-->

Cara Booking Tiket Bromo 2023: Harga Tiket dan Aturan Wisata

Wisatawan Gunung Bromo wajib Booking Online Tiket Bromo. Harga Tiket Masuk Gunung Bromo Rp 29.000-Rp 34.000/orang, jika sobat berkemah di Bromo harus membayar2x lipat.
Foto Bukit Teletublis Guung Bromo

Salah satu wisata gunung paling popular di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Destinasi ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Meskipun sebagai gunung yang terkenal, rupanya banyak juga wisatawan yang tidak memahami regulasi wisatawan di Gunung Bromo bahkan sesederhana tidak mengetauhi jika tiket Bromo wajib Booking Online.

Wilayah TNBTS membentang luas meliputi Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang. Oleh sebab itu akses menuju Bromo juga memiliki lebih dari satu jalan, antara lain: Cemoro Lawang (Probolinggo), Coban Trisula (Malang), Penanjakan (Pasuruan), dan Senduro (Lumajang).

Sobat ingin liburan ke Bromo? Yuk pahami dulu ketentuan berwisata di Bromo.


Cara Booking Tiket Bromo

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Bromo wajib untuk memesan tiket online melalui website resminya. Berikut langkah-langkah cara booking online tiket Gunung Bromo:

  1. Masuk ke laman https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org/, kemudian klik "Booking Sekarang";
  2. Baca dan pahami segala peraturan, larangan, kemudian isi checklist persyaratan lalu klik "Daftar";
  3. Pilih bulan dan tahun kapan sobat akan datang, pilih juga opsi tujuan. Untuk opsi tujuan dapat kalian isikan bebas sesuai dengan ketesediaan kuota. Jika sudah, klik pada angka berwarna hijau yang menandakan kuota wisatawan pada tanggal tertentu, tanggal tersebut menjadi waktu sobat berkunjung;
  4. Pilih pintu masuk kalian, jenis kendaraan serta berbagai form data lainnya. Jika sobat akan camping di Bromo pastikan menyesuaikan tanggal kunjungan antara waktu berangkat dan waktu pulang. Tiket Bromo hanya berlaku 1x24 Jam, jadi bagi sobat yang ingin berkemah di Bromo harus membayar 2 tiket;
  5. Isikan data anggota, jadi data sebelumnya adalah data ketua kelompok;
  6. Isikan bank tujuan untuk pembayaran, kemudian klik “Kirim”;
  7. Sobat akan diberikan virtual account yang berisi nominal pembayaran, batas waktu pembayaran maksimal 2 Jam dari pengiriman form;
  8. Setelah sobat menyelesaikan pembayaran, silahkan refresh halaman tersbeut dan otomatis sobat akan mendapat code QR. Silahkan nanti tujukan QR tersebut ke pos pemeriksaan untuk selanjutnya akan dicetak tiket fisik dan menjadi bukti di gerbang masuk Bromo.



Berapa Harga Tiket Gunung Bromo

Harga tiket masuk wisatawan nusantara di Gunung Bromo adalah sebesar Rp 29.000/orang saat weekday dan Rp 34.000/orang saat weekend, Sementara untuk wisatawan asing tiket masuknya sebesar Rp 220.000-Rp 320.000. Harga tiket masuk berlaku untuk 1 hari saja, jadi untuk harga berkemah di Bromo akan dikenakan tarif 2x lipat (2 Hari).

Selain tiket masuk, wisatawan juga perlu membayar biaya retribusi kendaraan sebesar Rp 1.500-Rp 50.000 tergantung jenis kendaraan. Berikut adalah data tarif kendaraan wisatawan di Gunung Bromo:

  • Rp 50.000: Mobil roda enam
  • Rp 10.000: Mobil roda empat
  • Rp 5.000: Sepeda motor
  • Rp 2.000: Sepeda
  • Rp 1.500: Kuda

Bolehkah ke Bromo Membawa Mobil Pribadi?

Sobat tidak boleh membawa mobil ke lautan pasir Gunung Bromo, jadi jika sobat membawa mobil pribadi dari rumah, kalian dapat parkirkan dan menyewa jeep atau motor trail. Aturan tersebut telah ditetapkan pada Surat Keputusan Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru nomor SK.88/21/BT.1/2012 tanggal 20 Desember 2012 tentang Pengaturan Transportsi Kendaraan Roda-4 di Kawasan Laut Pasir, yaitu:

  1. Kendaraan roda-4 yang akan memasuki kawasan Laut Pasir melalui Cemorolawang dibatasi sampai dengan Pintu Masuk Cemoro Lawang (Ngadisari, Probolinggo; untuk yang melalui Wonokitri dibatasi sampai dengan Pintu Masuk Wonokitri (Tosari, Pasuruan); dan untuk yang dari arah Lumajang dan Malang dibatasi sampai dengan Jemplang/ Desa Ngadas;
  2. Pengaturan transportasi kendaraan roda-4 menuju kawasan Laut Pasir disediakan oleh Paguyuban Jeep dari masing-masing pintu masuk;
  3. Pengecualian pemberlakuan keputusan dikeluarkan atas kepentingan kedinasan ;
  4. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan akan diadakan peninjauan kembali sebagaimana mestinya.


Bolehkah ke Bromo Pakai Sepeda Motor Matic?

Tidak ada aturan secara resmi tentang larangan wisatawan yang membawa sepeda motor matic ke Gunung Bromo, bahkan wisatawan yang membawa matic di Bromo cukup banyak. Meskipun tidak ada larangan resmi namun sobat usahakan untuk jangan membawa/menggunakan motor matic saat ke Bromo dengan alasan faktor keamanan.

Jalur menuju gunung Bromo yang menanjak dan menurun terjal tentu akan sangat berbahaya untuk dilalui motor Matic, kampas res dapat panas terbakar hingga terjadi rem blog. Kasus kecelakaan motor matic yang rem-nya blong juga sering terjadi setiap tahunnya di Bromo.

Jika sobat memang tidak ada opsi motor selain matic berikut tips dan rekomendasi yang dapat sobat lakukan:

  • Sewa motor trail
  • Tidak berboncengan
  • Gunakan jasa Ojek, terutama bagi kalian yang datang berboncengan dan akan pulang melalui Pasuruan dan Lumajang.


Waktu Terbaik Untuk Datang ke Bromo

Waktu terbaik untuk berlibur di Bromo adalah ketika musim panas. Bukan hanya menghindari hujan dan badai di perjalanan, saat musim panas sobat akan dapat menikmati Bromo dengan jelas tanpa tertutup kabut sepanjang hari serta jika beruntung kalian dapat menyaksikan fenomen embun es di Gunung Bromo yang nampak seperti salju.

Sobat dapat lihat pemandangan Gunung Bromo ketika musim hujan di menit akhir video youtube diatas.

Harga tiket masuk wisatawan nusantara di Gunung Bromo adalah sebesar Rp 29.000/orang saat weekday dan Rp 34.000/orang saat weekend, Sementara untuk wisatawan asing tiket masuknya sebesar Rp 220.000-Rp 320.000. Harga tiket masuk berlaku untuk 1 hari saja, jadi untuk harga berkemah di Bromo akan dikenakan tarif 2x lipat (2 Hari).
Lautan Pasir Gunung Bromo


Wisata di Sekitar Gunung Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki banyak sekali tempat yang dapat sobat kunjungi untuk berwisata. Di area sekitar Gunung Bromo sendiri banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan, berikut diantaranya:

Wisata di Sekitar Gunung Bromo via Senduro (Lumajang)

Wisata di Sekitar Gunung Bromo via Coban Trisula (Malang)

  • Coban Trisula 
  • Coban Bidadari 
  • Coban Pelangi 
  • Air Terjun Ringin Gantung

Wisata di Sekitar Gunung Bromo via Penanjakan (Pasuruan)

  • Penanjakan Bromo
  • Spot Sunrise Bromo
  • Bukit Perahu view Point

Wisata di Sekitar Gunung Bromo via Cemoro Lawang (Probolinggo)

  • Seruni Point
  • Air Terjun Madakaripura
  • Jembatan Kaca
  • King kong hill
  • Mentingen Hill

Berwisata ke Bromo sangat menyenangkan, meski tiketnya cukup mahal tapi keindahan di sini memang epic banget. Kalau datang pas musim panas enaknya dapat pemandangan bagus, tapi gaenaknya jalannya pasir bisa bikin motor susah jalan. Kalau dating pas musim hujan, jalanan di lautan pasir emang lebih enak, tapi viewnya kurang dapet…Di tengah kawasan Bromo nanti ada kek pasar, ada toilet Rp 5.000, banyak warung juga, kemaren beli aqua sedang disana Rp 10.000, jadi siapin uang kecil buat jajan.-Penulis Sobat Hiking


0 Response to "Cara Booking Tiket Bromo 2023: Harga Tiket dan Aturan Wisata"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed