-->

Destinasi Bukit Jengkoang Batu Malang: Wisata Temurah 2024

destinasi Wisata Bukit Jengkoang di Bumiaji Kota Wisata Batu untuk olaraga, camping, fotografer serta healing terbaik di Malang
Pemandangan Bukit Jengkoang Pagi Hari: Doc. Penulis sobathiking

Destinasi Bukit Jengkoang Batu Malang, Lahan Perkebunan Penghilang Stress - Bukit Jengkoang menjadi salah satu dari banyaknya destinasi wisata alam di Malang yang sangat asri. Wisata bukit Jengkoang ini mengambil landscape dari perkebunan di daerah Batu, meskipun tidak murni sebagai wisata alam atau seperti halnya wisata Brakseng, wisata Bukit Jengkoang tetap memiliki kesegaran dan menjadi Rekomendasi Wisata Alam di Malang untuk menghilangkan stress..

Selain sebagai sekedar destinasi penghilang stress, bukit Jengkoang merupakan tempat yang sangat sempurna bagi sobat penggemar fotografi landscape ataupun pegiat olaraga outdoor lari dan bersepeda. Berikut adalah rangkuman destinasi Bukit jengkoang yang penulis rangkum untuk sobat.


Informasi Destinasi Wisata Bukit Jengkoang Batu

Destinasi Bukit Jengkoang ini merupakan salah satu rekomendasi wisata yang sangat sayang untuk sobat lewatkan ketika berlibur di Batu, Malang. Untuk membantu perjalan sobat kemari, berikut penulis telah sajikan ragam inforamsi pariwisata tentang wisata ini.

Disclaimer: Informasi dalam artikel ini telah diperbarui pada 13 Januari 2024 agar tetap up-to-date dan bermanfaat bagi sobat yang cari tau seputar wisata Bukit Jengkoang.

Lokasi dan Harga Tiket Bukit Jengkoang

Saat berkunjung di Bukit jengkoang, sobat akan dimanjakan dengan latar pemandangan perkebunan wortel, cabai, bayam, apel, jeruk dan sebagainya serta dengan pemandangan megahnya gunung-gunung disekitar seperti Arjuna, Kawi, Panderman dan Butak

Alamat lokasi Bukit Jengkoang tererletak tidak jauh dari pusat kota Batu atau tepatnya berada di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, sobat lebih kurang memperlukan waktu 20-30 menit untuk mencapai lokasinya. Untuk detail lokasi dan rute menuju Bukit Jengkoang, sobat dapat klik “Lokasi dan Rute menuju Bukit Jengkoang”.

Udara yang segar di tengah perkebunan Bumiaji menjadikan destinasi Bukit Jengkoang menjadi tempat yang sangat sempurna untuk menjauh dari padatnya kota. Di destinasi wisata ini telah berdiri warung-warung warga yang menjual berbagai camilan makanan dan minuman, kehadiran warung inilah yang membuat wisatawan betah berlama-lama di lokasi ini, sambil menikmati segarnya udara dan menatap pemandangan alam yang indah sobat dapat memesan minuman hangat seperti kopi atau teh sehingga essensi dari healing benar-benar sobat dapatkan di Bukit Jengkoang.

Sebelum sobat berwisata di Bukit Jengkoang ini, ada baiknya sobat memperhitungkan jenis kendaraan sobat terlebih dahulu. Sangat tidak direkomendasikan untuk datang kemari dengan menggunakan motor matic terutama saat musim hujan. 

Akses jalan menuju Bukit Jengkoang yang masih didominasi oleh tanah pastinya bukan tandingan motor matic terlebih lagi saat musim hujan yang menjadikan jalannya menjadi licin. Begitu pula bagi sobat yang ingin membawa mobil untuk berlibur dengan keluarga di Bukit Jengkoang, pastikan sobat tidak membawa mobil dengan ukuran lebar cukup besar, jalanan disini masih sangat sempit dan hanya cukup untuk dilalui satu mobil saja. Terlebih lagi ada kemungkinan kalian akan bersalipan dengan truk/pick up pengangkut hasil panen.

Akses jalan menuju bukit Jengkoang pada mulanya melalui aspal halus diwilayah pemukiman, selanjutnya akses jalan berubah menjadi batu yang ditata rapi seperti halnya trotoar atau pavingan tapi bedanya disini benar-benar menggunakan batu asli. 

Jalanan dengan medan batu ini menbentang lebih kurang sepanjang 1,4 km dengan keadaan naik. Oleh sebab itu jika sobat ingin datang kemari menggunakan sepeda motor matic apalagi mobil haruslah sangat diperhitungkan. jalanan yang muat hanya untuk satu mobil akan sangat susah jika dari arah sebaliknya terdapat mobil juga. 

perhatikan juga kondisi mesin dan rem sebelum datang kemari terutama bagi kaian yang membawa motor matic. Jika sobat membawa kendaraan mobil yang tidak didesain untuk adventure, penulis menyarankan untuk sobat memarkirkan mobilnya dibawah lalu sobat dapat beolaraga jogging menuju lokasi Bukit Jengkoang.

Pengunjung yang datang ke Bukit Jengkoang tidak perlu membayar harga tiket masuk, alias GRATIS, namun karena lokasinya yang berada di Kawasan perkebunan tentuya sobat tidak dapat meninggalkan kendaraan lalu berkeliling jauh begitu saja. 

Berbeda dengan wisata alam lain atau seperti Taman Langit Gunung Banyak yang sudah dikelola dengan konkrit, bukit Jengkoang masih merupakan wilayah perkebunan lokal yang kerap dikunjung wisatawan untuk berlibur saja. 

Sejarah pembentukan Bukit Jengkoang sendiri bermula dari aktivitas KKN disana yang kemudian dengan kerja samabersama warga setempat akhirnya dijadikanlah sebuah lahan luas disekitar area pertanian dan hutan sebagai tempat liburan, alhasil fasilitas wisata di Bukit Jengkoang juga terbilang lengkap mulai dari Mushola, Parkir Area, Camp Area, Toilet dan warung warga.


Alamat lokasi Bukit Jengkoang tererletak tidak jauh dari pusat kota Batu atau tepatnya berada di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, sobat lebih kurang memperlukan waktu 20-30 menit untuk mencapai lokasinya.
Pemadangan Area Wisata Bukit Jengkoang: Doc. Penulis sobathiking

Jam Terbaik untuk Berkunjung

Lokasinya yang sangat asri dengan hamparan perkebunan tertata rapi serta pemandangan gunung-gunung juga menjadi alasan dari wisatawan dengan basic fotografer landscaper datang kemari. 

Pemandangan yang siduhkan di Bukit Jengkoang memang sangat indah, saat pagi hari hamparan perkebunan akan diselimuti dengan kabut tipis yang dingin, saat siang hijaunya perkebunan dan hutan disekitar akan terlihat sangat kontras dengan birunya langit, sementara saat sore bukit Jengkoang menampilkan pemandangan matahari tenggelam dengan sangat jelas di tempat terbuka. Sebelum datang kemari pastikan sobat sesuaikan juga dengan kebutuhan sobat dan pemandangan apa yang ingin disaksikan di Bukit Jengkoang.

Meskipun menjadi rekomendasi tempat olaraga di alam yang sangat digandrungi karena keindahan dan kesegarannya, tapi penulis tidak merekomendasikan untuk sobat datang kemari terlalu pagi apalagi jika tidak membawa jaket hangat. Udara dingin di bukit Jengkoang ini bahkan masih terasa dingin saat sinar matahari sudah muncul pada pukul 8 pagi. 

Jika sobat ingin berangkat pagi guna menyaksikan sunrise atau menikmati kabut tipis, sobat dapat datang kemari dengan membawa pakaian hangat, disini juga terdapat warung-warung warga yang sudah buka sejak pagi hari, jadi kalian dapat menhangatkan diri dengan memesan makanan atau minuman hangat. Selain itu, di bukit jengkoang kini juga telah dibangun sebuah mushola, jadi kalian tidak perlu khawatir jika ingin berlama-lama disini dari pagi sampai sore. 



Tata Tertib Wisatawan di Bukit Jengkoang

Bukit Jengkoang notabenenya merupakan perkebunan warga yang karena keindahannya menjadikan lokasi ini menarik untuk dikunjungi. Jadi, saat sobat berkunjung kemari pastikan sobat untuk mematuhi beberapa peraturan, antara lain:

  • Tidak membuang sampah sembarang
  • Tidak merusak perkebunan warga
  • Menjaga sopan santun
  • Menghormati aktivitas warga sekitar

Aturan ini memang bukan merupakan aturan tertulis yang terpampang sebeum sobat memasuki Bukit Jengkoang. Tapi aturan ini adalah hasil simpulan yang penulis ambil dari berbagai wisata lainnya dengan basic lahan pertanian masyarakat agar kegiatan wisatawan tidak berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat sekitar.


Wisata Bukit Jengkoang di Bumiaji Kota Wisata Batu merupakan tempat yang sangat cocok sebagaispot olaraga jogging, runing, sepeda gunung (mtb). Bukit Jengkoang menjadi destinasi yang sangat direkomendasikan untuk melakukan olaraga seperti lari dan bersepeda.
Pemandangan Perkebunan di Bukit Jengkoang: Doc. Penulis sobathiking

Aktivitas Wisatawa Menyanangkan di Bukit Jengkoang Batu

Tertarik untuk datang berlibur kemari? tidak hanya menawarkan keindahan untuk dinikmati, disini sobat juga dapat melakukan berbagai hal untuk menikmati keindahan di Bukit Jengkoang, seperti:

Bukit Jengkoang Batu: Rekomendasi Tempat Olaraga di Alam

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota Batu dengan pemandangan yang memberikan kesegaran berhasil menjadikan Bukit Jengkoang menjadi destinasi yang sangat direkomendasikan untuk melakukan olaraga seperti lari dan bersepeda.


Setiap weekend pagi sudah menjadi langganan bagi para pegiat olaraga lari dan bersepeda gunung/MTB untuk berkeliling menyusuri Kawasan Bukit Jengkoang. Udara yang dingin di pagi hari dengan pemandangan yang asri menjadikan lokasi ini tempat yang sempurna untuk menghilangkan stress dengan berolaraga.


Berkemah di Bukit Jengkoang

Oiya sob, sebagai destinasi outdoor memang tidak lengkap jika tidak dapat digunakan untuk berkemah, di Bukit Jengkoang ini sobat dapat loh merasakan sensasi berkemah di kawasan lahan perkebunan denga altitude +1200 mdpl. 

Tapi untuk berkemah kemari sobat tidak dapat dengan seenaknya mendirikan tenda disembarang tempat ya, jika sobat ingin berkemah di Bukit Jengkoang ini sobat terlebih dahulu harus reservasi campsite di https://campsite.bio/jengkoang. Menurut penulis, dinilai dari keindahan dan pengelolaan wisatanya, Bukit Jengkoang ini menjadi salah satu tempat berkemah terbaik di Batu.

di Bukit Jengkoang ini sobat dapat loh merasakan sensasi berkemah di kawasan lahan perkebunan denga altitude +1200 mdpl, dinilai dari keindahan dan pengelolaan wisatanya, Bukit Jengkoang ini menjadi salah satu tempat berkemah terbaik di Batu.
Pemandangan Pagi Hari di Bukit Jengkoang


Bagaimana sob? Sangat menarik bukan Bukit Jengkoang ini untuk masuk kedalam daftar tujuan wisata saat sobat berwisata di Batu Malang. Pastikan saat sobat berlibur di Bukit Jengkoang untuk tidak memberikan dampak buruk seperti menyampah dan merusak tanaman, Bukit Jengkoang adalah lahan bekerja dari warga sekitar jadi sangat tidak etis jika sobat datang kemari dan bertindak sewenangnya.

Datang kemari saat pagi-pagi memang ga salah banget...Udara dinginnya kerasa, apalagi warung juga sudah buka mulai pagi, jadi bisa nikmatin udara dingin dengan minum coklat panas...harga makanan di Bukit Jengkoang juga sangat murah...kalau mau dateng kesini saat musim ujan pastikan pakai sepeda yang rodanya ga licin buat ngelewati jalan tanah basah-Penulis Sobat Hiking

0 Response to "Destinasi Bukit Jengkoang Batu Malang: Wisata Temurah 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed