-->

Wisata Pura Tirta Empul Tampak Siring: Mata Air Suci di Bali

Foto pura tirta empul dan mata air suci, Wisata Pura Tirta Empul Tampak Siring dan Mata Air Suci
sumber gambar instagram @thihalulin

Wisata Pura Tirta Empul Tampak Siring dan Mata Air Suci - Tirta Empul menjadi salah satu wisata pura yang ada di Bali. Destinasi wisata di Bali memang tidak hanya tentang keindahan alamnya yang menawan, kebudayaan yang masih kental juga menjadi alasan Bali kerap dikunjungi wisatawan. Destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Bali memang sangat unik, ada yang tema ayunan (Giant-Swing) dengan landscape suasana pedesaan bali, kesenian tari kecak, hingga spot snorkling bali juga ada.

Bali yang mayoritas masyarakat beragama Hndu tentunya wajar jika di pulau in terdapat banyak pura disetiap sudutnya, meskipun menjadi bangunan sacral tempat ibadah masyarakat pulau Dewata, beberapa pura juga kerap dikunjungi wisatawan dan menjadi objek tujuan saat di Bali, misalnya saja Pura Luhur uluwatu dan Tanah Lot.

Pura Tirta Empul adalah sebuah pura yang lokasinya berada di desa Manukaya, kec. Tampak Siring, Kab. Gianyar Bali. Pura ini kerap menjadi destinasi wisata tujuan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri karena beberapa hal, salah satunya adalah uniknya arsitektur pura ditambah dengan terdapatnya mata air di dalam area pura itu.

Disclaimer: Artikel ini telah diperbarui pada 30 Januari 2024 agar informasi tetap relevan dengan perkembangan yang ada

Wisata Berbudaya "Pura Tirta Empul"

Sebagai tempat beribadah umat Hindu Bali, adanya mata air disini juga digunakan masyarakat untuk mensucikan diri dan memohon tirta suci. Menurut sejarahnya, Tira empul ini ditemukan pada sekitar 926 masehi atau pada dinasti Warmadewa. Pura ini lebih jelasnya dikenal dengan nama pura Tirta Empul Tampak Siring.

Penamaan “Tapak Siring” memiliki arti Telapak darikata Tampak dan Miring dari kata Siring. Kemudian, telapak yang terdapat pada nama pura ini adalah telapak dari raja Mayawenewa. Ia adalah rja sakti yang memiliki ilmu menghilang dan dapat berubah bentuk.sayangnya diceritakan pula jika raja ini memiliki sifat jahat dan mengangap dirinya sebagai seorang dewa.

Menanggapi sifat jahatnya, seorang pendeta Bernama Kulputih, mendoakan dan memohon agar dewa Indra berkenan untuk melawan dan menumpaskan raja Mayadenewa. Doa itupun terdengar dan dikabulkan, Dewa Indra mengutus pasukannya untukmelawan Mayadenewa, Mayadenewa akhirnya kalah dan pergi ke dalam hutan.

Tidak berhenti sampai disana. Pada malam harinya, Raja Mayadenewa pergi ke area perkemahan pasukan dewa Indra secara mengndap-endap dan meracuni tempat air minum disana. Pada saat bergerak diam-diam inilah Mayadenewa menggunakan sisi telapak kakinya untuk berjalan agar tidak ketauhan dan meninggalkan jejak. Dari sinilah nama Tampak Siring yang memiliki arti jejak miring-pun diambil. Upayanya dalam meracuni air pasukan dewa Indra berhasil dan melemahkan Sebagian pasukan yang tengah mengejar Mayadenewa ini.

Dewa Indra menancapkan senjatanya ke tanah untuk menyembuhkan dan membersihkan efek racun dari Mayadenewa. Akhirnya dari tncapan itu munculah mata air yang berguna sebagai penawar racun. Mata air in diberi nama dengan “Tirta empul” yang bermakna mata air suci yang muncul dari tanah.

Lokasi dan Harga Tiket Tirta Empul

Lokasi Pura Tirta Empul ada di Jalan Tirta, desa Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar Bali. Objek wisata pura ini satu jalur dengan wisata lain di Kawasan Ubud Bali seperti Tegalalang.

Dari arah bandara Ngurah Rai Denpasar, setidaknya membutuhkan waktu watu jam dengan jarak tempu 52 KM untuk menuju pura ini. sedangkan dari lokasi ubud monkey forest jarak tempuhnya adalah 16 km dengan estimasi perjalan 30 menit.

Harga Tiket Masuk wisatawan Pura Tirta Empul ini adalah Rp 25.000 untuk anak-anakn dan Rp 30.000 untuk orang dewasa, selain itu sobat juga perlu membayar biaya parkir kendaraan mulai dari Rp 2.000 saja. Objek wisata ini dibuka setiap hari kecuali saat hari raya nyepi, jam buka wisatanya adalah mulai 09.00-17.00, sementara dibuka 24 jam untuk masyarakat yang hendak beribadah.

Objek Destinasi Wisata Pura Tirta Empul Tampak Siring: Mata Air Susi di Bali
Foto Pura Tirta emul, Source G: @guy_uptome


Aturan Pakaian di Pura Tirta Empul

Kesopanan harus dijunjung tinggi dalam memasuki tempat ibadah, bahkan di Bali aturan pakaian untuk memasuki area pura juga ada disini. untuk memasuki Ppura Tirta Empul ini wisatawan harus menggunakan kain sarong untuk menutupi tubuh bagian bawah dari pinggang hingga kaki. Sementara bagian badan atas dapat di tutup dengan kaos atau kemeja. Kemudian dibagian pinggang kalian juga perlu mengenakan selendang. Udeng sebagai penutup kepala tradisional di Bali tidak diwajibkan, namun lebih baik anda menggunakannya agar kalian dapat menikmati sensasi yang lebih.

Selain aturan pemakain (dresscode) ada juga beberap aturan lain yang harus dipatuhi oleh pengunjung yaitu: jangan menginjakan kaki di tempat pemujaan, Wanita haid tidak boleh memasuki area pura, jangan meludah, jaga kebersihan dan bersikap sopan baik tata cara bicara dan prilaku.

Dari pada kebanyakan pura lain di Bali, pura ini lebih berbea karena disini kalian dapat juga berendam di pemandian pura Tirta Epul Tampka Siring yang terkenal kesuciannya. Jika kalia ingin berendam disini pastikan untuk tidak lupa membawa pakaian ganti, handuk, sarong, selendang serta kantong plastic. Disini telah disediakan juga fasilitas pendukung seperti toilet dan kamar ganti yang dapat kalian gunakan. 

Konon pura ini dibangun pada tahun 962 M, jaman wangsa Marwadewa, konon pula namanya diambil dari sumber mata air yaitu Tirta Empul. Pura ini merupakan tempat ritual para umat Hindu untuk mensucikan diri dengan mandi di kolamnya. Menurut saya ini salah satu tempat yang patut dijaga kelestariannya, karena selain tempat ibadah yang bersejarah juga merupakan objek wisata yang unik dan khas. Disini ada pohon yang sangat besar, kelihatan sudah tua, menambah kesan kuno dan mistis tempat ini. Selain itu saat kita pulang, arah jalan keluar ada kolam ikan yang ikannya besar2, bisa beli pakannya jika ingin tersedia disana, lalu terdapat sebuah resto/tempat makan dan area kios2 yang berjualan souvenir dan aneka barang khas bali, lumayan buat yang males putar2 lagi cari oleh2 bisa sekalian jalan disini. Silahkan kunjungi bagi yang akan ke pulau bali 😊-Lia Melly

 

 

0 Response to "Wisata Pura Tirta Empul Tampak Siring: Mata Air Suci di Bali"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed