-->

Informasi Pendakian Puncak Mahameru Gunung Semeru

Puncak Gunung Semeru atau Mahameru berada di ketinggian 3676 mdpl
Tim Pendaki Sobat Hiking di Puncak Gunung Semeru


Informasi Pendakian Puncak Mahameru Gunung Semeru-Puncak Mahameru merupakan julukan dari puncak tertinggi gunung Semeru yang memiliki altitude level hingga 3676 Mdpl. Sebagai salah satu bagian dari Seven Summits Indonesia,  tentu saja gunung ini menarik perhatian para pendaki.

Gunung Semeru sendiri semakin famous setelah tayangan film 5 cm yang menggambarkan betapa susahnya pendakian menuju puncaknya, meskipun pada kenyataannya pendakian ke Semeru tidak seperti yang ditampilkan. Eits, namun tetap saja pendakian ke puncak Mahameru ini sangat berbahaya ya, jadi sobat perlu sangat berhati-hati, bayangkan saja setiap tahunnya ada saja kecelakaan gunung yang terjadi dalam rute menuju puncaknya.

Meskipun memiliki keindahan yang menakjubkan, pendakian gunung Semeru juga cukup terkenal karena administrasi yang sangat ketat, tentu saja ini ditujukan untuk menjaga kelestarian alam dan menjaga keselamatan pendaki. Dalam pendakian di gunung ini, pendaki hanya dibatasi waktu maksimal pendakian 4 hari, sementara rata-rata waktu yang dibutuhkan pendaki dalam mencapai puncak adalah 3 hari 2 malam. 

Ya memang ada saja pendaki yang bisa melakukan pendakian ke puncak dalam 2 hari 1 malam saja, namun penulis tidak merekomendasikan kalian untuk mencobanya karena alasana keamanan dan kenyamanan. Jujur saja Semeru itu sangat spektakuler, well terburu-buru disini akan membuat perjalanan kalian kurang menyenangka.

Sebagai salah satu pendaki yang pernah menginjakan kaki di Puncak Mahameru, penulis ingin sedikit berbagi pengalaman informatif yang mungkin dapat membantu perjalanan pendakian sobat disini. Singkat cerita penulis bersama tim Sobat Hiking kala itu melakukan pendakian dengan total 3 Hari 2 Malam dan pendakian ini dilakukan pada sebelum waktu-waktu penutupan waktu pendakian Semeru, jadi mohon maaf jika nanti ada ketidak sesuaian dengan pendakian dimasa kini. 

Btw disini penulis tidak akan membagikan cerita pendakian kok alias berfokus pada informasi penting saja, well jangan lewatkan setiap katanya ya.



Management dan Persiapan Pendakian Gunung Semeru

Persiapan pendakian ke Gunung Semeru kami lakukan dalam kurun waktu lebih dari satu bulan. Untuk menunjang keberhasilan dan keselamatan pendakian sebagai leader pendakian saya memberikan arahan dan membuat schedule latian fisik yang harus dilakukan.

Latian fisik tersebut meliputi olaraga ketahanan otot kaki dan pernafasan yang dilakukan minimal 1 minggu 3x sampai dengan H-3 pendakian untuk selanjutnya mengistirahatkan badan. 

Selain persiapan fisik selanjutnya kami mulai melakukan management perlengkapan, perbekalan dan mencatat prakiraan cuaca kondisi termasuk tekanan udara, suhu dan kelembapan yang akan datang dalam pendakian kami. Untuk data prakiraan cuaca kami menggunakan bantuan website AccuWeather. Meskipun tidak 100% akurat rupanya keakuratan data yang kami dapat masih diatas 80% dan sangat membantu.

Dari hasil yang didapat kami juga menentukan schedule pendakian mulai dari jam pendakian, perkiraan tiba, dan lain sebagainya. Yaa mungkin terkesan tidak bebas dan terkejar waktu, tapi tenang saja data tersebut hanya menjadi patokan saja, alias dibentuk dengan mempertimbangkan waktu rehat, makan dan foto-foto yang cukup, alias kami tidak menjadikannya patokan yang harus terpenuhi.

Karena kami menggunakan konsep konvensional dan bukan Pendakian Ultralight jadi kami juga melakukan management secara bersama untuk membagi beban perlengkapan kelompok seperti tenda, cooking tools, dan logistik lainnya.

Oiya sebelum melakukan pembagian logistic kami juga mencatat total kebutuhan kalori untuk kegiatan outdoor (kegiatan berat) terlebih dahulu, selanjutnya pencatatan perbekalan mulai dari jenis, total, dan berat logistic serta juga mencatat daftar sajian makanan dalam pendakian.

Jadi simpulannya diluar urusan administrasi pendakian dalam management persiapan pendakian gunung Semeru ini ada beberapa point penting yang kami lakukan, yaitu:

  1. Latihan fisik
  2. Pencatatan dan pembagian logistik serta perlengkapan pendakian 
  3. Membuat data perkiraan kondisi
  4. Membuat perencanaan konsumsi dan schedule perjalanan (camping ground, waktu hikng/summit)


Perlengkapan Pendakian Puncak Gunung Semeru

Dalam prosedur pendakian Semeru memang perlengkapan pendakian yang memenuhi standart juga telah diatur dalam tata tertib pendaki. Bahkan sering kali relawan Saver juga melakukan aktivitas bongkar carrier untuk mengecek langsung perlengkapan pendaki.

Berikut adalah daftar perlengkapan pendakian yang tim Sobat Hiking (5 Pendaki) gunakan saat perjalanan ke Semeru:

  1. Tenda Eiger Replacement (1)
  2. Tenda Consina Superlight (1)
  3. Carrier (perorang)
  4. Sleeping Bag (perorang) *wajib
  5. Termal Blanket (1)
  6. Mini stove/kopor portable (1)
  7. Cooking set (1)
  8. Walkie Talkie (1) terhubung ke frekuensi basecamp
  9. Perlengkapan makan (perorang)
  10. Pakaian Pendakian (Baselayer, Mid Layer, Outter, Sepatu, buff, topi dsb.)
  11. Matras (perorang)
  12. Tabung Gas (3)
  13. Penerangan (perorang)
  14. Weebing dan prusik

Perbekalan dan berbagai perlengkapan individu lain seperti trekking pole, powerbank dll tidak penulis catat.


Durasi Pendakian Pendakian Gunung Semeru

Tim Sobat Hiking melakukan pendakian ke Puncak Semeru dalam waktu 3 hari 2 malam dengan terhitung titik mulai di basecamp Ranupani. Berikut adalah estimasi perjalanan pendakian ke puncak Mahameru:

  1. Basecamp-Ranu kumbolo : 4 Jam (Dilanjutkan camping malam pertama di Ranu Kumbolo)
  2. Ranu Kumbolo-Kalimati : 3 Jam (Dilanjutkan camping malam kedua di Kalimati)
  3. Kalimati-Mahameru : 7 Jam (Summit pada pukul 1 malam)
  4. Mahameru-Kalimati : 3 Jam 
  5. Kalimati-Basecamp: 6 Jam 

Bagi sobat yang ingin mendaki dengan durasi 3 hari 1 malam sebenarnya ada opsi untuk berangkat pagi dari basecamp sehingga kalian dapat tiba di Kalimati di hari pertama dan dapat langsungmelakukan summit, namun resikonya tentu pada perjalanan summit yang mungkin terasa sangat berat. Sisi baiknya adalah perjalanan pulang selesai summit kalian masih dapat waktu istirahat yang panjang dan dapat berleha-leha di Ranu Kumbolo tanpa terburu jadwal akhir tiket.

Sementara schedule pendakian tim Sobat Hiking tersbeut dilakukan karena pendakian dari basecamp yang dimulai siang hari menjelang sore. Akibatnya pasca pendakian ke puncak tim terasa terkejar waktu untuk batasan tiket, dan benar saja tim saat itu tiba di loket pendakian lewat pukul 4 sore alias jam tutup tiket. Jadi tim memutuskan untuk camping disekitar Ranu Regulo dan Ranu Pani untuk menunggu esok paginya loket dibuka.

Pendaki di Puncak Gunung Semeru dengan ketinggiam 3676 mdpl
Pendaki Sobat Hiking di Mahameru, Puncak Gunung Semeru


Tata Tertib dan Peraturan Pendakian

Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menerapkan banyak sekali tata terin dan peraturan pendakian di Gunung Semeru. Hal ini tentu saja ditujukan untuk menjaga kelestarian area konservasi dan untuk keselamatan wisatawan. 

Selain itu saat sebelum melakukan pendakian, para pendaki juga diwajibkan untuk melakuka briefing yang dilakukan petugas. Briefing ini berisi pengarahan dan memberikan penekanan ulang mengenai apa saja yang boleh dan tidak untuk dilakukan. 

Sobat dapat melihat rangkaian tata tertib dan peraturan pendakian di link berikut: http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/index/blog . Disamping aturan tersebut, sobat juga akan mendapat pemberitauhan tentang aturan adat yang ada saat briefing seperti penjelasan pepohonan yang diselimuti kain kavan dan para wisatawan tidak diperkenankan merusaknya.


Total Biaya Pendakian Gunung Semeru

Banyak open trip Semeru yang menawarkan paket pendaikan mulai dari 600 ribu untuk mencapai puncak Mahameru. Tapi sebenarnya berapa sih biaya yang dibutuhkan jika kita mendaki tanpa menggunakan guide/porter/paket wisata lainnya.

Disini penulis akan melampirkan total pengeluaran selama pendakian di Semeru dalam 3 hari 2 malam, tetunya data ini tidak secara keseluruhan alias data transportasi perjalanan dan rangkaian pengeluaran makan tidak penulis cantumkan.

  1. Tiket pendakian: Rp 19.000/orang/hari saat weekday, dan Rp 24.000/orang/hari saat weekend.
  2. Surat sehat dari puskesmas sebagai syarat wajib : Rp 10.000 
  3. Logistik (share cost)

Bagaimana? Tertarik untuk mendaki ke Puncak Mahameru? Sebelum sobat membulatkan niat untuk datang pastikan sobat mengetauhi terlebih dahulu jika sebenarnya batas wilayah pendakian pendakian di Semeru itu hanya sampai di Kalimati. Jadi, jika sobat memaksakan melanjutkan pendakian ke puncak maka sobat akan harus siap mendapat konsekuensi asuransi dicabut.

Saat berada di puncak, batas waktu maksimal adalah pukul  9 pagi, diatas itu tidak diperbolehkan lagi ada pendaki yang ada di area puncak karena sangat berbahaya bagi keselamatan. Di puncak Mahameru juga terdapat tower pengawas aktivitas vulkanik, pastikan sobat tidak mendekatinya.

Jika hendak menuju ke puncak sobat juga perlu pertimbangkan dengan matang perbekalan dan management air yang cukup, penulis menyarankan setidaknya perorang membawa 2 liter air dengan sebagian air hangat, bawa camilan seperti gula, madu (hindari camilan pedas dan kering), dan untuk perengkapa usahakan menggunakan buff, kacamata, trekking pole dan lampu senter yang terang dengan jangkauan luas.

Puncak Mahameru memang menjadi impian para pendaki, namun sobat perlu ingat jika keselamatan pendakian menjadi prioritas. Pastikan kalian tidak terlalu bernafsu untuk menggapai puncak gunung Semeru hingga melupakan keselamatan diri sendiri ataupun orang lain.


0 Response to "Informasi Pendakian Puncak Mahameru Gunung Semeru"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed