-->

Wisata Sumber Umbulan, Sungai Jernih di Desa Langlang Malang

Sumber Umbulan merupakan destinasi wisata di Desa Langlang, Singosari, Malang yang meyuguhkan keindahan sungai jernih hingga nampak transparan
Wisata Sumber Umbulan, Dok. Penulis

Malang raya merupakan sebutan untuk kawasan di Jawa Timur yang meliputi kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Wisata Batu. Meskipun memiliki 3 wilayah dengan administrasi berbeda, bagi orang luar Malang lebih dikenal sebagai kota pendidikan atau kota wisata.

Predikat Malang sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur memang tidak salah, baik di berbagai wilayahnya Malang selalu memiliki keindahan dengan nuansa tersendiri. Misalnya di wisata outdoor hutan pinus bumi perkemahan Bedengan di Kota Wisata Batu, Wisata kampung warna-warni di Kota Malang, dan Wisata Pantai Watu Leter di Kabupaten Malang.

Bagaimana? Dari berbagai Wisata di Malang yang terdapat di berbagai jenis keindahan alam tentunya memang hal yang wajar jika tempat di Jawa Timur mentednjadi destinasi tujuan berlibur baik oleh masyarakat jauh sekalipun. 

Pantai, Hutan, Wisata kultural, perkebunan apel dan lain sebagainya, semuanya bisa sobat temukan disini. Jika sobat baru pertama datang ke Malang ada lagi wisata yang wajib dikunjungi, yaitu Sumber Umbulan di Desa Langlang.



Wisata Sumber Umbulan Desa Langlang

Sumber Umbulan merupakan sebuah kolam yang langsung bersumber dari air sehingga tidak perlu diragukan lagi kesegaran, kesejukan dan kebersihannya. Jika kalian bermimpi untuk berenang di sebuah sungai dengan air bening dan tampak ikan-ikan besar, maka tempat ini juga menjadi rekomendasi terbaik untuk sobat kunjung.

Meskipun kolam air di Sumber Umbulan berukuran tidak terlalu besar, tapi dari pengalaman penuis disana, jujur saja tempat ini telah berhasil membuat betah dan sangat penuh kesan menyenangkan. Tidak perlu lagi editing foto dan lainnya, air disini benar-benar terlihat sangat bening jika sobat lihat dari atas.

Lokasi kolam Sumber Umbulan ini berada cukup jauh dari desa, jadi lokasi wisata ini juga cukup tenang tanpa dari kebisingan jalan atau acara yang diadakan masyarakat.


Lokasi Wisata Sumber Umbulan

Wisata Sumber Umbulan ini ada di Jl. Langlang No.3 RT.11, Langlang II, Langlang, Kec. Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Arah menuju lokasi ini ada di jalan besar Singosari, tentunya jika sobat datang dari arah Pasuruan menuju Kota Malang pastinya melewati tempat ini.

Akses lokasi menuju Sumber Umbulan juga terbilang sangat baik dengan sepenuhnya kendaraan melewati aspal, pastinya sudah bisa diakses baik roda dua maupun roda empat. 

Parkir kendaraannya juga berada di kawasan desa Langlang, jadinya disini sobat dapat dengan mudah juga membeli perbekalan sebelum masuk ke wisata Sumber Umbulan. Namun, tidak berhenti sampai disini saja, perjalanan menuju kolam air Sumber Umbulan ini masih dilanjutkan dengan jalan kaki melewati persawahan.

Dari parkir kendaraan setidaknya sobat perlu berjalan 200-300 meter dengan menyusuri sawah dan mengikuti aliran sungai kecil yang ada. Tidak terlalu ekstream, perjalanan menuju lokasinya terbilang sangat aman bahkan untuk anak-anak sekalipun dan tidak perlu kawatir takut tersesat.


Tiket Masuk Wisata Sumber Umbulan

Mungkin sobat akan berpikir untuk meninkmati keindahan alam yang seperti ini sobat perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Eits, jangan berpikir demikian, untuk berkunjung ke Sumber Umbulan di Desa Langlang ini sobat tidak perlu membayar tiket masuk, alias hanya membayar biaya parkir saja sebesar Rp 2.000/motor dan Rp 5.0000/mobil.

Meskipun demikian jangan berpikir jika pengolahan wisata di dalam tidak bagus, didalam area wisata ini berbagai fasilitas mulai dari beberapa gazebo kayu untuk tempat beristirahat, warung makanan dan minuman, serta tempat ganti baju.

Oiya dari perjalanan penulis kemari, menurut pendapat pribadi ruang ganti baju yang disediakan kuran cukup terawat, mulai dari ada lubang dibeberapa sisi, atau ada yang tidak ada kunci pintunya. Jadi untuk kenyamanan mungkin sobat dapat membawa tenda ganti sendiri atau datang kesini dengan dua orang untuk berjaga di luar ruang ganti.


Kolam air Sumber Umbulan bersumber lansung dari mata air yang ada
Kolam Air di Sumber Umbulan, Dok. Penulis
Tips dan Peraturan Berwisata di Sumber Umbulan

Ada beberapa tips yang dapat sobat lakukan agar perjalanan kemari menjadi lebih menyenangkan untuk dapat berswafoto indah seperti di media sosial.

  • Datang saat pagi-siang hari dengan cuaca yang cerah,
  • Datang saat tidak musim hujan,
  • Membawa pakaian ganti, dan tenda ganti jika ada
  • Membawa teman untuk menjaga ruang ganti seperti yang penulis jelaskan diatas
  • Membawa kamera serta waterproof untuk berswafoto lebih indah didalam air

Selain tips beikut sobat juga perlu memperhatikan aturan berwisata yang ditetapkan disini, antara lain:

  • Tidak membuang sampah sembarangan
  • Tidak melakukan perusakan pada berbagai jenis keanekaraaman hayati disini termasuk menangkap ikan yang ada di kolam
  • Menjaga ketertiban dan kebersihan


Sejarah Sumber Umbulan

Sumber Umbulan merupakan salah satu tempat peninggalan nenek moyang yang dahulunya sebagai salah satu tempat yan disakralkan oleh warga di desa Ngenep. Sumber Umbulan dikelola pertama kali sejak tahun 2016 oleh Bapak Muhammad Arifin yan merupakan salah satu wara di desa Ngenep.

Sumber Umbulan yang dahulunya hanya sebatas mata air biasa, kini telah menjadi sumber mata air yang tak hanya dinikmati airnya, tapi juga dinikmati keindahannya. Pengelolaan Sumber Umbulan bertujuan untuk melestarikan alam dan satwa liar yang ada disekitar sumber sekaligus menjadi salah satu sarana edukasi alam bagi para pengunjung.


0 Response to "Wisata Sumber Umbulan, Sungai Jernih di Desa Langlang Malang"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed