-->

Ciptakan Pengelolaan Proyek Lebih Menguntungkan Menggunakan "TOMPS" Aplikasi Manajemen Proyek

 


Aplikasi Manajemen Proyek- Semakin pesatnya perkembangan teknologi untuk memudahkan kegiatan manusia baik dalam urusan pribadi maupun industri dan bisnis menciptakan perlombaan dalam meningkatkan kualitas penggunaan teknologi agar mendapat hasil yang lebih baik. Dalam bidang industri proyek, tidak hanya sekedar pada peningkatan teknologi mesin di lapangan saja yang terus ditingkatnya, perkembangan teknologi guna manajemen juga semakin ditingkatkan untuk membantu progres proyek yang dikerjakan. Tools manajemen proyek merupakan sebuah sofware/aplikasi untuk  pengelolaan manajemen dalam proyek yang dalam penerapannya menjadi sebuah perangkat yang mengatur pekerjaan proyek serta untuk memantau perkembangan yang terjadi.

Tomps adalah salah satu bentuk tools manajemen proyek yang berbasis mobile dan web untuk meningkatkan kualitas manajemen, efektivitas dan monitoring lapangan. Melalui Tomps, pengontrolan dan kelola proyek menjadi lebih mudah dilakukan. Dengan memanfaatkan Tomps, dapat diharapkan jika pertumbuhan perusahaan akan lebih efektif dan menghemat sumber daya. Tomps dapat membantu perencanaan proyek mulai dari penunjukan vendor pelaksanaan proyek  serta dalam prosesnya dapat menyediakan data keperluan evaluasi dan reporting dengan sangat cepat.


Sumber gambar: instagram @tomps.id


Ada beragam alasan dasar terhadap pentingnya penggunaan tools manajemen proyek ini seperti Mempermudah kerjasama internal dan eksternal sehingga terhindar dadi masalah tumpang tindih dalam tugas antar departemen, pengaturan jadwal project management agar progress dapat berjalan lancar melalui pemantauan perkembangan, Mempermudah pendelegasian tugas serta membangun komunikasi dengan klien. Tools manajemen proyek juga memungkinkan digunakan untuk memantau total pengeluaran yang terjadi secara real-time, pembacaan data pengeluaran dan kondisi yang ada sangat penting untuk upaya pengambilan keputusan dalam mengelola biaya proyek yang lebih efisien.

Dalam sebuah progress proyek tidak dapat dipungkiri juga jika terdapat perbedaan dalam kemampuan penyelesaian sebuah proyek satu sama lainnya, sebab itulah perlu adanya sebuah standardisasi dalam menyelesaikan tugas untuk setiap anggota tim. Maka sebab itu hadirnya tools manajemen proyek dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas masing-masing anggotanya melalui kerja sama dengan menunjukkan profesionalisme dan konsistensi kerja suatu tim bisnis.

Berdiri sejak tahun 2017 aplikasi manajemen proyek "Tomps" telah banyak membantu perusahaan dalam pengelolaan proyek yamg dilakukan. Hadirnya Tomps dengan fitur Customize Operating Model menjadi alasan jika Tomps sangat cocok bagi berbagai jenis proyek dari berbagai sektor industri agar dapat berjalan dengan lebih efisien. Beberapa jenis proyek industri yang sangat tepat di kelola bersama Tomps adalah:

• Properti and Contruction Service
• Maritime and Logistic Service
•Local Goverment Servive
•Manufacturing and Agribusiness Service

Berbagai fitur yang pengelolaan proyek secara end to end mulai dari tahapan inisiasi hingga closing. Berbagai proyek dari skala kecil, menengah hingga besar juga dapat dikelola dengan tools manajemen Tomps melalui fitur-fitur profesionalnya, diantaranya:

Project scheduling, planner, and completion
Project tracking
• Project cost
• Project apprasial
• Document and Evidence Repository
• Unlimited Cloud
• Role Access Management
• Vendors Performance Report
• Automatic Project Reports
• Gantt Chart and S-Curve
• Geo-Map Tagging ans Visualization
• API Integration
• Customization-Friendly

Meskipun memiliki berbagai fitur, banyak perusahaa yang kerap enggan menggunakan tools manajemen proyek karena alasan keribetannya dan ketakutan akan terganggunnya proses pengelolaan proyek ketimbang biasanya. Sebagai aplikasi manajemen proyek, Tomps telah menyusun berbagai fitur bermanfaat dengan penggunaan yang sangat mudah untuk dikelola.


Sumber gambar: instagram @tomps.id


Tampilan dashboard Tomps memiliki tampilan all-in-one sehingga memungkinkan untuk dapat cepat memantau laporan dari proyek yang berjalan. Reporting yang mencakupi keseluruhan aspek mulai dari nilai anggaran proyek, jadwal, target, peta lokasi via Geo-maps dan user aktif dapat dipantau secara real time dan transparan. Pelaporan informasi tersebut tersusun rapi dalam chart dan kurva grafis.

Pantau progress proyek dengan sistem terintegrasi online melalui menu project. Disini anda dapat merencakan detail jatuh tempoh proyek sesuai dengan target waktu yang direncanakan. Selain itu, upaya project control dan project tracking dapat dipantau pada setiap titik status initial, in-progress dan closing.

Dapatkan juga laporan data proyek, secara real time melalui general report. Selain melacak data dari perkembangan proyek, anda juga akan mendapati perkembangan resiko, masalah dan perubahan dalam proyek secara cepat dan tepat pada setiap waktu. Dari segala laporan yang diberikan, ini dapat menjadi landasan dalam mengelola anggaran proyek untuk menghindari peluang cost overrun.

Dengan hadirnya berbagai fitur menarik dan solutif pada Tomps, ini adalah tools manajemen proyek yang sangat membantu disetiap tahapan jalannya suatu proyek. Mulai dari tahapan Entry Project Data yang menjadi Tahapan pertama dalam suatu proyek dimana dalam penggunaan Tomps anda dapat melakukan persiapan data project planning. Pengaturan awal mengenai work-unit template, scheduling, budget plan, pengajuan approval, pembagian tim, hak akses data dan kebutuhan lainnya dapat disiapkan terlebih dahulu hingga terbentuknya environment dan proyek telah siap dijalankan dan melakukan pembaruan disetiap status yang tah selesai.

Setelah menyiapkan  berbagai data project planning dalam jalannya proyek, Update Status and Evidence menjadi hal penting selanjutnya. Dengan menggunakan Tomps, pelaporan hasil pekerjaan setiap waktu dengan evidience dari lapangan secara end to end, real time dan on cloud dapat dilakukan sehingga dapat melakukan pemantauan hasil kerja proyek dengan baik dan mengetauhi detail pekerjaan selanjutnya.

Tahapan Review and Report adalah langkah terakhir dalam jalannya suatu proyek. Tomps telah menyediakan kemudahan dalam proses penyusunan serta pemantauan review and report melalui Smart Project Management System Tomps dimana telah disediakan berbagai bentuk jenis report mulai dari General report, Summary report, Project Team Performance, PO report, Issue report, Gantt chart serta S-Curve. Sisi hebatnya lagi, data tersebut akan Tomps siapkan secara otomatis secara real time dan transparan sesuai dengan proses yang terjadi. Tentunya ini akan sangat memudahkan penggunanya terutama dalam penyusunan laporan berkala.

Tools manajemen proyek Tomps memiliki berbagai keunggulan sehingga mendapat banyak kepercayaan dari berbagai perusahaan yang menggunakannya. Melalui Tomps, banyak perusahaan yang telah mengakui peran positif Tomps dalam jalannya proyek mulai dari pengamanan belanja modal, membaca peluang loss and profit, kustomisasi dengan model operasi dan penyimpanan dokumen secara digital yang lebih baik.

Penghematan pengeluaran modal  dalam proyek dapat dilakukan secara digitalisasi manajemen dengan menggunakan smart-features. Langkah ini sangat membantu securing capex dengan upaya Tomps memperbesar peluang penghematan biaya dan waktu agar lebih ringkas. Oleh sebabnya Tomps  juga dapat berperan sebagai opportunity loss and profit yang mana Tomps akan meminimalisir peluang loss, meningkatkan efisiensi dan peluang profit.

Keuggulan sistem customization by operating model oleh Tomps turut terlibat dalam memaksimalkan digitalisasi proyek dengan kustomisasi tahapan sampai sub-tahapan pada proyek agar dapat memudahkan proses monitoring dan reporting kemajuan yang terjadi. Dengan menggunakan Tomps, pengelolaan data proyek juga dapat dikelola secara On-Cloud and On-Premise. Dengan ini dapat dipastikan jika pengelolaan data dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien dibandingkan dokumen penyimpanan pada online spreadsheet yang terbatas.

Meskipun demikian, sampai saat ini masih saja banyak perusahaan yang belum beralih dalam penggunakan aplikasi manajemen proyek. Penyajian data dengan dokumen cetak serta perangkat apreadsheet masih dirasa sangat sudah cukup dalam menjalankan proyek. Padahal dibandingkan dengan menggunakan aplikasi manajemen proyek, cara tersebut sangat memiliki berbagai kekurangan seperti memerlukan lebih banyak sumber daya manusia (SDM), menggunakan lebih banyak waktu dan kerumitan dalam pola komunikasi terutama pada pengambilan keputusan. Padahal aplikasi manajemen proyek tentunya lebih unggul, terutama karena memang tujuannya yang diperuntukan untuk kebutuhan operasional dan mobilitas proyek secara real time. Beragam manfaat yang ditawarkan dalam aplikasi manajemen proyek Tomps diantaranya adalah.

1. Memudahkan Manajemen Proyek di Lapangan
Berbagai fitur yang tersedia di Tomps, akan sangat berguna untuk memanajemen proses jalannha proyek mulai dari pengaturan penjadwalan, perencanaan, realisasi dan data investasi proyek.

2. Manajemen Investaris

Fitur manajemen investaris yang disediakan Tomps dapat memudahkan anda dalam melakukan monitoring laporan standart inventory, kegiatan logistik, sampai ke penggunaan material proyek di lapangan.

3. Penyimpanan dokumen secara digital
Pengunduhan dan pengunduhan data eviden pada Tomps akan berjalan lebih cepat dan aman. Terlebih lagi karena data-data tersebut yang telah tersimpan dalam sistem digital.

4. Menurunkan Peluang Penyimpangan (Fraud)
Sisten manajemen proyek dengan transparan dapat mencegah terjadinya hal  tidak diingkan dalam suatu proyek yang dapat merugikan. Dengan sistem Tomps yamg aman amda tidak perlu lagi gelisah terhadap peluang penyimpangan (Fraud) yang bisa terjadi pada sebuah proyek.

5. Proses Monitoring Secara Real-Time
Sistem online yang terintegrasi pada Tomps akan menampilkan data pemantauan perkembangan dari jalannya proyek secara real-time secara cepat dan tepat melalui perangkat smartphone.

6. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Sumber Daya
Aplikasi manajemen proyek yang dirasa akan mengeluarkan lebih banyak biaya adalah pernyataa yang salah. Selain kemudahan dalam pengaturan jalannya proyek, tujuan utama Tomps juga dimaksudkan untuk optimasi cost proyek dengan efisiensi sumber daya yang digunakan dan waktu.

0 Response to "Ciptakan Pengelolaan Proyek Lebih Menguntungkan Menggunakan "TOMPS" Aplikasi Manajemen Proyek"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed