-->

"Ranu Regulo" Danau Tersembunyi di TNBTS: 2024 Ada Biaya Camping!

pertanggal 21 Januari 2023 wisatawan yang ada di Ranu Regulo ini dikenakan Harga Tiket Masuk sebesar Rp 19.000 (weekday) dan Rp 24.000 (weekend). sama halnya dengan tiket destinasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru lain, harga tiket tersebut hanya berlaku untuk satu hari saja. Jadi, jika sobat ingin camping berarti perlu membayar 2x lipata (2 hari).
Ranu Regulo, Source Penulis

Kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) memang merupakan kawasan taman nasional yang memiliki berbagai keindahan yang dapat dikunjungi para wisatawan. Taman nasional ini terletak di 4 kabupaten (Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo), bertepat di Lumajang selain sebagai tempat terletakknya basecamp pendakian gunung semeru, dan Ranu Kumbolo yang merupakan danau eksotis. Terdapat satu Ranu (danau) yang juga tak kalah indah untuk dijadikan refrensi kunjungan, namanya "Ranu Regulo".

Ranu Regulo ini ada bersanding dekat dengan Ranu Pani, jaraknya kurang dari 500 meter. Jadi, lokasinya yang berada tidak jauh dari berada tidak jauh dari basecamp pendakian Gunung Semeru ini menjadikan Ranu Regulo juga sering dikunjungi para pendaki untuk beristirahat atau sebagai destinasi tambahan.

Ranu Regulo juga berjarak tidak terlalu jauh dari Pos Jemplang Bromo yang terkenal dengan Bromo Hillside Cafe, jadi danau tersembunyi di TNBTS ini bisa masuk dalam rekomendasi wisata di sekitar Bromo jika sobat pulang dari arah Pos Jemplang.


Informasi Wisata Alam Ranu Regulo

Lokas Ranu Reguulo cukup tersembunyi tapi eksistensinya sudah sangat terkenal, namun seiring berjalannya waktu berbagai perubahan kebijakan pariwisata ditempat ini juga turut berubah, contohnya dulu sobat tidak perlu membayar tiket camping untuk bersantai disini, sedangkan sekarang (2023) wisatawan yang datang kemari telah dikenakan tarif masuk.

Disclaimer: Artikel ini diperbarui pada 20 Januari 2024 dengan update infomrasi wisata terbaru di Ranu Regulo, Lumajang.


Lokasi Wilayah Ranu Regulo 

Lokasi Ranu regulo ini terletak sekitar 200 meter dari basecamp briefing pendakian gunung semeru, dengan melewati jalan paving di depat pos briefing tak sampai 10 menit kalian sudah bisa sampai di Ranu Regulo ini, atau akses lainnya adalah dengan melalui jalan tanah di sebelah kantor desa Ranu Pani, yang nantinya akan membawa kalian ke Ranu Regulo dengan rute memutari danau Ranu Pani terlebih dahulu.

Ranu Regulo adalah danau kecil yang berada di ketinggian 2100 mdpl (meter diatas permukaan laut), ranu regulo juga tidak memiliki ukuran sebesar ranu pani ataupun ranu kumbolo namun ranu regulo adalah salah satu objek ranu yang juga memiliki banyak sekali peminat setiap harinya.

Di ranu Regulo tidak terdapat kamar mandi ataupun tempat pengawasan dari pihak TNBTS hal itu dikarenakan ranu regulo tidak masuk dalam kawasan wisata pendakian di gunung semeru. Camping groundnya sendiri masih tidak dijelaskan (tidak ada arahan), jadi wisatawan dapat mendirikan tenda di tempat manapun selagi bisa dan bukan merupakan jalan yang dilalui. 

Meskipun bebas menentukan camp groundnya berdasar pengalaman penulis yang sudah 7 kali berkunjung kesana, menurutku total campground nya sendirki tak lebih hanya dapat menampung kurang dari 25 Tenda Pendaki dengan lokasi favorit wisatawan di area dermaga danau dimana tempat tersebut memiliki pepohonan yang lebih tertutup sehingga lebih aman dari angin dan hujan.

Ranu regulo juga dikenal dengan suhunya yang juga bisa drop turun drastia hingga bersalju pada musim tertentu, uniknya lagi disini juga terdapat dermaga kecil yang dapat dijadikan tempat swa foto dan papan keramik bertuliskan "papan vandalisme" yang disediakan sebagai tempat khusus untuk pengunjung mencorat-coretnya.


Harga Tiket Ranu Regulo

Wisatawan di Ranu Regulo sebelumnya tidak perlu membayar tiket masuk untuk datang kemari, namun kini pertanggal 21 Januari 2023 wisatawan yang ada di Ranu Regulo ini dikenakan Harga Tiket Masuk sebesar Rp 19.000 (weekday) dan Rp 24.000 (weekend). sama halnya dengan tiket destinasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru lain, harga tiket tersebut hanya berlaku untuk satu hari saja. Jadi, jika sobat ingin camping berarti perlu membayar 2x lipata (2 hari). 

Untuk membeli tiket masuk Ranu Regulo sobat tidak perlu melakukan Booking Online seperti saat akan berwisata di Gunung Bromo atau Gunung Semeru. Tidak perlu lagi bingung atau khawair kehabisan kuota, sobat tinggal datang saja dan membeli tiket secara langsung di Ranu Pani.

Harga tiket tersebut juga telah men-cover asuransi kecelakan pengunjung di Ranu Regulo. Selain tiket masuk, sobat juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk parkir sepeda motor mulai Rp 5.000/hari dan Rp 10.000/hari untuk mobil.

oiya sob, kalau kalian tidam suka berkemah tapi ingin menikmati embun pagi di ranu regulo jangan khawatie, karena disekitar sini sudah banyak homestay, bahkan homestay terdekat berjarak ±150 meter dari ranu regulo dan harganya sendiri juga sangat terjangkau loh sob, hanya berkisar 250-450 permalamnya.


Lokasi Ranu regulo ini terletak sekitar 200 meter dari basecamp briefing pendakian gunung semeru, dengan melewati jalan paving di depat pos briefing tak sampai 10 menit kalian sudah bisa sampai di Ranu Regulo
Jalan menuju Ranu Regulo, dok. sobat hiking


Mitos Ranu Regulo

Sebagai tempat yang masih berada di alam tentunya bukan hal asing lagi jika adanya suatu mitos yang berkembang. Mitos yang beredar di sini dan kerap ditakuti banyak wisatawan adalah adanya sosok nenek tua pencari kayu yang sering membuat pengunjung takut karena sifatnya yang tiba-tiba muncul dan pergi dan kerap membuat suara misterius di sekitar camp site.

Sebenernya kalau ngomongin soal nenek yang misterius itu bukanlah sosok misteri

us ya sob. Banyak warga sekitar yang sudah berusia tua memang kerap mencari kayu di sekitar sana, untuk bahan bakar tumang (kompor tradisional) karena di wilayah Ranu Pani masih banyak yamg menggunakannya. 

Terkait situasi yang tiba-tiba datang dan pergi dengan cepat juga sebenarnya karena di ranu regulo masih banyak tumbuhan semai dan pepohonan sehingga tentunya sering kali sudah tidak terlihat saat bergerak masuk ke titik buta. Dan lagi suara misterius itu juga bukan misteri lagi ya sob, namanya orang cari kayu ya tentu bersuara seperti misterius lah apalagi kalau di tengah hutan yamg hening hehe.



Ranu Regulo menjadi salah satu destinasi di Taman Naisonal Bromo Tengger Semeru yang memiliki keindahan alam menkajubkan dan menjadi rekomendasi tempat camping terbaik di Lumajang. Sobat tidak perlu mendaki atau berjalan jauh untuk sampai ke camping area Ranu Regulo. Jadi, destinasi ini juga sangat ramah bagi sobat yang ingin berwisata membawa anak-anaka sekalipun.

Rekomendasi tempat camping di lumajang! dulu camping disini saat sebelum/sesudah pendakian Semeru, enak banget buat santai. Jalan hanya 5 menit, pemandangan bagus, camp area juga bersih. Saat Pagi hari bisa lihat pemandangan uap air di danaunya- Sobat Hiking

0 Response to ""Ranu Regulo" Danau Tersembunyi di TNBTS: 2024 Ada Biaya Camping!"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed