-->

Pantai Clungup Malang, Wisata CMC (Clungup Mangrove Conservation)

 Pantai Clungup Malang, Wisata CMC (Clungup Mangrove Conservation) – Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang sangat tekenal akan potensi wisatanya yang berhasil menarik minat wisatawan luar daerah. Meskipun terkenal dengan julukan kota Apel karena karakterikstik geografi berupa dataran rendah hinga tinggi, rupanya Malang Raya juga memiliki kawasan peraiaran pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi, misalnya saja Pantai Balekambang yang mirip Tanah Lot Bali serta Pantai Clungup ini yang terkenal dengan keasriannya dimana pantai ini sangat mengedepankan konservasi.


Pantai Clungup Malang, Wisata CMC (Clungup Mangrove Conservation), Pantai Tiga Warna
source instagram @achmadrizky1603_

Pantai Clungup ini terletak tidak jauh dari beberapa pantai terkenal di Malang lainnya seperti Pantai, Gatra, Pantai Savana, Pantai 3 warna dll. Diantara pantai-pantai yang bersandingan, Pantai Clungup ini lebih dikenal berkat ombak lautnya yang relatif tenang sehingga nuansa ketenangan akan dapat sobat nikmati di pantai ini. Pantai Clungup ini juga masih dketauhi oleh banyak orang sehingga saat sobat berkunjung kemari jangan kaget jika pantai ini terbilang sepi pengunjung, oleh karena itulah pantai ini juga terkenal dengan kebersihan pantainya yang terjaga.


Dikenal juga dengan nama CMC (Clungup Mangrove Conservation) pantai ini memiliki keasrian ekosistem pantai yang alami yang lestari. Ketenangan yang ada di pantai ini berpalut dengan keasrian alamnya membuat Pantai Clungup ini menjadi tujuan yang sangat tepat untuk dikunjungi jika sobt sedang stress.


Informasi Panduan Berwiisata di CMC (Clungup Mangrove Conservation)

Lokasi dan Rute Pantai Clungup Malang

Pantai Clungup ini terletak di Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang atau jika sobat dari Malang kota setidaknya sobat perlu menempuh perjalanan hampir 80 km degan durasi waktu 2 jam lebih. Untuk detail lokasi dan rute menuju Pantai Clungup kalian dapat klik "Lokasi Pantai CLungup".


Untuk menuju Pantai Clungup ini sobat hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju arah Turen dan lanjutkan dengan berbelok pada simpang tiga yang mengarahkan kalian ke Pantai Sendang Biru, nantinya kalian akan menemukan petunjuk lainnya bertuliskan CMC (Clungup Mangrove Conservation).


Tidak berhenti sampai disitu, untuk tiba di Pantai Clungup sobat masih harus hiking menuju pos 1 Clungup Mangrove Conservation atau dapat juga sobat menggunakan layanan ojek warga disana. Namun jika sobat datang ke pantai ini dengan menggunakan motor, sobat dapat melanjutkan perjalanan hingga tiba diparkir area dekat pos 1.


Hiking Menuju Pantai Clungup

Sesuai dengan namanya yang mengedepankan konservasi, untuk tiba di garis Pantai Clungup in sobat masih harus berjalan atau hiking menyusuri kawasan hutan bakau yang sangat asri. Sebelum memasuki area Pantai Clungup atau di pos 1, pengunjung akan diperiksa terlebih dahulu semua barang bawaannya dan didata, hal ini dilakukan untuk pendataan ulang yang dilakukan di akhir kunjungan. Hal in dilakukan untuk mendata apakah pengunjung meninggalkan sampah atau tidak di Pantai Clungup, dengan begini kebersihan pantai ini sudah pasti tidak dapat dihiraukan lagi.


Setelah melalui pos 1, selanjutnya di pos 2 inilah sobat perlu membayar tiket masuk wilayah. Mulai dari sini perjalanan kalian menuju Pantai Clungup akan diisi dengan pemandangan rimbunnya hutan bakau yang sangat terjaga.


Jam Buka dan Tarif Tiket Pantai Clungup

Pantai Clungup ini dibuka 24 jam setiap harinya, namun kebanyakan pengunjung yang datang di pantai ini biasanya adalah pada pagi dan siang hari. Berbeda dengan pantai lainnya yang ramai di sore hari, saat sore hari air di pantai ini menjadi surut dan menyisakan pasir yang sangat luas.


Meskiun tekenal dengan kawasan koservasi yag sangat alami sehinga menawarkan keindahan alam yang mempesona, siapan sangka jika tarif masuk pantai ini rupanya sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 10.000 saja sobat sudah dapat menikmati keindahan pantai ini.


Dipantai ini juga telah tersedia beberapa fasilitas yang dapat pengunjung gunakan pada saat bewisata di Pantai Clungup. Fasilitas-Fasilitas seperti parkir kendaraan yang aman, camping ground serta mushola telah tersedia dan terjaga pula.


Daya Tarik Pantai Clungup Malang

Pemandangan Lautan Pasir Pantai Clungup

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang pemandangannya selalu menampilkan deburan ombak, di pantai ini terutama pada saat jam surut pantai, sobat akan menemukan peandangan yang cukup langkah, yaitu pemandangan lautan pasir.


Ombak Tenang dan Pantai yang Landai

Meskipun terletak di pantai selatan yang terkenal dengan ombak besar, di Pantai Clungup ini sobat tidak akan menemukan ombak besar yang membuat bising saat malam. Pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang dengan kontur pantai yang landau, tentu saja ini dapat terjadi karena pantai ini dilindungi oleh beberapa pulau kecil yang dapat sobat saksikan dari tepi Pantai Clungup.


Berkemah di Pantai Clungup

Berkemah di pantai memang menjadi aktivitas menyenangkan untuk menghilangkan stress, menikmati udara malam di kawasan yang segar dan asri serta jauh dari keramaian, ditambah lagi dengan sura deburan ombak yang tenang pastinya merupakan kegiatan yang sangat tepat dilakukan sebagai bentuk self healing. Camping Ground yang ada di pantai clugup ini terletak di kawasan yang lebih rimbun dengan pepohonan dan rerumputan sehingga sobat pastinya akan menikmati suasana malam yang nikmat. Untuk dapat berkemah di Pantai Clungup sobat perlu membayar hingga 2x lipat dari tarif kunjungan biasa.


Pantai Clungup yang terletak di Malang ini merupakan destinasi wisata pantai yang sangat epic, penyajian keasrian alam yang dapat dinikmati siang dan malam selama 24 jam membuat siapa saja yang datang akan betah untuk berlama-lama. Pastikan sobat untuk menaati seluruh aturan saat berkunjung di pantai ini, terutama menjaga kelestrarian alam yang ada di Pantai Clungup.


0 Response to "Pantai Clungup Malang, Wisata CMC (Clungup Mangrove Conservation)"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed