-->

Air Terjun Coklak, Destinasi Alam Ekstream di Banyuwangi

Destinasi Alam Ekstream di Banyuwangi, Air Terjun Coklak Dusun Darungan Glenmore


Air Terjun Coklak, Destinasi Alam Ekstream di Banyuwangi - Jawa Timur memang memiliki daya tarik pariwisata yang mengagumkan, mulai dari keindahan pantai, hutan hingga gunung semuanya memiliki pesona yang berhasil memikat minat wisatawan. 

Sebagai daerah yang terletak paling ujung dan bersebrangan langsung dengan Pulau Bali, Banyuwangi juga kerapdijadikan sebagai tujuan sekunder dari wisatawan yang datang untuk wisata di Bali. Lebih dari itu, tempat yang dijuluki Bumi Balekambang ini juga memiliki wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pariwisata di Banyuwangi sendiri memang telah banyak dikenal masyarakat luas terutama berkat kendahannya, misalnya saja Gunung Ranti dengan pesona lautan awan dan sunrise terbaik, Gunung Raung yang memiliki Jalur Pendakian Terkekstream se-Jawa, Serta Baluran yang dikenal dengan Afrikanya pulau Jawa.

Padahal di samping itu Banyuwangi masih memiliki berbagai destinasi wisata alam yang tak kalah epic, misalnya saja Air terjun Coklak yang memiliki keindahan di tengah hutan lebat sehingga perlu adrenalin untuk mengunjunginya.


Informasi Wisata Air Terjun Coklak

Air Terjun yang memiliki pesona keindahan di tengah hutan yang sulit dijamah ini memang kerap kali membuat rasa kagum dan rasa tertantang untuk mengunjunginya. Oleh sebab itu, Air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 30 Meter ini memang menjadi spot tujuan favorit khususnya bagi pecinta kegiatan outdoor penuh tantangan.

Penasaran dan tertarik untuk datang berkunjung ke air tejun Coklak? Sebelum mulai Menyusun rencana untuk datang kemari, pastikan sobat untuk membaca dulu informasi-informasi pariwisata yang pastiwa dapat membantu perjalanan sobat menuju kemari.


Lokasi Air Terjun Coklak

Lokasi air terjun coklak berada di Dusun Darungan, Desa Tegalharjo, Kec. Glenmore kabupaten Banyuwangi atau berjarak kurang lebih 65 Km dari Pelabuhan penyeberangan Ketapang atau jika dari Stasiun Kalibaru air terjun ini hanya berjarak sekitar 20 Km saja.

Meskipun demikian, tetap saja rute menuju air terjun ini tidak dapat disepelehkan. Untuk menuju lokasi air terjun coklak setidaknya sobat masih perlu melakukan hiking dengan jalur trekking yang tergolong cukup sulit.

Setidaknya dari parkir motor diarea warga, sobat perlu melakukan hiking selama 30-60 menit dengan jalur tanah bebatuan di hutan yang masih asri. Sekitar tahun 2018, akses jalan menuju lokasi utama air terjun memang telah mendapat perbaikan berupa jembatan dan tangga kayu, namun kini telah rusak dan menyisahkan bekasnya yang dapat digunakan sebagai petunjuk arah menuju kesana.

Perlu diingat juga jika di beberapa titik menuju air terjun sobat akan melewati medan terjal yang cukup menyusahkan, jadi pastikan persiapkan perlengkapan outdoor dan perbekalan secara matang sebelum datang kemari.

Destinasi Alam Ekstream di Banyuwangi, Air Terjun Coklak Dusun Darungan Glenmore


Rute Menuju Air Terjun Coklak

Rute Menuju Air Terjun Coklak dari Stasiun Kalibaru ini dapat dimulai dengan mengambil arah timur melewati Jl. Nasional III menuju Jl. Kadir dan selanjutnya ambil jalan menuju Jl. Komari, kemudian perjalanan tinggal lanjutkan saja menuju Dusun Darungan.

Untuk detail lokasi dan rute menuju air terjun ini sobat dapat klik “Lokasi Air Terjun Coklat”.

Setibanya di dusun Darungan, sobat dapat mulai bertanya kepada masyarakat lokal untuk membantu memberikan akses jalan menuju lokasi air terjun dan mencari tepat penitipan kendaraan. Berhubung pengelolahan wisata ini masih belum memiliki management baik dari pihak desa, jadi untuk datang kemari sobat tidak akan dikenakan tiket masuk, jadi cukup membayar biaya parkir kendaraan saja.

Nah, Setibanya di tempat penitipan, sobat dapat kembali kembal bertanya tentang rute menuju lokasi air terjun, meskipun banyak wisatawan ang telah datang kesana dan memiliki akses jalan yang sebenarnya terlihat jelas meskipun agak susah, ternyata tetap saja masih banyak wisatawan yang tersesat saat berkunjung kemari.

Destinasi Alam Ekstream di Banyuwangi, Air Terjun Coklak Dusun Darungan Glenmore


Tips Berkunjung ke Air Terjun Coklak

Memiliki akses jalan dengan medan outdoor yang cukup sulit, dengan mempertimbangkan dari pengalaman berbagai wisatawan yang datang kemari setidaknya terdapat beberapa hal yang dapat menjadi tips dan pastinya membantu perjalanan sobat kemari.

Berikut adalah Tips Berkunjung ke Air Terjun Coklak:

Datang ketika musim kemarau atau cuaca cerah

Membawa perbekalan makanan/minuman yang cukup

Menggunakan sepatu hiking

Membawa pakaian ganti yang hangat dan jaket serta mantel jika diperlukan


Tata Tertib Wisatawan Air Terjun Coklak

Meskipun tidak memiliki tata tertib tertulis, sebagai destinasi yang berada di alam dengan keadaan masih asri setidaknya saat sobat datang kemari pastikan untuk,

Tidak membuat kegaduhan seperti berteriak-teriak yang tidak dibutuhkan

Tidak merusak lingkungan (membuang sampah, berburu, merusak tanaman dll)


Komentar Netizen Tentang Air Terjun Coklak

Memiliki daya tarik wisata yang menawan sudah pasti banyak wisatawan yang datang kemari. Ulasan netizen sendiri dari tempat ini telah mencapai lebih dari 60 kali dengan rating 4.3. Rata-rata netizen selalu mengeluhkan rute perjalanan yang susah untuk dilewati, namun berkat keindahan air terjun dan keasrian alam sekitarnya rasa penat di perjalanan itu pastina telah terbayar.

Memiliki medan perjalanan yang cukup menantang, Air Terjun Coklak inipun hingga kini masih kerap dikunjungi wisatawan khususnya untuk spot olaraga di alam seperti trail running, mountain bike serta hiking trail.




0 Response to "Air Terjun Coklak, Destinasi Alam Ekstream di Banyuwangi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed