-->

Wisata Pantai Teluk Ijo Banyuwangi (Green Bay)

Wisata Pantai Teluk Ijo Banyuwangi (Green Bay)


Wisata Pantai Teluk Ijo Banyuwangi (Green Bay) – Kota Gandrung ini memang cukup terkenal di dunia pariwisata, tak heran jika traveler yang datang ke Wisata Bali kerap kali akan menyempatkan waktunya menyebrang untuk menikmati keindahan di Banyuwangi.

Daya tarik Banyuwangi ini kerap kali disuguhkan dengan landscape pemandangan alam epic dan sangat menarik. Selain itu wilayah ini juga memiliki alam yang masih asri, bayangkan saja kota ini masuk dari bagian dua Taman Nasional popular, Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan Africa van Java dan Taman Nasional Meru Betiri sebagai tempat konservasi penyu.

Keindahan alam di Banyuwangi ini sangat bervariasi, mulai dari bawah laut hingga puncak gunung, semuanya bisa dinikmati, misalnya saja Snorkeling di Bangsring Under Water dan pulau Tabuhan, mendaki jalur hiking ekstream di Gunung Raung, hingga menikmati Samudra Awan Gunung Ranti.

Dan ada satu lagi sebuah objek destinasi wisata terkenal berkat keindahan, keasrian dan ketenangannya sehingga wisatawan dapat merasakan kenyamanan berwisata yang menyenangkan. Yup, destinasinya adalah Pantai Teluk Ijo Banyuwangi atau yang kerap disebut “Green Bay”.


Lokasi Pantai Teluk Ijo (Green Bay)

Pantai Teluk Ijo atau Green Bay ini terletak di Dusun Krajan, Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi dan masuk dalam bagian area Taman Nasional Meru Betiri. Jika dari Pelabuhan penyebrangan Ketapang, jarak menuju destinasi ini berjarak cukup jauh, yaitu sekitar 94 Km. Jadi, jika sobat datang menggunakan transport umum dan tiba disana, opsi terbaik untuk datang kemari adalah menyewa kendaraan pribadi.

Sementara jika datang dari arah Jember, akses terbaik adalah melalui Gumitir dilanjutkan ke Kalibaru, Glenmore dan Genteng hingga setibanya di Genteng Kulon, sobat dapat ikuti jalan menuju Pantai Rajegwesi.

Perjalanan menuju teluk Ijo tidak selesai dengan kendaraan saja, sobat masih perlu hiking lebih kruang 1 Km melewati anak tangga menuju Pantai Batu terlebih dahulu kemudian dilanjutkan melewati jalan setapak untuk samapi ke Teluk Ijo, atau opsi lainnya adalah dengan menyewa perahu.

Jalan trekking hutan Menuju Pantai Teluk Ijo (Green Bay)


Harga Tiket Pantai Teluk Ijo

Memiliki keindahan dan sensasi seakan pantai Private, rupanya harga tiket Pantai Teluk Ijo (Green Bay) ini sangatlah murah, yaitu hanya sebesar Rp 7.500/orang. Selain itu, jika sobat tidak ingin hiking untuk ke lokasi utama Teluk Ijo atau merasa lelah saat perjalanan pulang, tenang saja  sob… Disini juga tersedia layanan perahu yang siap menjadi transportasi, jadi gaperlu lagi hiking cukup jauh.

Harga perahu ke Teluk Ijo ini dibandrol Rp 50.000/orang untuk perjalanan PP, namun sobat bisa juga menggunakan satu kali perjalanan saat hendak pulang hanya dengan biaya Rp 25.000/orang.


Daya Tarik Pantai Teluk Ijo

Tidak hanya satu spot yang menjadi incaran wisatawan saat datang kemari, destinasi ini memiliki tiga daya tarik utama yang menawarkan keindahan alam berbeda.

Pertama, sisi Pantai Teluk Ijo yang memiliki hamparan pasir putih halus cukup luas. Tempat ini menjadi objek tujuan utama karena lokasinya yang sangat sempurna untuk berlibur di tempat asri dan tidak terlalu ramai. 

Sesuai dengan namanya “Ijo”, air di pantai ini memang terlihat agak berwarna hijau, bersanding dengan hijaunya kawasan sekitar tak heran jika nuansa alam asli masih menyelimuti tempat ini.

Kedua, Air terjun mini yang tidak jauh dari pesisir pantai Teluk Ijo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan berada di sekitar area bebatuan. Tempat ini cocok untuk membilas badan setelah bermain air laut.

Ketiga, Pantai Batu Banyuwangi, sebelum tiba di Teluk Ijo sobat akan menemukan sebuah pantai yang mana pesisirnya diisi dengan batu bukannya pasir, dan bukan pula batu karang melainkan benar-benar Batu biasa. Spot yang cukup unik ini bisa menmberikan gambar dengan citra berbeda untuk mengisi media sosial sobat.

Eits, tapi disekitarnya masih ada juga kok spot foto popular berupa air laut yang masuk di antara tebing karang besar. Foto disini juga cukup bagus, jadi sampai kelewatan. Ombak di pantai Teluk Ijo memang tidak terlalu besar untuk bermain air, tapi tetap hati-hati dan jangan terlalu ke tengah.



Penginapan Sekitar Pantai Teluk Ijo

Penginapan terdekat dari Teluk Ijo ini adalah Java Turtle Lodge Meru Betiri, lokasi penginapan ini juga berada di dekat pantai dan masih masuk dalam area Taman Nasional Meru betiri.

Jika sobat datang dari luar kota, penginapan ini menjadi rekmendasi tempat bermalam yang sangat menyenangkan. Apalagi ketika bertepatan dengan Pelepas liaran penyu, sobat dapat turut ambil bagian dan menikmati moment langkah tersebut.

Tata ruang dari penginapan ini juga masih mengusung tema natural untuk memberikan pengalaman menyatu dengan alam. Untuk menginap disini, biaya yang perlu dikeluarkan setidaknya Rp 395.000/malam.

Penginapan sekitar Pantai Teluk Io, Java Turtle Lodge Meru Betiri


Ulasan Wisatan di Pantai Teluk Ijo

Pantai Teluk Ijo memang menjadi spot wisata alam terbaik di Banyuwangi, bahkan di Google lokasi in telah mendapat lebih dari 1900 ulasan dengan rating star 4.7, dan mayoritas wisatawan memang terpesona serta merasa puas berkunjung kemari.

Pantainya baguss bangett, gk rugi sih meskipun jauh2 ke sini, bener2 seindah itu. Tiket masuknya pun murah - Asyifa Hapsari

 

Hiking naik turun bukit terbayarkan dengan pemandangan indah di pantai. segaris dengan pantai pulau merah. Kebersihan dan Kelestarian tetap harus dijaga di Taman Nas. Meru Betiri ini.- satrio suryo prayogo

Berada di area alam asri yang maish dikelolah Taman Nasional Meru Betiri, saat berkunjung ke Pantai Teluk Ijo (Green Bay) ini pastikan sobat untuk menjaga kelestarian engan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak kenekaragaman hayati apapun yang ada disini.


1 Response to "Wisata Pantai Teluk Ijo Banyuwangi (Green Bay) "

  1. Jalan menuju pantai utamnya teluk ijo cukup jauh dan terasa melelahkan kalau jalan kaki, jadi kalau gada persiapan fisik atau rajin berolaraga mending pakai perahu aja,,,seru juga ko bisa nikmati pemandangan laut

    ReplyDelete

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed