-->

Air Terjun Tumpak Sewu: Wisata Alam Ekstream di Lumajang

Harga tiket masuk wisata Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu ini hanya Rp 10.000/orang, dan tambahan parkir sebesar Rp 15.000/motor atau Rp 20.000/mobil
Air Terjun Tumpak Sewu


Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga "Coban Sewu" merupakan destinasi wisata air terjun yang paling terkenal di Lumajang. Disini tidak hanya menawarkan kemegahan aliran air terjun di lembah raksasa, pemandangan Gunung Semeru juga terlihat jelas dan menjadi ikonik dari air terjun Tumpak Sewu.

Meskipun disini sobat tidak bisa bermain di aliran sungai air terjun atau kolam air seperti di Air Terjun Tancak dan Air Terjun Banyumala, Coban Sewu ini tetap menyajikan keindahan tersendiri yang tidak dapat sobat temukan di air terjun lain.

Sesuai namanya "Sewu" yang berarti "Seribu (1000)" mengartikan air terjun ini memiliki sangat banyak sekali aliran air terjun. Air terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian 120 meter, disini sobat dapat menikmati keindahan dengan dua cara, yaitu: menyaksikan keindahan dari spot foto di atas air terjun, atau turun ke area lembah air terjun untuk menyaksikan kemegahannya dari dekat.


Informasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu 

Meskipun memiliki keindahan alam yang spektakuler dan menjadi rekomendasi wisata alam terbaik di Lumajang, sobat perlu tau jika air terjun Tumpak Sewu juga terkesan sebagai wisata alam ekstream dan berbahaya pada beberapa spot destinasinya. Jadi pastikan sobat tidak melewatkan informasi penting dari artikel ini. 



Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu

Harga tiket masuk wisata Air Terjun Tumpak Sewu atau Coban Sewu ini hanya Rp 10.000/orang, dan tambahan parkir sebesar Rp 15.000/motor atau Rp 20.000/mobil (Harga bisa berubah). Jam buka air terjun Tumpak Sewu ini dibuka setiap hari mulai puku 07.00 - 15.00 WIB. Sebagai catatan, penulis merekomendasikan sobat untuk datang kemari sat pagi atau menjelang siang saja, terutama jika sobat ingin turun ke lembah air tejun, sangat tidak direkomendasikan untuk datang kemari saat menjelang sore karena faktor jalur trekking yang cukup ekstream.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ini berada di Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang atau yang kerap dikenal dengan jalur Piket Nol (Jalur alternatif Lumajang-Malang).
Tampilan Drone Air Terjun Tumpak Sewu (Source Ig: ingpo.piepers) 


Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ini berada di Jl. Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang atau yang kerap dikenal dengan jalur Piket Nol (Jalur alternatif Lumajang-Malang).

Akses menuju parkir area Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki medan yang cukup bagus dan dapat dilalui mobil sekalipun. Lokasinya juga tidak berada jauh dari jalan raya, sebagai catatan untuk sementara waktu sobat tidak bisa datag kemari dari arah Lumajang dengan menggunakan mobil karena jembatan perak sedang dalam proses pembangunan ulang.

Jalur alternatif piket nol ini memiliki jalan yang naik turun yang pastinya membutuhkan skill mengemudi baik dan kondisi kendaraan yang sehat. Jaur piket nol juga menjadi jalur truk tambang pasir dan batu, jadi sobat perlu sangat berhati-hati.


Jalur Trekking Menuju Bawah Air Terjun Tumpak Sewu

Dari parkir area menuju spot foto panorama coban sewu cukup aman dan ramah bahkan untuk anak-anak sekalipun. Hanya melalui jalan tanah disekitar kebun warga dengan jarak lebih kuran 300 meter saja. 

Namun untuk dapat turun ke lembah Air Terjun Tumpak Sewu, sobat perlu melalui jalur ekstream dan terkesan berbahaya. Bukan lagi sekedar jalur tanah atau anak tangga, sobat perlu melalui 5 jalur tangga besi yang memiliki keitnggian bervariasi hinga +20 meter perjalurnya dengan elevasi hingga 170 derajat.

Jalur ini memang sangat berbahaya, terlebih lagi tidak disediakanya body protector for climb seperti karmantel. harnest dan sebagainya. Oleh sebab itu wisatawan yang datang kemari juga sering kali menyewa local guide untuk menemani perjalana kemari.

Dari spot foto panorama Coban Sewu, untuk menuju lembah air terjun Tumpak Sewu ini membutuhkan waktu 30-60 menit perjalanan, dan bayangkan saja 3/4 dari jalur tersebut adalah melalui tangga besi. Selain tangga besi tersebut, jalur tanah di perjalanan menuju lembah juga terkesan cukup licin hingga telah disediakan tali untuk berpegangan. 


Tips Berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu

Berikut adalah tips berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu agar liburan sobat kemari lebih menyenangkan dan aman.

  • Datang saat cerah agar mendapat pemandangan indah hingga kehadiran pelangi sepanjang hari
  • Jangan datang terlalu siang/menjelang sore jika ingin turun ke lembah air terjun Tumpak Sewu
  • Gunakan Sepatu Outdoor dan Pakaian Outdoor (Layering System)  yang aman dan nyaman
  • Bawa baju ganti/jaket waterproof jika sobat ingin turun ke lembah 
  • Amankan perangkat elektronik dari hembusan air terjun yang lebat hingga mudah membuat basah
  • Berhati-hati dan bergantian saat melalui tangga besi
  • Sewa local guide untuk membantu perjalanan kemari 

meskipun memilki jalur yang ekstream, air terjun Tumpak Sewu ini menjadi rekomendasi wisata alam terbaik di Lumajang. Tetap berhati-hati terutama saat melalui tangga, semoga kedepannya pengelola semakin meningkatkan keamanan untuk menuju Lembah Air Terjun. Pemandangannya epic, keren banget, pengelolah dan local gudie juga sangat ramah dan berpengalaman-penuis Sobat Hiking


0 Response to "Air Terjun Tumpak Sewu: Wisata Alam Ekstream di Lumajang"

Post a Comment

jangan diisi

iklan dalam artikel

iklan display

Iklan dalam feed