ?"

Financial Plan, Pengaturan Jatah Hobi. "Hobi tapi mahal ?" - Hobi adalah suatu kegiatan yang kerap dilakukan pada waktu tertentu (waktu luang) sebagai bentuk kegemaran dari hal yang disukai. Bisa dikatakan jika melakukan hobi adalah bentuk bagian dari Self Reward yang berhak dimiliki dan dijalani untuk semua orang. Hobi bisa juga membuat passionate kepada pemiliknya, Hobi tiap orang juga tidak semuanya sama, Hobi sendiri bisa berupa dari hal yang sangat sederhana seperti membaca buku dan merawat binatang. Atau juga bisa berupa kegiatan sehari-sehari seperti memasak. Mungkin dari contoh hobi membaca buku dan memasak, pemilik hobi itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar. Namun ada juga hobi yang memerlukan biaya tidak sedikit, contohnya saja mendaki gunung, diving dan sebagainya. Dan ingat juga ungkapan yang berbunyi "mahal atau tidak, itu relatif". Meskipun begitu tidak ada aturan siapapun dilarang atau boleh memiliki suatu hobinya, tidak ada juga batasan yang mengatur batasan seseorang dalam menjalani hobinya. Berbicara tentang hobi yang memerlukan biaya tidak sedikit atau bahkan sangat banyak yang kini kita sebut aja dengan hobi mahal. Seperti contohnya seorang yang hobi bersepeda balap (road bike) menghabiskan puluhan juta untuk sebuah sepeda, seorang gamers yang menghabiskan jutaan rupiah untuk item pada game. 

"Apakah hobi mahal hanya untuk orang kaya?"

Jawabannya adalah "Tidak", semua orang bebas memiliki hobinya masing-masing. Namun tidak semua orang sama dalam pencapaian yang sudah diraih dari hobinya dengan orang lainnya, seperti si A yang baru sanggup membeli sepeda dengan harga 10 juta, sedangkan si B masih sanggup membeli sepeda dengan harga satu jutaan. Selain dari sisi minatnya, hal yang membuat perbedaan itu terjadi adalah nilai ekonomi.

Pengaturan Biaya yang Dikeluarkan Untuk Hobi

Secara sederhana, biaya yang dapat kita keluarkan untuk hobi dapat sobat dapatkan melalui rumus berikut. 



Jadi, dari nilai nominal penghasilan yang sobat miliki, sobat dapat kurangi terlebuh dahulu untuk segala kebutuhan dasar seperti makan, listrik, air, sekolah dsb. Serta jangan luoa sisihkan juga sebagian besar sisa uang sobat untuk tabungan dan asuransi. Jadi sisa uang yang tersisa itu dapat sobat manfaatkan untuk membiayai hobi sobat.

Dengan mengikuti rumus sederhana ini, besar kemungkinan sobat tidak akan mengalami masalah dalam keuangan / ekonomi sobat dan tetap bisa melakukan hobi yang kalian gemari. Kalau sobat masih sering ngeluh dengan pengeluaran dari hobi yang harus sobat keluarkan, maka itu hobi itu bukan hobi yang cocok dengan sobat dengan level finance sobat. Jika dalam keadaan ini, jangan khawatir dan keburu mencari hobi lain kalau sobat masih sangat senang dengan hobi ini, sobat bisa mempermudah masalah sobat dengan berbagai cara misalnya saja sobat bisa cari perlengkapan hobi sobat dengan harga yang murah. 

Meskipun senang dalam melakukan suatu hobi, jangan sambai sobat terlalu menikmati itu dengan abai dengan kewajiban sobat, bisa berbahaya banget. Hobi itu dalah satu bentuk Self Reward, dan apa yang pantas didapatkan oleh diri disesuaikan oleh apa yang kita hasilkan.


0 Response to "Financial Plan, Pengaturan Jatah Hobi. "Hobi tapi mahal ?""

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed