-->

Wisata Seruni Point TNBTS Probolinggo (informasi lokasi, tarif tiket)

Wisata Seruni Point TNBTS Probolinggo
Pemandangan bromo dari seruni point, foto: penulis

Wisata Seruni Point TNBTS Probolinggo (informasi lokasi, tarif tiket) -Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memang menjadi salah satu taman nasional terindah di Indonesia. TNBTS terletak diantara 4 kabupaten di Jawa Timur yaitu, Lumajang, Malang, Probolinggo dan Pasuruan. Taman Nasional ini memiliki beragam destinasi wisata alam yang dapat sobat kunjungi, diantara berbagai destinasi wisata alam disana beberapa spot wisata yang paling terkenal dari TNBTS adalah: Mahameru (puncak tertinggi Jawa), Oro-oro ombo semeru, Ranu Kumbolo, Bromo, desa Ranupani, Ranu Regulo dan Seruni Point.



Terletak di Probolinggo, Seruni Point adalah salah satu tempat wisata tujuan di wilayah sekitar TNBTS yang sangat indah. Meskipun masih menjadi bagian dari TNBTS, Seruni Point tidaklah dikelola langsung oleh pihak BBTNBTS, melainkan dikelola oleh pemkab Probolinggo.

Letaknya tepat diatas bukit terbuka dengan ikon pilar tugu Brawijaya sebagai simbol kerajaan Majapahit dahulu yang berada tepat diarea terbuka diatas lautan pasir Bromo, Seruni Point dapat menjadi wisata tambahan sebelum atau sesudah berkunjung ke Bromo. Berikut Sobat Hiking akan sampaikan informasi seputar destinasi wisata Seruni Point yang pastinya bermanfaat untuk sobat semua.

Lokasi dan Rute Seruni Point


Terletak di desa Ngadisari, Kec. Sukapura di Probolinggo. Dari Probolinggo kota rute termudah adalah dengan melalui Kec. Wonoasih, yang kemudian melalui Jl. Raya Bantara dan hingga tiba di simpang 3 berbelok menuju Jl. Raya Tempuran, dilanjutkan dengan Jl. Raya Sukapura hingga Jl. Raya Bromo.

Perjalanan menuju Seruni Point sebenarnya sudah sangat akurat di google maps, jalannya sama dengan jalur menuju gunung Bromo. Tepat sebelum turun ke lautan pasir gunung Bromo, akan ada simpang 3 dengan arah tujuan belok kiri menuju Bromo dan arah kanan menuju Seruni Point.

Perjalanan Hiking

Jarak tempuh Seruni Point dari Kec. Wonoasih lebih kurang 45 Km dengan jalanan menanjak setibanya di Sukapura dengan landscape ladang dan bukit besar. Namun, untuk menuju ke area Seruni Point yang sebenarnya (puncaknya) sobat masih harus berjalan kaki sekitar 500 m di jalan semen dengan kemiringan sangat miring, kemudian dilanjutkan dengan menyusuri anak tangga sebanyak 250 buah. Jangan khawatir akan kelelahan, sepanjang jalan ini terdapat banyak warung jajahan warga, gazebo istirahat hingga toilet. Belum lagi pemandangan lautan pasir gunung Bromo juga terlihat jelas dari jalanan ini, pastinya rasa lelah kalian akan hilang oleh udara sejuk dan pemandangan yang memanjakan mata disana.

Untuk kalian yang memiliki masalah pernafasan dsb. Yang membuat kalian tidak dapat berjalan/beraktivitas keras, jangan khawatir, karena disini juga ada jasa ojek kuda yang siap mengantar kalian dengan tarif Rp 100.000 untuk sekali jalan.


Wisata Seruni Point TNBTS Probolinggo
Tugu Brawijaya, foto: penulis


Tiket Masuk dan Jam Operasiona
l

Meskipun berada di wilayah TNBTS, karena lokasi ini dipegang kendali oleh pemkab, maka wisatawan yang datang tidak perlu melakukan Booking Online seperti kalian mengunjungi Ranu Kumbolo, gunung Bromo dan Semeru. Tiket Seruni Point dapat di beli secara OTS (On the spot) dengan tarif,

Tiket masuk perorang: Rp 10.000
Retribusi Kendaraan roda 2: Rp 10.000
Retribusi Kendaraan roda 4: Rp 25.000
Dan tarif parkir Rp. 5000 untuk motor (tidak camp) dan Rp. 25.000 untuk motor (camp).

Jam operasionalnya sendiri dibuka 24 jam setiap hari. Namun, penutupan wilayah juga menyesuaikan terhadap keputusan TNBTS dan Pemkab Probolinggo jika terdapat suatu hal seperti erupsi gunung Semeru atau Bromo.

Camp Area dan Penginapan disekitar

Sebenarnya tidak jauh dari Seruni Point sudah terdapat banyak sekali homestay, villa, ataupun hotel yang dapat kalian gunakan untuk menginap seperti SionView dan Lusy Homestay. Rata-rata tarif penginapan disekitar sana berkisar antara Rp. 200.000 - satu juta keatas, tergantng pada lokasi, view dan fasilitasnya.

Untuk kalian penggemar camping, di Seruni Point juga terdapat camp area. Lokasinya berada di bukit sebelah tugu Brawijaya, lebih kurang cuma 50 meter. Jadi, untuk kalian yang hendak berburu foto astrophotografi milky way dan sunrise, berkemah di puncak Seruni Point ini tentunya sangat direkomendasikan.

Namun, disekitar puncak Seruni Point ini tidak terdapat sumber mata air dan penerangan ya, jadi pastikan kalian siapkan berbagai kebutuhan termasuk logistik kalian. Warung-warung warga yang berada di area puncak juga baru dibuka pada saat shubu hari.

Untuk berburu sunrise dengan landscape lautan pasir gunung Bromo dan Cemara Lawang, selain dengan camp si puncak, sonat juga dapat menginap di homestay, villa atau hotel, kemudian saat dini hari kalian berangkat menuju Seruni Point. Pastikan kalian siapkan pakaian hangat, karena udara disini cukup dingin. Bahkan saat tim sobat hiking berkunjunn kemari di bulan Juli 2021, suhu terendah di Seruni Point mencapau 7°c.

Pemandangan Eksotis di Seruni Point

Lokasinya yang kerap dikunjungi wisatawan mulai pagi hingga malam hari memang bukan tanpa alasan, selalu ada keindahan yang menarik di setiap jamnya. Saat pagi hari, pemandangan matahari terbit dengan landscape Cemoro Lawang yang tertutup kabut menjadi incaran pemandangan disini.


Wisata Seruni Point TNBTS Probolinggo
Pemandangan lautan awan, foto: penulis


Saat siang hingga sore hari, pemandangan lautan pasir gunung Bromo dan puncak Mahameru dapat dinikmati disini. Ditambah lautan awan yang ada membuat foto kalian menjadi sangat epic. lokasinya yang minim polusi cahaya juga menjadi nilai tersendiri bagi penggemar astrophotografi.

Fasilitas Wisata

Lokasi Seruni Point yang sudah terkenal pastinya berbagai fasilitas juga sudah disiapkan disini, mulai dari toilet dari parkir area sampai area puncak, camp area, gazebo-gazebo di sepanjang jalur, menara tinggi untuk melihat lautan pasir Bromo, hingga warung-warung warga yang dapat kalian gunakan juga untuk menghangatkan tubuh dari api unggunnya juga ada disini. Oiya sob, warung-warung warga disini baru buka pada pukul 02.00 pagi sampai pagi menjelang siang ya, jadi jangan heran jika pada jam-jam tertentu semua warung tutup.

Tips berkunjung kemari

• karena lokasinya yang berada pada altitude ±2600 mdpl, pastikan kalian menyiapkan pakaian hangat
• bawa air hangat khususnya saat hiking dini hari
• sewa kuda jika dirasa tubuh benar-benar tidak kuat
• tetap jaga kebersihan dan kelestarian disana
• durasi rata-rata pendakian 30 menit - 1 jam, pastikan sepatu kalian juga tidaj licin
• bawa logistik yang cukup, sleeping system yang baik dan tenda yang benar untuk camping

0 Response to "Wisata Seruni Point TNBTS Probolinggo (informasi lokasi, tarif tiket)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed