-->

Wisata River Tubing Sanenrejo Jember, Susur Sungai di Taman Nasional Meru Betiri Karya UKM Gelora Mahasiswa Pecinta Alam (GEMAPITA)

 

Wisata River Tubing Sanenrejo Jember,
sumber gambar ig @rivertubingsanenrejo

Wisata River Tubing Sanenrejo Jember, Susur Sungai di Taman Nasional Meru Betiri- Kota Jember yang memiliki Sebagian dari Taman Nasional Meru Betiri (TNBTR) pastinya memiliki keindahan alam yang sangat indah. Seperti yang terletak di daerah Sanenrejo yang memiliki bentangan sungai besar di bendungan Dam Rejo (BDR). Berbeda dari kebanyakan wisata alam di Jember yang kebanyakan hanya menawarkan keindahan alam seperti Pantai Cemara atau destinasi untuk aktivitas outdoor hiking seperti Batu Jubang. Wisata di Sanenrejo ini menawarkan kepada sobat kegiatan wisata seru dengan menyusuri sungai sepanjang 3 km menggunakan ban.

Wisata River Tubing ini berbeda dengan rafting, jika rafting menggunakan mode transortasi perahu karet, sementara tubing hanya menggunakan ban, jadi sobat tidak perlu bingung belajar bagaimana cara mengendalikan media susur sungai kalian, dengan begitu sobat dapat menikmati kegiatan susur sungai dan melihat pemandangan alam yang ditawarkan. Di Jember sendiri masih sedikit wisata yang memiliki kegiatan seru tubing, pada awal 2021 sobat dapat mencoba wisata ini di Puncak Badean, namun kini sudah tidak bisa lagi karena disana menggunakan aliran sungai langsung yang sekarang akibat banjir menyebabkan bebatuan disungai menjadi tidak aman untuk kegiatan tubing. Namun jangan khawatir dengan wisata tubing di Sanenrejo ini, pihak pengelola menggunakan sungai bendungan Dam Rejo (BDR) yang tentunya aliran sungai dapat lebih stabil.

Wisata River Tubing Sanen Rejo ini mulai dibangun sejak akhir tahun 2021 dan telah diresmikan serta grand-opening pada 15 januari 2022. Ide wisata ini dirintis oleh UKM Gelora Mahasiswa Pecinta Alam (GEMAPITA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ). melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Kemendikbudristek, GEMAPITA berhasil menerima dana hibah melalui pengajuan judul proposal Pemberdayaan ekonomi masyarakat Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) melalui Potensi Wisata River Tubing. Jadi, dengan terbentuknya wisata river tubing Sanenrejo ini dapat meningkatkan dan membuka lapangan pekerjaan baru khususnya bagi masyarakat asli Sanenrejo.

Lokasi dan Tarif Harga Paket Tubing

Wisata River Tubing Sanenrejo berlokasi di Bendungan Dam Rejo (BDR), Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Untuk dapat menikmati keseruan bermain tubing disini sobat dapat memilih antara dua paket wisata yaitu: Paket Reguler seharga Rp 30.000 per-orang dengan fasilitas (Tiket masuk BDR, Alat Tubing, Guide, Safety equipment dan dokumentasi) serta paket Extra Fun seharga Rp 50.000 per-orang dengan fsilitas (Tiket masuk BDR, Alat Tubing, Guide, ojek menuju lokasi start, Safety equipment dan dokumentasi).

Harga tersebut tentunya tergolong cukup terjangkau, terlebih lagi aktivitas wisata outbond ini merupakan kegiatan yang jarang ditemui. Sebelum sobat datang untuk meikmati outbond tubing ini sobat dapat menonton terlebih dahulu beragama keseruan di Wisata River Tubing Sanenrejo melalui media sosial Instagram @rivertubingsanenrejo atau channel youtube “wisata river tubing desa sanenrejo” serta untuk reservasi dapat melalui kontak person di bio Instagram pengelolaan wisata river tubing sanenrejo.

 

0 Response to "Wisata River Tubing Sanenrejo Jember, Susur Sungai di Taman Nasional Meru Betiri Karya UKM Gelora Mahasiswa Pecinta Alam (GEMAPITA)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed