-->

Mendaki Gunung Buthak via Panderman: Seven Summits Jawa Timur 2868 Mdpl

Gunung Buthak memiliki ketinggian 2868 Mdpl, sehingga menjadikannya salah satu seven summit di Jawa Timur setelah Gunung Semeru (3676 Mdpl), Gunung Raung (3344 Mdpl), Gunung Arjuno (3339 Mdpl), Gunung Lawu (3256  Mdpl), Gunung Welirang (3156 Mdpl), dan Gunung Argopuro (3088 Mdpl).
Penulis Sobat Hiking di Puncak Gunung Buthak

Gunung Buthak menjadi salah satu seven summits di Jawa Timur yang sering dibilang cocok untuk pemula. Anggapan itu muncul karena jika dari trekknya memang gunung ini cukup banyak landainya, ditambah lagi ada sumber air di camping area sehingga management air saat mendaki sering tidak diperhatikan.

Gunung Buthak memiliki beberapa jalur pendakian, salah satunya adalah via Panderman di Batu, Malang. Jalur ini menjadi salah satu jalur paling sering dilewati, bukan tanpa alasan di jalur pendakian ini bahkan pendaki bisa menggunakan jasa ojek hingga ke pos 3 dimana tiap pos-nya dikenakan tarif 50 ribu rupiah, tentunya biaya ini diluar tiket pendakian Gunung Buthak sebesar Rp 15.000/Orang. Sesuai dengan namanya, Gunung Buthak via Panderman ini juga satu arah dengan pendakian gunung Panderman.

Gunung Buthak memiliki ketinggian 2868 Mdpl, sehingga menjadikannya salah satu seven summit di Jawa Timur setelah Gunung Semeru (3676 Mdpl), Gunung Raung (3344 Mdpl), Gunung Arjuno (3339 Mdpl), Gunung Lawu (3256  Mdpl), Gunung Welirang (3156 Mdpl), dan Gunung Argopuro (3088 Mdpl).

Statusnya sebagai seven summits di Jawa Timur, tentu nggak heran jika gunung ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya, tapi tenang saja jangan khawatir akan overload, karena camp area disini benar-benar sabana luas yang bisa menampung ribuan tenda kok. 

Sobat tertarik datang ke Gunung Buthak? Yuk baca dulu ragam informasinya

Jalur Pendakian Gunung Buthak via Panderman

Kalau dari kondisi trek-nya memang gunung ini masih ramah untuk pemula sekalipun. Setelah menyelesaikan registrasi dengan membayar biaya tiket dan menyerahkan KTP ketua tim (Jika camp) sobat langsung akan melalui jalanan berbatu dengan tingkat elevasi tidak terlalu terjal, bahkan cukup landai.

Nantinya akan ada banyak percabangan jalan termasuk yang menuju ke Gunung Panderman, tapi tenang saja pasti ada petunjuk jalan yang membantu kalian agar tidak salah jalan. Menuju ke pos satu jalur akan berubah menjadi dominasi tanah. Dari sini sudah tidak ada percabangan lagi. Jalur dari pos 1 hingga ke Pos 3 tidak terlalu terjal semua, dan banyak jalan landai dengan area terbuka yang bisa dijadikan tempat beristirahat. 

vegetasi dari basecamp hingga pos 4 juga di dominasi pepohonan rimbun, jadinya tidak terlalu panas meskipun saat siang. Dan setelah pos 2 menuju pos 3, sobat akan melewati hutan lumut. Hutan Lumut ini sama halnya dengan hutan biasa dengan vegetasi yang lebat, uniknya pepohonan disini juga diselimuti oleh lumut sehingga kondisi sekitarnya terasa lebih lembab. 

Setelah pos 3, jalan yang lebih menanjak akan sobat hadapi. dan sekitar 30 menit sebelum tiba di pos 4 sobat perlu berhati-hati karena jalan yang akan dilewati adalah jalan setapak di tepi jurang tanpa pagar. Jurang dengan kedalaman hingga 30 meter ini tentu berbahay jika sobat tidak hati-hati. Apalagi jalannya dipenuhi bebatuan hingga akar pohon yang muncul. Bahkan dijalur ini sobat akan sangat kesulitan untuk menyalip orang, jadi pelan-pelan saja dan tidak perlu terburu-buru.

Jalur pendakian yang sangat berbahaya ada pada saat sobat menuju puncak atau saat summit. Kemiringan jalannya benar-benar menguji fisik, ditambah lagi beberapajalur berupa tanah licin berbatu yang tak jarang pula ada batu menggelinding turun. Saking ekstream-nya dibeberapa jalur disediakan tali webbing dan karmantel yang dapat sobat gunakan sebagai pegangan.

Pos 4 Gunung Buthak via Panderman adalah camp area di area sabana luas disini ada sumber air yang dapat digunakan pendaki
Pos 4-Sabana Camp Area Gunung Buthak

Durasi Waktu Pendakian Gunung Buthak via Panderman

Durasi Pendakian tentu bersifat subjektif karena setiap orang memiliki fisik yang berbeda. Kalau Pendaki Trail Run biasanya bisa 4 jam. Namun rata-rata pendaki bisa membutuhkan waktu 6-8 jam untuk tiba di camp area dari basecamp. Bahkan tak jarang pendaki pemula bisa memakan waktu 12 Jam.

Rincian durasi pendakiannya yang penulis sesuaikan dengan waktu tempuh rata-rata pendaki sebagai berikut:

1) Basecamp-Pos 1: 2-4 Jam
2) Pos 1-Pos 2: 1,5-2 Jam
3) Pos 2-Pos 3: 2-3 Jam
4) Pos 3-Pos 4: 2-3 Jam
5) Pos 4-Puncak: 30-60 Menit

Sumber air di Gunung Buthak via Panderman ada di pos 1 dan pos 4 (sabana)/camp area, dan di pos 1 juga ada warung makanan/minuman, mushola, dan pangkalan ojek. Saat tim Sobat Hiking datang kemari belum ada penamaan pos seperti pada gunung-gunung lainnya jadinya hanya berupa angka 1-4.

Durasi Pendakian tentu bersifat subjektif karena setiap orang memiliki fisik yang berbeda. Kalau Pendaki Trail Run biasanya bisa 4 jam. Namun rata-rata pendaki bisa membutuhkan waktu 6-8 jam untuk tiba di camp area dari basecamp. Bahkan tak jarang pendaki pemula bisa memakan waktu 12 Jam.
Jalur Pendakian Gunung Buthak via Panderma

Tips Mendaki Gunung Buthak

Meskipun dikenal sebagai gunung yang cocok untuk pemula, tapi gunung ini benar-benar tidak bisa diremehkan. Karena meskipun elevasi-nya tidak terlalu terjal, namun jarak pendakian Gunung Buthak ini sangat panjang sehingga sangat menguras energi.

Kemudian, jangan terlena untuk tidak membawa banyak air karena ada sumber air di pos 4. Saat kemari, penulis sering menemui pendaki yang kehabisan air sebelum tiba sabana sumber air. Karena kesalahan menagement seperti itulah yang membuat kasus hipotermia disini masih sering terjadi.

Berbicara tentang suhu, sama halnya gunung lainnya saat siang-sore memang tidak terlalu dingin. Namun saat malam-pagi hari, apalagi di area pos 4 camp area yang berupa sabana terbuka luas seperti di Ranu Kumbolo tentu membuat suhu menjadi turun drastis. Tentu saja Sobat wajib membaga Sleeping Bag dan Sleeping System yang akan membantu menjaga suhu tubuh.

Pendaki Gunung Buthak via Panderman Dilarang Pakai Matic

Sejak tahun 2017, terdapat aturan yang dijaga ketat oleh masyarakat dan pengelola wisata dimana dilarang keras kendaraan matic untuk menuju basecamp. Hal ini karena jalan menuju basecamp yang sangat curam dan pernah terjadi insiden rem blong yang menelan korban jiwa. 

Tapi tenang saja sob, kalian dapat menggunakan jasa sewa ojek dari parkiran menuju basecamp dengan hanya membayar Rp 20.000 sekali jalan. Atau kalian bisa jalan juga, tapi penulis sangat tidak menyarakan karena menurut penulis jauh lebih melelahkan jika harus jalan dari desa ke basecamp dari pada basecamp ke pos 4. Jaraknya masih cukup jauh dan terjalnya bukan main.

Gunung Buthak memang cocok banget buat pemula belajar naik gunung, tapi bukan berarti saat mendaki gunung ini tidak perlu banyak persiapan. Setidaknya sebelum datang kemari rajinlah olaraga dan pastikan membawa perlengkapan pendakian yang efektif terutama untuk menjaga sobat dari hipotermia-Tim Sobat Hiking

0 Response to "Mendaki Gunung Buthak via Panderman: Seven Summits Jawa Timur 2868 Mdpl"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed