-->

Air Terjun Kembar Arum, Wisata Alam Asri di Banyuwangi

Air Terjun Kembar Arum merupakan salah satu destinasi alam yang ada di kompleks wisata Songgon


Air Terjun Kembar Arum, Wisata Alam Asri di Banyuwangi – Jawa Timur memang menjadi provinsi yang kaya dengan pesona keindahan alam menarik. Tepat bersebrangan langsung dengan Bali, Kota Gandrung (Banyuwangi) menjadi gerbang penyebrangan melalui Pelauhan Ketapang.

Citra Banyuwangi sendiri di mata pariwisata cukup dikenal berka hadirnya destinasi unik dan menarik yang memberikan daya tarik tersendiri. Khususnya pada wisata alamnya, Banyuwangi memiliki bentangan alam lengakap dari gunung hingga pantai dengan keindahan spektakuler yang membuatnya terkenal hingga ke luar negeri.

Wisata di Banyuwangi sendiri memang lebih dikenal pada destinasi alamnya meskipun sejatinya memiliki beragam daya tarik lain seperti kebudayaan osing.  Beberapa destinasi alam yang terkenal itu seperti contohnya, pendakian ekstream Gunung Raung, Ijen Blue Fire, Samudra awan Gunung Ranti, Savana Baluran dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menawarkan keindahan, wisata alam di Banyuwangi juga kerap menghadirkan sensasi tersendiri berkat keasrian yang memberikan kesejukan ataupun tantangan untuk mengunjunginya seperti misalnya Air Terjun Coklak dan Air Terjun Kembar Arum.

Wisata Air Terjun Kembar Arum memang cukup tekenal oleh masyarakat sekitar Banyuwangi, air terjun ini memiliki lebih dari satu aliran terjun dengan kolam berukuran luas yang sudah tertata rapi sehingga wisatawan pasti dapat bemain air dengan lebih leluasa.


Informasi Wisata Air Terjun Kembar Arum

Terletak di area lereng Gunung Raung, Air Terjun kembar Arum ini menjadi spot wisata terbaik bagi sobat yang ingin menikmati alam terbuka cukup tenang dan nyaman untuk berlibur. Tidak hanya menampilkan air terjun yang indah, area sekitar destinasi ini juga menghadirkan hawa udara yang berish, sejuk, segar serta ditambah lagi dengan aliran air cukup dingin dan bersih turut menambah kenikmatan saat berkunjung di salah satu Wisata Banyuwangi ini.

Bagaimana? Tertarik untuk datang ke air terjun di Banyuwangi ini. Sebelumnya pastikan sobat memiliki beragam informasi seputarnya untuk membantu perjalanan sobat kemari. Berikut penulis telah rangkumkan beberapa informasi menarik seputar wisata Kembar Arum.


Lokasi Air Terjun Kembar Arum

Lokasi Air Terjun Kembar Arum  terletak di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi atau berjarak kurang lebih 40 Km dari alun-alun Kota Banyuwangi dan masuk dalam kompleks wisata Songgon. Akses menuju lokasinya dapat dilalui dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan mulai dari motor hingga mobil lalu kemudian sobat masih perlu melakukan perjalanan hiking.



Jalan Menuju Air Terjun Kembar Arum

Untuk mencapai lokasi air terjun ini dari alun-alun kota, setidaknya sobat memperlukan waktu 1-2 Jam pejalanan dengan melalui Jl. Sritanjung menuju Jl. Nasional III hingga menuju Dusun Krajan dan melalui Jl. Songgon-Jl. Raya Songgon-Jl Ahmad Yani.

Untuk detail lokasi dan rute menuju area wisata air terjun ini sobat dapat klik “Rute Menuju Air Terjun Kembar Arum”.

Dari area parkir wisata, sobat masih harus melanjutkan perjalanan dengan hiking sekitar 600 meter dengan medan tanah di area persawahan dan kebun, kemudian turun melewati tangga semen yang telah disediakan, melalui sungai dengan jembatan kayu, dan sobat akan melewati lagi susunan anak tangga sebelum tiba di lokasi utama air terjun ini.


Harga Tiket Air Terjun Kembar Arum

Meskipun telah memiliki keindahan alam yang mempesona dan telah dibangun juga beragam fasilitas wisata mulai dari prkir area, akses jalan lebih tertata, warung, gazebo istirahat hingga mushola, sobat t perlu khawatir untuk mengeluarkan biaya besar untuk berkunjung kemari. 

Harga tiket Wisata Air Terjun Kembar Arum ini hanya sebesar Rp 5.000/orang baik weekday ataupun weekend serta terdapat juga biaya parkir sebesar Rp 5.000-Rp 10.000 untuk motor dan mobil.


Tips Berkunjung Ke Air Terjun Kembar Arum
>

Memiliki 4.5 dengan lebih dari 400 ulasan di google, sudah tak heran jika destinasi ini memang berhasil menarik minat wisatawan untuk datang mengunjunginya. Meskipun telah mendapat pengelolahan yang cukup bagus serta telah sering dikunjungi banyak orang setiap minggunya tetap saja sobat tidak boleh melupakan jika air terjun ini masih tergolong wisata alam cukup menantang di Banyuwangi.

Berikut beberapa tips yang dapat sobat perhatikan sebelum datang kemari agar liburan menjadi lebih seru dan meminimalisir hal kurang mengenakan:

Datang tidak saat puncak musim hujan/cuaca mendung

Membawa perbekalan makanan/minuman (antisipasi jika semua warung tutup)

Membawa pakaian ganti dengan packing kering

Menggunakan Sepatu Outdoor atau sandal untuk hiking

Tidak datang/pulang terlalu sore

Selain itu, karena lokasinya yang berada di area alam asi. Pastikan juga saat berlibur di Air Terjun Kembar Arum ini sobat untuk menjaga kebersihan baik dari sampah, menjaga fasilitas serta tidak mengotori air dengan sabun dan merusak ekosistem yang ada disana.


0 Response to "Air Terjun Kembar Arum, Wisata Alam Asri di Banyuwangi"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed