-->

"Ranu Regulo", Danau indah tersembunyi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

"Ranu Regulo", Danau indah tersembunyi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


ranu regulo taman nasional bromo tengger semeru
Ranu Regulo, dok. LetsGoHiking


Kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) memang merupakan kawasan taman nasional yang memiliki berbagai keindahan yang dapat dikunjungi para wisatawan. Taman nasional ini terletak di 4 kabupaten (Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo), bertepat di Lumajang selain sebagai tempat terletakknya basecamp pendakian gunung semeru, dan Ranu Kumbolo yang merupakan danau eksotis. Terdapat satu Ranu (danau) yang juga tak kalah indah untuk dijadikan refrensi kunjungan.  Kali ini penulis akan membahas informasi mengenai Ranu Regulo yang dapat menjadi pilihan dan refrensi wisata di kawasan TNBTS.

ranu regulo taman nasional bromo tengger semeru
Ranu Regulo, dok. sobat hiking

Letak wilayah Ranu Regulo

Ranu Regulo adalah danau kecil yang berqda di ketinggian 2100 mdpl (meter diatas permukaan laut), ranu regulo juga tidak memiliki ukuran sebesar ranu pani ataupun ranu kumbolo namun ranu regulo adalah salah satu objek ranu yang juga memiliki banyak sekali peminat setiap harinya. Ranu regulo ini terletak sekitar 200 meter dari basecamp briefing pendakian gunung semeru, dengan melewati jalan paving di depat pos briefing tak sampai 10 menit kaliam sudah bisa sampai di Ranu Regulo ini, atau akses lainnya adalah dengan melalui jalan tanah di sebelah kantor desa Ranu Pani, yang nantinya akan membawa kalian ke Ranu Regulo dengan rute memutari danau Ranu Pani terlebih dahulu.

Di ranu Regulo tidak terdapat kamar mandi ataupun tempat pengawasan dari pihak TNBTS hal itu dikarenakan ranu regulo tidak masuk dalam kawasan wisata pendakian di gunung semeru. Camping groundnya sendiri masih tidak dijelaskan (tidak ada arahan), jadi wisatawan dapat mendirikan tenda di tempat manapun selagi bisa dan bukan merupakan jalan yang dilalui. Meskipun bebas menentukan camp groundnya berdasar pengalaman penulis yang sudah 7 kali berkunjung kesana, menurutku total camp site nya sendirk tak lebih hanya dapat menampung kurang dari 25., Maybe.

Ranu regulo juga dikenal dengan suhunya yang juga bisa drop turun drastia hingga bersalju pada musim tertentu, uniknya lagi disini juga terdapat dermaga kecil yang dapat dijadikan tempat swa foto dan papan keramik bertuliskan "papan vandalisme" yang disediakan sebagai twmpat khusus untuk pengunjung mencorat-coretnya.


ranu regulo taman nasional bromo tengger semeru
Pete pesebaran homestay, dok. sobat hiking

Administrasi Ranu Regulo

Karena ranu regulo tidak masuk bagian dalam wilayah wisata pendakian taman nasional bromo tengger semeru, jadi tidak ada htm atau tiket masuknya sendiri. Jadi pengunjung yang hendak berkunjung kemari hanya harus membayar retribusi parkir kendaraan dengan harga RP. 10.000 untuk sepeda motor, dan RP 20.000 untuk mobil.oiya sob, kalau kalian tidam suka berkemah tapi ingin menikmati embun pagi di ranu regulo jangan khawatie, karena disekitar sini sudah banyak homestay, bahkan homestay terdekat berjarak ±150 meter dari ranu regulo dan harganya sendiri juga sangat terjangkau loh sob, hanya berkisar 250-450 permalamnya.

ranu regulo taman nasional bromo tengger semeru
Jalan menuju Ranu Regulo, dok. sobat hiking


Mitos Ranu Regulo

Sebagai tempat yang masih berada di alam tentunya bukan hal asing lagi jika adanya suatu mitos yang berkembang. Mitos yang beredar di sini dan kerap ditakuti banyak wisatawan adalah adanya sosok nenek tua pencari kayu yang serinh membuat pengunjung takut karena sifatnya yang tiba-tiba muncul dan pergi dan kerap membuat suara misterius di sekitar camp site. Sebenernya kalau ngomongin soal nenek yang misterius itu bukanlah sosok misterius ya sob. Banyak warga sekitar yang sudah berusia tua memang kerap mencari kayu di sekitar sana, untuk bahan bakar tumang (kompor tradisional) karena di wilayah Ranu Pani masih banyak yamg menggunakannya. Terkait situasi yang tiba-tiba datang dan pergi dengan cepat juga sebenarnya karena di ranu regulo masih banyak tumbuhan semai dan pepohonan sehingga tentunya sering kali sudah tidak terlihat saat bergerak masuk ke titik buta. Dan lagi suara misterius itu juga bukan misteri lagi ya sob, namanya orang cari kayu ya tentu bersuara seperti misterius lah apalagi kalau di tengah hutan yamg hening hehe.



0 Response to ""Ranu Regulo", Danau indah tersembunyi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed