-->

Ranu Kumbolo, surganya semeru (informasi wisata, tiket, rute)

Ranu Kumbolo, surganya semeru (informasi wisata, tiket, rute) - Kegiatan mendaki gunung adalah salah satu kegiatan outdoor yang sangat digemari oleh semua kalangan,  baik tujuannya untuk rekreasi, piknik, olaraga, fotografi ataupun yang lainnya, kegiatan mendaki gunung akan menawarkan sebuah pemandangan yang indah dari bentangan alam. Tidak luput kemungkinan jika pesona keindahan gunung juga dapat membuat seorang yang tak memiliki basic pendaki mempunyai harapan dan keinginan untuk mengunjunginya.

Kegiatan mendaki di Indonesia juga mengalami peningkatan disetiap tahunnya, apalagi di Indonesia terdapat banyak sekali gunung dengan keindahannya masing-masing. Dianatara gunung-gunung di Indonesia salah satu gunung yang gemar di daki para wisatawan dari dalam ataupun luar negeri adalah gunung semeru 3676 mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dengan puncaknya yang dikenal dengan nama "MAHAMERU".


Ranu Kumbolo, surganya semeru
Sc: LetsGoHiking trip (Ranu Kumbolo)

Disamping puncakbya yang merupakan puncak tertinggi di pulau jawa, satu tempat mendunia lagi yang dikenal di semeru adalah "Ranu Kumbolo". Danau yang berada di ketinggian 2400 mdpl ini merupakan daya tarik tersendiri di gunung semeru. Keindahan alamnya yang mengesankan, ditambah jalur pendakiannya yang relatif mudah membuat tempat ini kerap di kunjungi wisatwan bahkan yangbtidak memiliki basic pendaki sekalipun.

Meskipun demikian, semua tentunya harus memahami beberapa hal dasar terlebih dahulu sebelum pergi mendaki gunung, kali ini LetsGoHikking akan membahas mengenai pendakian menuju Ranu Kumbolo bagi mereka yang tidak memiliki basic pendaki sekalipun agar perjalan kemari dapat berjalan lancar, aman dan menyenangkan.

Deskripsi:
Ranu kumbolo adalah danau kramat dan dianggap suci oleh penduduk sekitar, terutama oleh mereka yang menganut agama Hindu. Ranu Kumbolo berada pada ketinggian 2400 Mdpl (meter diatas permukaan laut). Dimana Ranu Kumbolo juga menjadi salah satu tempat campomg ground bagi pendaki yang hendak menuju puncak semeru sebelum camping ground atau pos Kalimati. Di Ranu Kumbolo terdapat dua bagian tempat luas seperti lapangan yamg dapat digunakan sebagai tempat camping ground pendaki, yang pertama adalah "pamggonan cilik" yang merupakan hamparan agak luas yang berada tepat setelah tanjakan/turunan terakhir di pos 4 pendakian. Dan hamparan luas lainnya berjarak ±80 meter dimana terletak tepat sebelum tanjakan cinta yang juga menjadi ikon unik dari semeru dan tanjakan terakhir sebelum sampai di oro-oro ombo.

Di Ranu kumbolo terdapat shelter bangunan permanen dimana tempat ramger gunung atau tim Saver Semeru dan pihak pengelola melakukan penjagaan wilayah sekitar. Terdapat juga beberapa warung kecil yang menjual berbagao cemilan dan minuman yang di kelola oleh warga sekitar Ranu Pani. Selain itu disini juga sudah tersedia kamar mandi umum yang dapat wisatawam gunakan untuk mengambil air ataupun membersihkan diri, tentunya juga kalian harus membayar dengan seiklashnya pada kotak yang sudah disediakan.

Ranu kumbolo juga berada tepat di tengah-tengah kontur perbukitan, jadi ilustrasinya pada sebuah mangkok, ranu kumbolo merupakan bagian tengah mangkok dan sisi mangkok adalah perbukitan. Oleh sebab itu hembusan angin tentunya menjadi masalah sendiri saat berkemah disini, belum lagi tempat camping ground tidak memiliki pepohonan untuk penahan angin, makanya pada musim tertentu suhu disini juga akan turun drastis dan tak jarang setiap tahunnya akan muncul fenomena salju di Ranu Kumbolo.


Administrasi pendakian:


Pemesanan tiket kunjungan di Ranu Kumbolo hanya bisa didapat melalui booking online dan pembayaran melalui virtual account melalui laman situs TNBTS yaitu [url=https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/ ]Booking Online Semeru[/url] , aturan-aturan di wilayah TNBTS juga sangat ketat demi menjaga kelestarian keanekaragam hayati dan budaya kultural yang ada disana, beberapa peraturan tersebut antara lain dilarang menyalakan api unggun, membuat jalur baru, memasang tanda jalur baru dll, aturan lain pendakian semeru bisa di simak di situs resmi TNBTS. Pendaki dan wisatawan yang hendak mendakipun meskipun hanya ke Ranu Kumbolo, nantinya akan melakukan proses briefing yang dilakukan oleh tim saver semeru di ranu pani. Oiya, harga tiket pendakian semeru termasuk jika hanya ke Ranu Kumbolo adalah sebesar RP 19.000 pada hari biasa dan RP 24.000 saat weekend untuk wisatawan domestik, sementara untuk wisatawan manca negara adalah sebesar RP 210.000 pada weekday dan RP. 310.000 pada weekend dan kuota pendakia nya sendiri yang pada awalnya 600 orang perhari semenjak pandemi covid-19 hamya menjadi 150 orang perhari. Informasi selengkapnya mengenai SOP bisa klik link situs resmi TNBTS diatas ya sob.

Ranu Kumbolo, surganya semeru
Tabel alur administrasi dari lama resmi TNBTS


Aturan adat yang berlaku:

Karena dikenal dengan ranu atau danau religi bagi umat hindu jangan salah jika disini juga terdapat aturan adat, beberapa aturan adat mungkin tidak tertulis pada situs resmi nya, namun nantinya akan dijelaskan pada saat briefing. Aturan adat itu diantaranya:

1. Tidak boleh ada anggota tubuh manapun yang menyentuh air, jadi menggambil air disini pastikan kalian menggunakan alat seperti mangkuk untuk gayung yaa sob.

2. Jarak mencuci adalah 10 meter dari danau, aturan ini untuk kalian yang hemdak mencuci perlengkapan seperti alat masak. Pastikan kalian mencuci perlengkapan itu dengan jarak 10 meter dari danau meskipun kalian mengambil airnya dari danau, hal itu untuk menjaga kebersihan air.

3. Terdapat pohon-pohon keramat yang dibungkus dengan kain kafan, itu adalah batasan jarak bagi pendaki, pastikan kalian jangan melewati batasan tersebut dan tetap menjaganya.

Perjalanan hiking:

Hiking di Ranu Kumbolo juga tergolong hiking dengan durasi yang cukuo panjang dan lama, dengan jarak antara 8-10 km, dengan kontur naik, datar, turun para wisatawan rata-rata membutuhkan waktu 4-4,5 jam dari Ranu Pani untuk sampai di Ranu Kumbolo.

Kondisi tanahnya adalah tanah keras dan tidak berbatu, pastikan sepatu yamg kalian gunakan nyaman untuk berjalan lama. Sepanjang jalan kanan kiri kalian adalah pepohonan dan pada beberapa titik adalah jurang yang cukup dalam, pastikan kalian berhati-hati dalam melewatinya, sebelum sampai di Ranu Kumbolo akan ada 4 pos pendakian yamg masing-masing pos-mya memiliki warung kecil dan penjual yang menawarkan berbagai camilan. Oiyaa sob, untuk sinyal internet hanya ada sampai pos 3 sebelum Ranu Kumbolo dan hanya kartu telkomsel saja ya. Dan lahi jangan takut dan khawatir tersesat ya sob, jalur pendakiannya hanya ada satu jalur dan sangat jelas terbuka seperti jalir pendakian Ijen kok. Bagi kalian yang males mau membawa ransel besar dan berat dengan isi alat pendakian jangan khawatir sob, kalian bisa menggunakan jasa porter dari warga sekitar yang nantinya akan membawakan perlengkapan kalian.

Persiapan sebelum berkunjung ke Ranu Kumbolo

Ini adalah perjalanan yang sudah diimpikan pastikan kalian akan bersenang-senang dwmgan perjalanan ini. Beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum kesini diantaranya:

1. Pastikan Booking Online jauh hari (minimal H-15)
2. Bawa perlengkapan pendakian yang sanggup dengan suhu rendah
3. Hindari alkohol pada H-7 sebelum pendakian
4. Olaraga teratur dari H-15 sampai H-4 pendakian
5. Jaga kesehatan (pola makan, istirahat dan pola hidup lain)

0 Response to "Ranu Kumbolo, surganya semeru (informasi wisata, tiket, rute)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed