-->

Internet of Things (IoT), Solusi Hidup Lebih Mudah Dengan Konektivitas Jaringan

Cara kerja Internet of things (IoT) adalah dengan memanfaatkan sebuah algoritma yang telah tersusun pada sebuah sistem dan menghubungkan pada ....

Internet of Things (IoT), Solusi Hidup Lebih Mudah Dengan Konektivitas Jaringan - Internet of Things (IoT) pertama kali diperkenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dengan gambaran umum konsep IoT sebagai kemampuan untuk menghubungkan objek-objek cerdas (Modern) ataupun memungkinkan melakukan interaksi antar objek termasuk peralatan komputasi cerdas melalui jaringan internet. Tergolong sebagai bentuk perkembangan teknologi yang maju, pada tahun 2014 CISCO telah menargetkan bahwa tahun 2020, 50 miliar objek akan terhubung dengan internet.

Hingga kini perkembangan teknologi IoT yang memebrikan kemudahan pada kehidupan telah menyeluruh ke berbagai jenis dan bidang penggunaan, misalya saja dari sisi penggunaan perorangan seperti aplikasi rumah cerdas dan mobil pintar yang integrasi dengan internet, dan dari sisi bisnis perusahaan seperti optimalisasi kerja alat untuk meningkatkan kualitas produk, mempersingkat pengerjaan, mengawasi distribusi dsb.

Mengenal internet of things (IoT) dan Konsep Kerjanya

Internet of things (IoT) adalah sebuah konsepsi dimana sebuah objek benda diberikan penanaman teknologi berupa sensor dan software yang bertujuan untuk dapat melakukan interaksi, mengendalikan, menghubungkan dan bertukar data melalui perangkat lain yang terintegrasi menggunakan sinyal internet. Oleh sebab itu IoT dapat dikatakan memiliki keterkaitan dengan konsep machine-to-machine (M2M) atau seluruh alat yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan smart device.

Cara kerja Internet of things (IoT) adalah dengan memanfaatkan sebuah algoritma yang telah tersusun pada sebuah sistem dan menghubungkan pada sebuah perangkat untuk menjalankan fungsi tertentu dengan jaringan internet sebagai connector. Oleh sebab itu perkembangan Internet of things (IoT) dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dengan lebih mudah dan fleksibel melalui pengendalian perangkat secara otomatis.

Unsur-Unsur Internet of Things (IoT)

Setelah memahami pengertian dan konsep kerja dari Internet of things (IoT), meskipun secara konsep umum dapat dijelaskan dengan sederhana jika konsep IoT mengerjakan suatu perangkat dengan algoritma yang telah tersusun melalui bantuan internet, rupanya untuk membangun sebuah teknologi IoT setidaknya terdapat beberapa unsur yang saling berkonfigurasi satu sama lain, yaitu:

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasa buatan ini merupakan penemuan yang memungkinkan memberikan algoritma, berbagai data serta pemasangan jaringan sehingga objek dengan peragkat mesin dapat memiliki perintah untuk dijalankan.

Konektivitas

Konektivitas dalam Internet of things (IoT) mengacu pada hubungan antar jaringan yang pada sistem IoT ini terdiri dari perangkat micro dan setiap sistem algoritmanya yang saling terhubung melalui jaringan.

Sensor

Pada Internet of things (IoT) terdapat unsur komponen berupa sensoryang bertujuan untuk mendefinisikan sebuah perintah algoritma, jadi melalui jaringan oleh sensor sistem pasif pada perangkat dapat berubah menjadi aktif dan terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

Perangkat Micro

Perangkat micro ini merupakan sebuah perangkat dengan microcomputer sebagai CPU utamanya. Dalam Sistem IoT perangkatyang berukuran kecil ini menjadi sebuah perangkat dengan keunggulan efektifitas dan skalabilitas tinggi.

Manfaat dan  Penerapan Internet of Things (IoT) di Berbagai Bidang

Sebagai perkembangan teknologi yang berperan besar dalam membantu kegiatan manusia, teknologi IoT ini pada dasarnya memiliki manfaat untuk efisiensi waktu, memerikan koneksi perangkat yang lebih flesibel serta dapat memonitor kegiatan secara praktis. Makanya tak heran jika penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang, berikut adalah contoh penerapan Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari.

Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan teknologi Internet of Things (IoT) memiliki manfaat dalam pengembangan mesin dan alat medis untuk mendukung kinerja yang lebih efektif dan efisien, contoh penerapan dalam bidang kesehatan ini diantaranya: proses pendataan detak jantung, mengukur kadar gula, melakukan MRI, mengecek suhu tubuh dan lain sebagainya

Bidang energi

Penerapan teknologi Internet of Things (IoT) dalam bidang energi pada dasarnya digunakan untuk meminimalisir permasalahan dalam yang dapat terjadi seperti polusi/pencemaran dan berkurangnya pasokan sumber daya seperti misalnya penerapan sensor cahaya lampu untuk menonaktfkan secara otomatis.

Bidang Transportasi

Dalam bidang transportasi Internet of Things (IoT) dapat digunakan untuk memberikan kontrol baik langsung pada transportasi yang digunakan ataupun sistem lalu lintas yang ada. Contoh dalam bidang antara lain sistem mobil pintar, sistem lampu lalu lintas dsb.

Bidang Lingkungan

Teknologi transportasi Internet of Things (IoT) dalam bidang lingkungan dapat diorientasikan pada upaya pemantauan atau pendataan kondisi lingkungan secara up to date. Contoh penerapannya misalnya penelitian kualitas air minum.

Sebagai perkembangan teknologi yang mampu mengirimkan data dan memberikan proses melalui jaringan, Internet of Things (IoT) merupakan solusi solutif untuk efisiensi pekerjaan manusia dengan konektivitas dan efektivitas monitoring. Manfaat perkembangan yang telah dibuktikan di berbagai bidang dapat menjadi penilaian bahwa perkembangn IoT sangatlah memebrikan dampak yang positif 

0 Response to "Internet of Things (IoT), Solusi Hidup Lebih Mudah Dengan Konektivitas Jaringan"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed