-->

5 Cara Hidup Sehat Sederhana Mencegah Katarak Mata

Katarak merupakan masalah kesehatan pada mata dimana lensa mata yang biasanya bening dan jerning berubah menjadi keruh
Perbedaan pandangan penderita katarak dan orang normal

5 Cara Hidup Sehat Untuk Cegah Katarak Mata-Data World Hearth Organization (WHO) menyebutkan jika setidaknya terdapat 125 juta orang mengalami disabilitas penglihatan dan  lebih dari 50 juta orang buta di seluruh dunia dengan 51% diantaranya terjadi akibat katarak.

Katarak sendiri merupakan kelaina lensa yang bervariasi menurut tingkatan kekeruhannya, gangguan kesehatan ini kereap kali menyerang orang yang telah berusia lanjut ataupun orang dengan tingkat ekonomi rendah.

Mengapa hal itu bisa terjadi? jadi, sob, secara sederhananya penyebab katarak ini terjadi akibat adanya perubahan pada jaringan mata yaitu dimana protein didalam mata mulai menghalangi pandangan. Lensa mata manusia sebagian besar terbentu dari air dan protein, jadi dengan bertambahkan usia, lensa akan menjadi semakin tebal dan tidak lagi fleksibel.

Sedangkan gangguan mata pada orang dengan tingkat ekonomi rendah sendiri dapat terjadi karena pekerjaan yang sering kali dilakukan mereka membuat mata sering terpajan sinar matahari sehingga dapat memberikan kerusakan pada kornea, lensa dan retina mata.

Namun sobat jangan hanya mengira demikian saja, ada faktor lain yang dapat memicu katarak seperti penyakit sistemik misal diabetes mellitus, infeksi atau kelainan dari sejak lahir, serta pola hidup tidak sehat.


Apa itu Katarak?

Katarak merupakan masalah kesehatan pada mata dimana lensa mata yang biasanya bening dan jerning berubah menjadi keruh sehingga membuat penglihatan menjadi berkabut atau bahkan tidak dapat melihat sama sekali.


Cara Mudah Mencegah Katarak Dengan Pola Hidup Sehat

Umumnya katarak terjadi pada orang berusia diatas 40 tahun, namun tentunya katarak ini dapat sobat cegah atau minimalisir proses pembentukannya. Ada banyak cara sederhana yang dapat sobat lakukan untuk menjaga kesehatan mata. 

Tidak hanya untuk katarak, menjaga kesehatan mata juga penting untuk mengindari berbagai masalah kesehatan mata lainnya. Biaya pengobatan mata yang terbilang sangat mahal tentunya sangat merugikan jika pada dasarnya kita bisa cegah dengan pola hidup yang sehat. Bayangkan saja, untuk operasi kataran dan lasik mata setidaknya sobat perlu mengeluarkan biaya hingga 20 jutaan permatanya. 

Berikut adalah empat cara hidup sehat untuk mencegah katarak dengan sederhana:


Konsumsi Makanan Vitamin C

Vitamin C merupakan kandungan yang dapat sobat jumpai dengan mudah diberbagai buah dan sayur seperti jeruk, strawberry, tomat, anggur bahkan telah tersedia tablet khususnya.

Vitamin C ini dapat kita sebut dengan nutrisi multifungsi, bayangkan saja vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan, proantioksidan, pengikat logam, pereduksi, dan penangkap oksigen. Peran vitamin C ini sangat pentig bagi tubuh, kekuragan vitamin C dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti asma, kanker, diabetes, dan penyakit hati.

Tak hanya itu saja, sobat tau nggak jika vitamin C juga dapat meperkecil terbetuknya katarak dan penyakit mata lainnya. Hal ini tentu dapat terjadi karena fungsi antisoksidan-nya guna menurunkan tekanan darah dan kolestrol untuk mencegah stroke serta penyakit jantung.


Konsumsi Makanan Vitamin E

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang cukup kuat serta dapat memproteksi sel-sel membran dan LDL (Low Density Lippoprotein) kolestrol dari perusakan akibat radikal bebas. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu dalam perlambatan proses penuaan pada arteri dan melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker, penyakit hati dan katarak.

Kandungan ini juga dapat dengan mudah sobat dapatkan di berbagai kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati. Bagaimana? Sederhana bukan, hanya cukup menjaga asupan nutrisi Vitamin C dan E sobat dapat menjaga diri dari berbagai macam gangguan kesehatan termasuk katarak.


Berhenti Merokok

Merokok menjadi salah satu kebiasaan yang memberikan anyak dampak negatif terhadap kesehatan. Tidak hanya merusak organ dalam seperti paru-paru dan hati, rupanya merokok juga memiliki hubungan dalam terjadinya katarak.

Bahkan dari berbagai penelitian kasus-kontrol, didapati bahwa merokok meningkatkan peluang terjadinya katarak. Seperti dalam penelitian faktor yang berhubungan dengan terjadiy kkatarak senilis di RSUD Bangkinang dimana berdasarkan uji chi-squere didapati hasil bahwa perokok berpeluang 7.5 mengalami katarak sinilis.

lalu bagaimana hal itu dapat terjadi? sobat harus tau kalau merokok dapat menginduksi stress oksidatid dan memiliki hubungan dalam penurunan kadar antioksidan, askorbat dan karotenoid yang mana jika dibiarkan secaraterus-menerus dapat memicu kerusakan protein lensa.

Tidak hanya itu saja, merkokok juga menyebabkan lalu bagaimana hal itu dapat terjadi? sobat harus tau kalau merokok dapat menginduksi stress oksidatid dan memiliki hubungan dalam penurunan kadar antioksidan, askorbat dan karotenoid yang mana jika dibiarkan secara terus-menerus dapat memicu kerusakan protein lensa.


Jaga Mata Dari Terpajang Sinar Ultraviolet

Sobat mungkin berpikir bagaimana katarak sering kali terjadi pada orang dengan tingkat ekonomi rendah, selain faktor kurangnya asupan nutrisi penting rupanya faktor lain yang paling berpengaruh adalah jenis pekerjaan. Ada berbagai jenis pekerjaan yang memungkinkan orang untuk berada terus dibawah paparan sinar matahari sepanjang hari. Atau lebih spesifiknya, seringnya terpajan sinar ultraviolet. 

Jika sobat berada di bawah paparan sinar matahari lebih dari 4 jam, sinar ultraviolet akan diserap oleh proteion lensa terutama reksi asam amino yang akan berubah menjadi molekul bersifat radikal bebas yang dapat  menimbukan kekeruhan pada lensa mata.

Sobat wajib tau, jika masuknya radiasi sinar ultraviolet ke mata ini rupanya dapat diminimalisir dengan menggunakan alat bantu sepert topi dan kacamata hitam. Meskipun terlihat sederhana sayangnya masih banyak yang tidak mengetauhi cara efisien ini, bahkan berdasarkan berbagai data penelitian angka penderita katarak pada kelompok pekerja diluar ruangan nilainya masih lebih tinggi (65%) dibandingkan penderita yang bekerja di dalam ruangan.


Jaga Tingkat Kadar Gula DarahS

Sobat mungkin sudah megetauhi jika diabetes mellitus menjadi pengaruh besar dari terjadinya katarak. Penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula ini pada dasarnya dapat dicegah dengan gaya hidup yang sehat, seperti rajin berolaraga, menerapkan pola makan sehat, cukupi kebutuhan air putih serta mengolah stress.

Terjadinya katarak pada penderita diabetes melitus sendiri adalah akibat penumpukan glukosa pada mata. Mengapa bisa begitu? jadi gini sob, dalam keadaan normal, saat gula darah meningkat, maka perubahan glukosa oleh aldose reduktase menjadi serbitol meningkat. Selain itu perubahan serbitol menjadi fruktose relatif lambat dan tidak seimbang sehingga kadar serbitol dalam lensa mata meningkat, sorbitol menaikkan tekanan osmose intraseluler dengan akibat meningkatnya water uptake dan selanjutnya secara langsung maupun tidak langsung terbentuklah katarak.

Jadi bagaimana sob? bukankah keepat tips diatas sangatlah mudah untuk dilakukan. Tahapan pencegahan memang sebaiknya selalu kita lakukan sedini mungkin untuk menghindari permasalahan yang dapat terjadi. Termasuk dalam kasus katarak ini, “Kebanyakan dari peneritanya menyesal, karena tak bisa melihat dunia dengan terang dan jelas lebih cepat”.

Selain menjaga kesehatan dan melakukan langkah pencegahan, satu lagi yang tidak boleh sobat lewatkan adalah periksakan kondisi mata ke dokter mata profesional dan segera lakukan tindakan serius jika tanda-tanda katarak telah muncul.


Refrensi:

  • https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/393/311
  • http://eprints.ums.ac.id/5200/1/K100050212.pdf
  • https://journal.ugm.ac.id/plugins/generic/pdfJsViewer/pdf.js/web/viewer.html?file=https%3A%2F%2Fjournal.ugm.ac.id%2Fjkesvo%2Farticle%2FviewFile%2F52528%2F27174#%FE%FF%00_%00P%00A%00G%00E%008
  • https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/106620/FK_NUGROHO_BUKU%20TEKS_Penanganan%20Katarak-halaman-dihapus.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  • http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners/article/view/98

0 Response to "5 Cara Hidup Sehat Sederhana Mencegah Katarak Mata"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed