-->

Situ Gunung Sukabumi: Uji Adrenalin di Suspension Bridge

Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer di Sukabumi, Jawa Barat
Dokumentasi penulis


Jembatan Gantung Situ Gunung dan Curug Sawer (Informasi Wisata, Lokasi dan Toket) - Taman Nasional Gede Pangrango menjadi salah satu TN paling ramai didatngi wisatawan di Indonesia dan memiliki berbagai keindahan yang dapat ditelusuri seperti jembatan yang punya panjang ±250 meter dan lebar 2 meter, namanya adalah "Suspension Bridge of Situ Gunung / Jembatan gantung Situ Gunung". 

Jembatan yang membentang melewati jurang yang dalam serta dengan panjang seperempat kilometer ini berada diketinggian altitude ±950 mdpl. Daya trik wisata ini tidak selesai hanya sampai sini saja, setelah melewati jembatan gantung yang sangat panjang ini sobat dapat menemui lokasi wisataa eksotis lainnya seperti Curug Sawer dan danau Situgunung. 

Ingin tau lebih banyak tentang destinasi Situ Gunung? Berikut adalah rangkumannya.

Petunjuk Berwisata di Jembatan Gantung Situ Gunung

Sebagai salah satu destinasi yang berada tidak terlalu jauh dari Jakarta tentunya Situ Gunung dapat masuk dalam daftar perjalanan untuk berlibur meninggalkan keramaian ibu kota. Jembatan Situ Gunung sendiri memang sangat populer bahkan ke penjuru dunia, tak jarang disini banyak pelancong dari luar negeri yang datang. 

Lokasi dan Rute Jembatan Gantung Situ Gunung

Alamat Situ Gunung ini ada di Sukamanis, Kec. Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika sobat berangkat dari arah Jakarta menuju Sukabumi nantinya sobat akan mendapati papan nama besar Situ Gunung nahh dari situ lurus saja, sampai melewati daerah Kududampit sebelum memasuki kawasan Situ Gunung, akan ada papan nama wisata Cinumpang di sebelah kanan. Ini adalah jalur pertama untuk menuju curug.  Jalur disitu cukup mudah kalian hanya harus berjalan lebih kurang 1 jam atau bisa menggunakan ojek yang ada disitu untuk menuju curug.

Untuk dari arah timur sendiri apalagi jika sobat seorang railfans kalian dapat menuju ke stasiun Cisaat nahh dari situ kalian bisa gunakan jasa ojek pangkalan ataupun sewa angkot yg harganya ±150.000 untuk 8 orang, kemudian untuk kalian yang hobby touring / ridding untuk menuju lokasi kalian dapat menjadikan polsek cisaat sebagai patokan utama karena dari situ jalan sudah jelas.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta pastinya dapat masuk dalam list perjalanan liburan sobat yang tinggal di Ibu Kota jika bosan dengan wisata-wisata di Puncak Bogor seperti Gunung Pancar Sentul, atau kolam air panas Tirta Sanita Ciseeng.



Harga Tiket Jembatan Gantung Situ Gunung

Harga tiket Situ Gunung kini ada dua jenis berbeda, pertama adalah tiket untuk wisatawan rekreasi (tanpa menginap) tarifnya Rp 16.000 saat weekday dan Rp18.500 saat weekend. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin berkemah, akan dikenakan biaya sebesar Rp 24.000 saat weekend dan Rp 29.000 saat weekday.

Harga camping di Situ Gunung memang terkesan sangat murah, bahkan pengelolahan wisata telah menyediakan berbagai paket perkemahan baik untuk pelajar atau umum dengnan harga dan fasilitas yang menarik.

Untuk menikmati trekking di jembatan gantung, wisatawan akan dikenakan tarif kembali dengan pembagian tiga kelas berbeda yaitu tiket seharga Rp 50.000, Rp 75.000 dan Rp 100.00. untuk tidak Rp 50 ribu ini sobat akan medapat pengalaman trekking dengan jalur lebih panjang dan pulang-pergi melalui Suspension Bridge. Jadi sangt cocok buat kalian yang ingi menikmati pemandangan hutan lebh lama. Sedangkan untuk dua paket lainya adalah melalui jalur trekking pendek dan landai, dari loket ke jembatannya juga diantar menggunakan mobil/ojek.


Fasilitas Wisata Situ Gunung

Fasilitas Situ Gunung Sukabui memang terbilang sangat lengkap. Bahkan pengelolahannya mengklaim jika destinasi ini mengutamkan fasilitas agar wisatawan dapat merasa aman dan nyaman. Sebagai wist outdoor tempat ini memang menawarkan berbagai keseraun, mulai dari caping, menguji adrenalis di Jembatan gantung, dan menikmati pemandangan indah, segar, sejuk serta jauh dari hiruk piruk ibu kota.

Pelayanan dan fasilitas yang ada dari wisata ini mulai dari pelayanan reservasi 24 jam setiap hari, Wi-Fi gratis untu wisatawan dibeberapa titik, warung dan kafe dengan sajian khas Situ Gunung, camping ground lengkap dengan campfire area, toilet, dan trip rakit di danau Situ Gunung.


Mitos dan Cerita yang Berkembang Curuf Sawer

Setiap tempat selalu memiliki cerita yang berkembang ataupun hal berbau mistis lainnya. Setelah tim Sobat Hiking bertanya pada sebagian warga di wilayah tersebut dapat disimpulan bahwa cerita di Curug Sawer (air terjun yang ada disana) sendiri bermula dari seorang yang sakti dari kaki gunung Ciremai yang sering menyelenggarakan upacara saweran di sungai Cipada dengan maksud dan tujuan untuk mendapat berkah bagi dirinya dan keturunannya.  Dia pun bertapa selama bertahun-tahun hingga wafat,  namun pada kematiannya jasad pertapa itu tidak hancur melainkan berubah menjadi sosok ular besar yang hidup secara ghaib.

Untuk yang tidak percaya hal-hal seperti ini ada kok pernyataan yang berbeda yang dituturkan oleh petigas TNGGP mengenai nama curug sawer sendiri diambil karena debit air yang sangat besar dari air terjun dengan tinggi 20 meter itu yang mana percikan airnya bisa sampai menyebar sampai radius 100 meter yang artinya percikan itu "menyawer" pengunjung dengan percikan airnya oleh karena itu dinamakan curug sawer.

Oiya sob, air terjun ini memiliki air yang sangat dingin yaa hingga bersuhu dibawah 17°C.

Dengan kedalaman di kolam air terjun 2 meter lebih ditambah lagi dengan kondisi medan yang penuh dengan pohon-pohon besar sehingga untuk kalian yang mau kesini jangan lupa bawa pakaian hangat yaa, oiya meski tidak ada larangan dilarang berenang tapi kalian jangan terlalu lama bermain air ya karena dengan suhu yang sangat dingin bisa bisa tubuh kalian menjadi kram atau bahkan hipotermia.


Curug Sawer ada di ujung perjalanan trekking wisatawan Situ Gunung Sukabumi
@nurazizatul ana, bersama penulis


Bagaimana? tertarik untuk berkunjung ke tempat in. Tidak peru diragukan lagi pengalaman liburan sobat kemari pasti akan sangat berkesan dan menyenangkan. Berikut adalah salah satu ulasan dari wisatwan yang datang kemari.

Situ Gunung termasuk tempat wisata favorit. Pengunjungnya beragam. Banyak juga datang dari luar kota seperti Bogor dan Jakarta. Ada beberapa pilihan tempat wisata, seperti jembatan gantung terpanjang atau suspension bridge,  air terjun Curug Sawe, atau danau. Ada juga fasilitas kemping dan kemping sultan. Dan yang jarang diketahui adalah air terjun kembar di lembah purba. Puitik sekali namanya.-Bambang Trismawan

0 Response to "Situ Gunung Sukabumi: Uji Adrenalin di Suspension Bridge"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed