-->

Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul: Harga Tiket terbaru 2024

Foto destinasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul Bogor
Source Ig @christinewidjaya2013

Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul di Bogor adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang sayang untuk sobat dilewatkan saat berkunjung ke Bogor. Keindahan taman wisata yang dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat membuat lokasi wisata ini menjadi sangat sejuk dan segar, pastinya ini membuat pengunjung betah berlama-lama dan selalu ingin kembali lagi. 


Taman Wisata Gunung Pancar juga menyajikan berbagai daya tarik yang sangat banyak, beragam aktivitas menyenangkan dapat juga dilakukan di taman wisata ini. Berbeda dari kebanyakan tempat wisata yang lain, di taman wisata ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivifas mulai dari kegiatan outbond, bersantai, camping, hingga berendam air panas. Lokasinya yang asri dan terkesan syahdu juga membuat lokasi ini kerap dijadikan sebagai spot foto yang keren atau bahkan tak jarang orang melakukan prewed di wisata ini. Jangan  heran jika sobat berkunjung kemari pada weekday sekalipun tempat wisata ini akan tetap di datangi pengunjung dari berbagai wilayah. 


Meskipun demikian, sobat tidak perlu takut akan kenyamanan berwisata disini saat banyak orang lainnya. Lokasi wisata yang sangat luas dan beragam aktivitas yang ada pastinya tidak semua pengunjung akan ramai bergerombol seperti di pasar.

Informasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul

Tertarik untuk menikmati khir pekan di destinasi ini? berikut adalah informasi pariwisata seputar Wisata Alam Gunung Pancar Sentul mulai dari Rute dan lokasi, tarif tiket (terbaru), hingga keseruan yang ditawarkan di destinasi ini.

Disclaimer: Artikel ini telah di Update pada 28 Februari 2024

Lokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul

Lokasi wisata Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul berada di Taman Wisata Alam Gunung Pancar berada di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor. Hanya berjarak ±60 km dari Jakarta Barat tentunya lokaso wisata ini juga sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat dan lelah dari hiruk piruknya kota. Dari rute Jakarta Barat sobat dapat melalui Jl. Raya Bogor sampai di Cibinong, kemudian dilanjut dengan melalui Jl. Alternatif Sentul dan Jl. Raya Sirkuit Sentul dan selanjutnya melinyasi Jl. Gn. Pancar sampai sobat tiba di lokasi.

Harga Tiket Wisata Alam Gunung Pancar Sentul

Tiket masuk hutan pinus gunung pancar ini tergolong sangat urah meskipun memiliki fasilitas lengkap. Tarif masuk destinasi ini sebesar Rp 20.000/orang untuk WNI dan Rp 100.000-Rp 150.000 untuk WNA, selain itu ada biaya lain untuk parkir kendaraan mulai dari Rp 5.000/motor dan Rp 10.000/mobil.



Daya tarik Wisata Alam Gunung Pancar Sentul

Kawasan Bogor memang terkenal dengan keindahan destinasi wisata alamnya, makanya tak heran jika penduduk Jakarta termasuk tokoh-tokoh artis selalu berkunjung kemari untuk melepas penat dan mencari udara segar, Contohnya seperti Wisata Alam Gunung Pancar Sentul.


Wisata Alam Gunung Pancar Sentul menjadi salah satu destinasi wisata di daerah Bogor yang memiliki berbagai daya tarik, jadi disini sobat tak hanya akan ditawarkan dengan keindahan alam saja.
Penasaran dengan apa saja daya tarik yang berhasil memikat wisatawan mengunjungi Wisata Alam Gunung Pancar Sentul? Ini dia pembahasannya.

Wahana Outbond

Destinasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar adalah satu destinasi wisata yang menyuguhkan beragam keindahan dan keeksotisan wilayah hutan pinus. Tempat yang cocok untuk menghilangkan stres dan memberaihkan pikiran ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman, pasangan ataupun keluarga besar. Dengan pemandangan yang asri dan lestari, ditambah berbagai aktivitas yang dapat dilakukan bersama ataupun sendiri, lokasi wisata ini sangat cocok sobat pilih untuk tempat reuni sekalipun. Selain objek wisata yang menenangkan disana juga terdapat berbagainkegoatan outbond yang dapat kalian lakukan seperti paint ball dan flyfox. 


Lokasi wisata yang luas dengan hamparan hutan pinus juga dapat sobat jelajahi baik berjalan kaki (hiking), joging ataupun bersepeda. Oiya sob, disini sudah terdapat penyewaan sepeda ya jadi jangan khawatir dan repot-repot sobat membawa sepeda dari rumah. Kegiatan berkeliling ini sangat cocok sobat lakukan untuk menghilangkan stres, terutama karena pemandangan yang indah, udara yang bersih dan laandscape wilayah yang diisi kicauan burung dan binatang kecil lain menjadikan kegiatan berkeliling ini sangat dapat merefreshkan pikiran sobat.


Setelah lelah berkeliling sobat dapat beristirahat dengan hammocking. Hammock adalah sebuah ayunan dari kain yang diikatkan pada 2 batang pohon. Hammock juga dapat disusun bertingkat-tingkat, nah kalau seperti ini aktivitas hammocking juga dapat dijadikan bahan foto yang sangat unik. Disana sudah terdapat hammock-hammock yang tersedia untuk wisatawan. Rebahan santai di ayunan yang berada di tengah-tengah hutan pinus dengan udara yang sejuk, pastikan sobat tidak melewatkannya saat berkunjung kemari.

Berburu Foto Instagramale

Kegiatan fotografi sudah seperti menjadi hal yang wajib saat berkunjung ke wisata manapun. Terutama saat sobat berkunjung kemari, jangan sampai sobat melewatkan berbagai spot foto menarik saat berkunjung kemari. Dan jangan lupa untuk menggunakan ponsel beresolusi tinggi atau kamera dslr agar sobat menjadi lebih puas dengan fotonya. Nah sob, untuk beberapa spot foto yang disediakan khusus sobat harus membayar lebih ya untuk menyewa fotografer yang ada disana. Jika sobat ingin melakukan prewed sobat juga dapat mencari fotografer yang telah disediakan disini.  Kelebihan yang didapat saat sobat menyewa fotografer disini adalah sobat akan dibawah ke spot foto VIP yang hanya bisa diakses jika sobat menyewa fotografer disini. Harga prewed sendiri cukuo murah, hanya dengan Rp 500.000-Rp 800.000 saja sobat akan dapat melakukan prewed dengan pemadangan yang indah dan mendapat hasil foto yang sangat keren.

  • Kolam air panas, "giritirta"- Tidak hanya ada di Tirta Sanita Ciseeng, disini disamping pemandangannya sejuk dengan udara dingin Bogor, siapa sangka jika ditempat ini sobat dapat menemukan kolam air panas yang dapat sobat gunakan untuk merelaksasikan tubuh. Kolam air panas giritirta gunung pancar ini memiliki air yang hangat dengan ukuran kolam yang tidak begitu besar. Untuk berendam di kolam air panas d GUnung Pancar ini setidaknya sobat perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000.
  • Camping- Kegiatan berkemah disini adalah kegiatan yang menarik perhatian pegiat outdoor, setiap minggu pasti ada saja yang melakukan camping dihutan pinus ini. Tempat wisata ini memang dibuka 24 jam, jadi saat sobat camping disini jangan takut dan risau dengan pikiran kalian camping ditempat sepi dan gelap. Selain camping ground gunung yang cocok untuk pribadi sendiri, kegiatan camping secara massal juga dapat dilakukan disini, dengan ukuran camping groud yang cukup luas sobat dapat mengajak teman, organisasi, atau keluarga untuk berkemah di tengah hutan pinus yang sangat indah ini. Jika sobat tidak memiliki perlengkapan camping seperti tenda dan sleeping bag, jangan khawatir sob, disini telah menyediakan penyewaan alat camping, untuk biaya camping disini sobat perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 80.000-Rp 200.000 tergantung pada apa fasilitas yang ingin sobat dapatkan.
  • Kafe pinus instagramable- Di kebanyakan tempat wisata alam lain mungkin warung-warung camilan jajahan masyarakat adalah sesuatu yang sangat sering ditemui, sedangkan kafe adalah sesuatu yang jarang ada. Nah sob, di taman wisata alam gunung pancar ini rupanya ada kafe bertema nature yang sangat instagramable dan bahkan banyak pengunjung yang datang kemari untuk sekedar menikmati suasana minum dan makan yang berbeda. Kafe ini dapat juga kalian kunjungi setelah lelah berwisata dan perut sudah mulai merasa lapar. Untuk harga menu disini juga bisa dibilang tidak jauh berbeda dari menu kafe di kota Jakarta sob. Pemadangan kafe yang natural dengan konsep retro juga sangat bagus untuk sobat berswa foti dan mengisi galeri media sosial kalian.

Ziarah makam dan pagelaran seni

Selain mempunyai pesona keindahan alam yang indah dan unik seperti hutan pinis dan kolam air panas rupanya keunikan wisata ini belum berhenti disitu. Di Taman Wisata Gunung Pancar Sentul ini juga terdapat makam tokoh keagamaan yang namanya sangat dikenal seperti Raden Laluwung, Ki Mas Bungsu, dan H. Dalem Putih. Sama seperti di objek wisata Situ Gunung Gede Pangrango dan D'Tukad River Club Bali. Disini juga sering ditampilkan pertunjukan kesenian daerah dari masyarakat setempat.

Bagaimana? menyenangkan bukan tempat ini untuk mejadi destinasi liburan. Berikut adalah salah satu review Gunung Pancar dari wisatawan yang berkunjung kemari:

Salah satu lokasi tracking di daerah Sentul. Awal pendakiannya dari hutan pinus. Mobil bisa parkir disini, tapi jalan menuju pos pendakian ini berlubang dan kecil. Dari lokasi parkir menuju ke puncak Bukit Paniisan berjarak sekitar 2.2km, jalannya bervariasi dari berbatu, tanah, bersemak dengan elevasi yang lumayan. Walau Bukit Paniisan ini 896mdpl, tapi jalan menuju sini lumayan menantang karena banyak jalan menanjaknya. Banyak pos menuju puncak dan di pos ada warung. Jadi tidak usah khawatir. Kalau kondisi fisik kuat, setelah Bukit Paniisan kita bisa berkunjung ke Curug Putri Kencana.-Yanti Rahardjo

0 Response to "Taman Wisata Alam Gunung Pancar Sentul: Harga Tiket terbaru 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed