-->

"Packing carrier matras gulung di luar atau di dalam?", Mana yang benar

Packing carrier matras gulung di luar atau di dalam?

Dalam pendakian peralatan konvensional sering menjadi perdebatan, mana yang betul? Packing matras gukung di luar atau didalam? Matras gulung merupakan matras yang sangat murah bahkan kita bisa membelinya dengan harga 30 ribu, matras ini pun banyak di kenal sejak dulu jadi tak heran jika banyak pendaki masih menggunakannya dari pada membeli matras foam pad ataupun matras angin. Padahal jika dari ukuran matras foam pad atau matras angin bisa di packing jauh lebih mudah wkwkwk. Kembali ke pembahasan packing matras gulung, jadi mana yang benar? Memang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tapi mana yang lebih direkomendasikan, keputusan mana yang lebih di rekomendasikan akan aku kembalikan lagi kepada setiap pembaca dengan memperhatikan faktor-faktor dibawah:





1. Menjaga kapasitas carrier

Matras gulung merupakan benda yang memiliki volume cukup besar, menaruhnya di dalam carrier tentu akan membuat ruang kompartmen utama lebih banyak berkurang akibat matras.


2. Letak matras 

Jika meletakkan matras di dalam seperti dijelaskan di point no. 1 yang dapat mengurangi ruang kompartmen utama. Rupanya meletakkan matras di bagian luar juga dapat berakibat hal lainnya, seperti jika matras diletakkan di samping (hanya 1 sisi, sisi lain tidak diisi matras) akan menjadikan berat carrier tentunya tidak seimbang meski dengan penampilan yang terlihat sama besar. Biasanya banyak yang meletakkan matras samping di side pocket (tempat air) hal itu tentunya kurang baik juga untuk elastisitas side pocket.

 Meletakan matras di bagian atas/bawah-pun tidak sepenuhnya bisa dilakukan di semua carrier karena perluh fitur-fitur tersendiri jika ingin meletakkannya di atas atau bawah.


3. Kemudahan packing

Sebenarnya untuk packing matras luar / dalam tidak ada perbedaan kesusahan yang jauh. Matras dalam hanya harus menggulung matrasnya dengan benar agar ruang di dalam carrier tidak termakan lebih banyak akibat matras gulung.

Matras diluar-pun memiliki kesulitan tersendiri karena tentunya bagian dalam yang tidak memiliki rangka pembentuk dapat membuat packing menjadi susah menemukan titik seimbangnnya.


4. Jenis carrier

Kesalahan paling sering adalah tidak mempertimbangkan jenis carrier kita. Begini, pada carrier yang menggunakan back system mesh atau jaring sehingga memiliki sirkulasi udara, bentuk bagpack yang ada adalah tidak tegak, alias melekuk tentunya jika kita memaksakan matras dalam kita akan merusak bagian frame mesh nya karena menekan untuk melebar dan itu mengurangi kenyamanan backsystem kita nantinya.
Janis lainnya adalah fitir kompartmen utama yang memiliki bukaan harus menggunakan adjustable rope alias tidak bisa kita melakukan packing matras salam menggunakan carrier yang memiliki jalur kompartmen menggunakan zipper (resleting)


5. Ukuran carrier

Pada dasarnya kita memilih carrier sesuai dengan panjang torso (Cara memilih carrier yang tepat). Untuk menggunakan matras gulung sendiri carrier tentunya memiliki pedoman ukurannya sendiri karena jika kita memaksakan sampai overload tentunya bagian top load kita tidak bisa menggunakannya atau bahkan kepala carrier tidak bisa di tutup.


6. Bentuk bagpack

Selain agar enak dipandang ternyata bentuk bagpack juga berpengaruh saat kita berjalan melewati rintangan-rintangan yang ada seperti saat kita harus menunduk dsb. Tentunya dengan matras luar kita akan memberi ukuran lebih besar dari carrier dan jalan kita melewati rintangan-pun bisa lebih susah. 

Belum lagi jika kita menggunakan double matras atau matras atas/bawah saat kita memasang raincover tentunya itu akan menyulitkan kita dan mendapat hasil yang kurang enak dipandang tentunya.

Baca selengkapnya: memilih matras untuk camping

0 Response to ""Packing carrier matras gulung di luar atau di dalam?", Mana yang benar"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed