-->

Wisata Alam Brakseng Batu Malang: Destinasi Terpopuler 2024

Sebagai Rekomendasi wisata alam di Batu Malang, Brakseng menawarkan keindahan dari lahan pertanian. Tempat ini menjadi spot olaraga terbaik di Batu
sumber instagram @riidone_


 Wisata Alam Brakseng Malang, Pemandangan Pertanian Desa Kaki Langit Kota Batu - Destinasi wisata alam Brakseng merupakan lahan pertanian dengan luas sekitar 200 hektar. Kawasan wisata alam Brakseng dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman pertanian. Sehingga saat berwisata ke sini, sobat akan disuguhkan pemandangan hijau sejauh mata memandang. 

Tidak hanya lanskap hijau lahan pertanian, wisata alam Brakseng juga dikelilingi oleh berbagai kontur alam seperti jurang, lembah, dan pegunungan sebagai latar tambahan. Keindahan tempat tersebut menjadikan wisata alam Brakseng sebagai destinasi favorit para pecinta alam dan fotografi. Tak sedikit pengunjung yang datang ke sini untuk mendapatkan foto-foto instagramable.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata alam Baksreng adalah pada siang hari. Hal ini dikarenakan hijaunya lahan pertanian dan langit biru yang sangat kontras atau pada pagi hari dimana segarnya udara pegunungan akan membuat sobat betah berlama-lama di wisata alam Baksreng.

Wisata Alam Brakseng dengan landscape lahan pertanian sebagai daya tarik utamanya ini bisa dikatakan mirip dengan salah satu destinasi Bukit Jengkoang di Kota Batu.


Informasi Wisata Alam Brakseng

Memiliki keesotisan wilayah pertanian yang ditawarkan, Wisata Alam Brakseng memang berhasi dalam memikat wisatawan untuk datang berkunjung kemari sekalipun tempatnya cukup jauh dari pusat kota.

Untuk membantu perjalanan sobat kemari, berikut penulis rangkum beberapa informasi pariwisata yag dapat menjadi bekal sebelum sobat datang berwisata di Wisata Alam Brakseng ini.


Disclaimer: Informasi dalam artikel ini telah diperbarui pada 30 Januari 2024 dengan berita pariwisata Alam Brakseng Malang

Lokasi dan Tarif Tiket Wisata Alam Brakseng

Alamat lokasi Bukit Brakseng dapat ditemukan dengan mudah, karena dari sisi Jalan Raya Cangar kita dapat melihat pintu masuknya. Kawasan ini terletak di Kampung Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji. Berada di ketinggian 1700 MDPL, Desa Sumberbrantas sendiri merupakan sebuah desa di Batu yang memiliki julukan “ Desa Kaki Langit”, pintu masuk dari jalan utama di jalur Batu – Pacet sekitar 2 Km dari Pemandian Air Panas Cangar, jika dari Batu sebelum cangar Kawasan Wisata Air Panas. 

Brakseng merupakan kawasan pertanian yang terletak di ketinggian kurang lebih 1.850 meter di atas permukaan laut, berjarak sekitar 35 km dari Kota Malang. Untuk lokasi tepatnya, sobat bisa klik di sini Wisata Alam Baksreng.

Akses menuju wisata alam Bukit Brakseng dapat dilakukan dengan menggunakan roda dua atau empat, namun untuk roda empat disarankan menggunakan kendaraan petualangan dan pengemudi yang sudah familiar dengan jalur menanjak, hal ini dikarenakan jalan menuju wisata alam Baksreng. cukup curam dan licin apalagi menuruninya. 

Selain itu, jalannya juga sempit, sekitar 6 meter. Namun bukan berarti mobil tidak bisa, setiap hari banyak truk atau pikap yang lewat untuk membawa hasil pertanian. tentunya mereka sudah tidak asing lagi dengan jalanan disini dan pastikan teman-teman yang belum familiar harus berhati-hati. 

Terdapat juga mini cafe dan rest area yang memiliki area parkir yang luas, rest area tersebut bernama Riding Rest Area, dimana sobat dapat memarkir kendaraan sobat dan bersantai terlebih dahulu, kemudian berjalan-jalan Bukit Brakseng. 

Sobat tidak akan dikenakan harga tiket apapun saat berkunjung ke Brakseng alias GRATIS, jadi biaya cukup sobat keluarkan untuk membei camilan di warung-warung sambil menikmati udara sejuk disini. Tapi menurut beberapaw isatawan yang datang kemari, ada pula yan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000/orang.

Alamat lokasi Bukit Brakseng dapat ditemukan dengan mudah, karena dari sisi Jalan Raya Cangar kita dapat melihat pintu masuknya. Kawasan ini terletak di Kampung Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji. Berada di ketinggian 1700 MDPL, Desa Sumberbrantas sendiri merupakan sebuah desa di Batu yang memiliki julukan “ Desa Kaki Langit”,
Brakseng: Tongkrongan Ngopi di Alam


Keeksotisan Landscape Alam Brakseng

Wisata Alam Baksreng memiliki lanskap pertanian yang sangat memanjakan mata, hamparan hijau tanaman sayuran di Brakseng didominasi oleh wortel dan kentang, tersusun rapi berjajar, di hamparan yang sangat luas dengan kontur atas dan bawah yang dipisahkan oleh petak.

Belum lagi bonus tambahan berupa pohon cemara yang berjajar di sepanjang jalan dan berlatar belakang Gunung Arjuno di sebelah timur. Terletak di ketinggian yang memiliki nuansa sejuk dan asri, tidak heran jika lahan pertanian yang berada di wisata alam Baksreng ini sangat subur untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

Wisata alam Brakseng menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk berburu foto landscape di Malang, memiliki pemandangan pegunungan yang indah, suasana yang menenangkan, dan aktivitas petani berkebun di tengah persawahan juga menjadi objek yang menarik untuk difoto. 

Saat berkunjung ke wisata alam bukit brakseng yang terpenting saat kesini jangan lupa jaga sopan santun, jangan menginjak tanaman atau masuk ke lahan petani, jangan ambil tanaman yang belum dipanen atau tertinggal saat sudah dipanen, dan yang terpenting dilarang membuang sampah sembarangan.

wisata alam Brakseng juga kerap dikunjungi untuk tujuan olaraga seperti mountain-bike dan jogging. Pemandangan yang disuguhkan idi wisata alam Brakseng ini sangatlah menenangkan dan menyegarkan di pagi hari, pastinya lokasi ini sangat ideal untuk menjadi tempat olaraga alam terbaik di Batu Malang.
Pemandangan Pagi Brakseng: sumber gambar instagram @ngalams_mblarah

Tempat Olaraga Outdoor yang Menyenangkan

Selain sebagai destinasi wisata, wisata alam Brakseng juga kerap dikunjungi untuk tujuan olaraga seperti mountain-bike dan jogging. Pemandangan yang disuguhkan idi wisata alam Brakseng ini sangatlah menenangkan dan menyegarkan di pagi hari, pastinya lokasi ini sangat ideal untuk menjadi tempat olaraga alam terbaik di Batu Malang.

Peraturan Saat Berwisata di Wisata Alam Baksreng

Berikut beberapa peraturan pengunjung yang datang ke Brakseng:

  • mematuhi semua protokol kesehatan yang ada di Brakseng
  • Tetap menjaga sopan santun dan mengutamakan kepentingan para petani di Brakseng
  • Dilarang menginjak tanaman di area Brakseng
  • Dianjurkan tidak berfoto tepat diatas lahan pertanian
  • Tetap menjaga seluruh tanaman agar tidak rusak
  • Dilarang mengambil sesuatu apapun milik petani
  • Dilarang membuang sampah sembarangan

Bagaimana sob, pastinya wisata alam Baksreng yang memiliki action pemandangan alam dari lahan pertanian dan pegunungan ini sangat menyenangkan ukan untuk dikunjungi. pastikan juga sobat selalu menaati pereaturan yang ada di wisata Baksreng ini saat berkunjung.

Brakseng yang terletak di desa Sumber Brantas Batu ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di sini terdapat kebun sayur dan pemandangan gunung yang bisa dilihat. Banyak spot foto yang bisa dikatakan cukup bagus. Saya merekomendasikan memakai jaket saat berkunjung ke sini karena cuacanya sangat dingin. Akses jalan dapat dilalui dengan sepeda motor atau mobil. Tidak ada tiket masuk ke tempat wisata ini. Bagi teman-teman yang berkunjung ke kota Batu Malang jangan lupa mampir ketempat ini pasti tidak akan mengganggu.-062_Syafi' Ainul Yahya


 


0 Response to "Wisata Alam Brakseng Batu Malang: Destinasi Terpopuler 2024"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed